Tanggal:29 April 2024

Mengenal Laravel: Pengertian, Fungsi, Fitur, dan Kelebihannya

Untuk kamu yang ingin mengembangkan sebuah website, kamu wajib mengenal framework Laravel. Framework ini terbukti dapat menyederhanakan proses pengembangan website tanpa mengurangi performanya, lho! Ingin mengetahui lebih dalam? Yuk simak informasinya.

Apa itu Laravel?

Laravel pertama kali diluncurkan pada tahun 2011 oleh Taylor Otwell. Sejak saat itu, perangkat berbasis open source ini terus mengalami pertumbuhan yang cukup eksponensial. Laravel adalah framework PHP yang paling populer dan paling banyak digunakan di seluruh dunia dalam membangun aplikasi web mulai dari proyek kecil hingga besar.

Framework ini banyak digunakan oleh Web Developer karena kinerja, fitur, dan skalabilitas nya. Tak heran di tahun ke-5, Laravel adalah framework yang paling banyak mendapatkan bintang di Github.

Baca Juga | 6 Tipe Data Yang Wajib Programmer Tahu, Penting Banget Lho!

Fungsi

Dengan menggunakan Laravel, kamu dapat mengembangkan website dengan lebih mudah atau scalable. Di dalam framework Laravel terdapat namespace serta tampilan yang membantu kamu untuk mengorganisir dan mengatur sumber daya website. Terakhir, proses pengembangan dapat menjadi lebih cepat sehingga menghemat waktu karena Laravel mampu dikombinasikan dengan beberapa komponen dari framework lain untuk mengembangkan website.

Baca Juga | 9 Framework Web Populer Untuk Pengembangan Aplikasi Web Pada Tahun 2022

Fitur Unggulan

1. Testing dan Debugging

Framework ini dibangun dengan fitur proses pengecekan yang cukup lengkap. Dimana ia mendukung proses pengecekan dengan PHPUnit dan file phpunit.xml yang dapat disesuaikan dengan aplikasi web yang sedang dibangun.

Baca Juga | Mengenal Apa Itu Software Testing

2. Blade Template Engine

Framework Laravel ini menggunakan blade yang mampu mendesain layout yang unik. Layout yang didesain dapat digunakan di tampilan lain sehingga dapat menghadirkan konsistensi desain dan struktur selama proses pengembangan.

Baca Juga | Skill Back End Developer Yang Perlu Kamu Ketahui

3. Query Builder dan ORM

Laravel Database Query Builder menyediakan antarmuka yang lancar untuk membuat dan menjalankan database quer. Fitur ini dapat digunakan untuk menjalankan berbagai operasi database di dalam website dan mendukung berbagai sistem database.

Baca Juga | Yuk, Pelajari Serba-Serbi Profesi System Analyst!

Kelebihan

1. Memiliki Banyak Library Object Oriented

Framework ini memiliki banyak pilihan library object oriented yang tidak dimiliki oleh framework lainnya. Dimana hal ini akan sangat berguna untuk membangun website yang kompleks.

Baca Juga | Apa Itu CMS? Pengertian, Fungsi, Dan Contohnya

2. Tersedianya Tool Artisan

Tool Artisan memiliki fungsi untuk interaksi Laravel dengan framework lainnya dengan bantuan command line. Keberadaan artisan membuat developer mudah melakukan berbagai kegiatan lintas framework tanpa takut terjadi masalah.

Baca Juga | 10 Database Terpopuler Di Dunia, Mana Pilihanmu?

3. Modul Bersifat Individu dan Independen

Dalam satu aplikasi Laravel, terdapat lebih dari 20 modul ibrary yang masing-masingnya bersifat individu. Modul tersebut juga bersifat independen dalam mengadopsi prinsip PHP modern. Dengan hal itu, modul tersebut dapat membuat aplikasi web menjadi lebih informatif, modular, dan responsif.

Baca Juga | CodeIgniter Vs Laravel: Memilih Framework Pengembangan Web Terbaik

4. Mendukung MVC

Model View Controller atau MVC sangat berguna untuk memisahkan antara logika dan tampilan, sehingga file dokumentasi dapat tersusun dengan lebih rapi.

Di samping fitur unggulan serta kelebihannya, kamu juga tidak harus berpikir panjang lagi apabila ingin mencoba framework ini, karena Laravel sudah mendukung implementasi sistem keamanan profesional, mulai dari autentikasi pengguna, otorisasi, hingga verifikasi lewat email. Cara meng-install nya pun cukup mudah dan cepat. Yuk, segera gunakan dan comment pendapatmu setelah mencobanya, ya!

Baca juga | Mengenal Kriteria Website User Friendly

Nah, itu dia pembahasan penjelasan mengenai Laravel, jenis, fungsi, fitur, serta kelebihannya! Sobat Vocasia bisa mengikuti kursus Training Intensive Framework Laravel dalam membuat aplikasi sistem informasi penjualan berbasis website disini! Dengan mengikuti kursus, sobat bisa memahami Laravel; membuat website sistem informasi menggunakan Framework Laravel dan database MySQL; membuat template WEB menggunakan Laravel; dan masih banyak lagi.

Kursus membuat Aplikasi website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *