Tanggal:28 April 2024

Mengenal Kriteria Website User Friendly

Setiap website tentu memiliki user interface atau tampilan yang beragam. Kamu sebagai pengguna wajib memahami dan menerima informasi dengan mudah melalui isi website. Website dengan tampilan user friendly adalah kemudahan bagi pengguna dalam menggunakan sistem operasi, software, ataupun website. Kamu dapat mencerna isi pesan atau informasi tanpa kesulitan apa pun. Terlebih lagi, tampilan yang mudah digunakan sangat membantu kamu mencari berbagai tools pendukung didalam website.

Baca Juga : 8 Website Dengan Layout Design Terbaik

Website user friendly sangat dibutuhkan sebuah perusahaan. Kamu sebagai pencari informasi tentu sangat terbantu dengan tampilan website yang ramah pengguna. Kamu bebas mencari ataupun menggali beragam pesan dengan mudah. Hal itu karena kamu akan menemukan berbagai kemudahan saat memakai software di dalamnya. Tak hanya mudah digunakan, website user friendly juga sangat memperhatikan saran dan kenyamanan penggunanya. Sehingga, kamu tak perlu khawatir kesusahan menggunakannya. Yuk, mengenal kriteria website user friendly di bawah ini, ya!

Baca Juga : 10 Website Pembuat Portofolio Terbaik

1. Nama Domain Mudah Diingat

Ilustrasi Pemilihan Nama Domain (pexels)

Saat kamu ingin membuat sebuah website, tentu harus memperhatikan nama domain dengan baik. Nama yang akan digunakan sangat berpengaruh pada pengunjung website kamu nantinya. Kamu bisa menggunakan nama domain sesuai kategori topik yang akan mengisi website. Pilihlah nama domain yang mudah diingat. Jangan terlalu rumit memilih nama domain, ya. Hal ini sangat mendukung kemudahan pengguna dalam mencari website kamu. Nama domain pun dapat menjadi ciri website kamu. Tentu kamu harus lihai memilih nama yang mudah melekat dibenak pengguna website.

Baca Juga :

2. Mudah Diakses

Ilustrasi Kemudahan Akses (pexels)

Kriteria website user friendly tentu saja haruslah mudah diakses. Para pengguna seperti kamu wajib merasakan kemudahan akses tanpa terganggu oleh apa pun. Kamu dapat berselancar bebas mencari informasi dan pengetahuan apa pun didalam website tersebut. User friendly tentu memberikan kemudahan akses bagi setiap penggunanya. Terlebih tampilan yang mudah digunakan sangat ramah bagi siapa pun yang mengakses website. Kamu dibebaskan mengakses apa pun terkait isi dalam website tersebut.

Baca Juga :

3. Cepat Diakses

Ilustrasi Kecepatan Akses (pexels)

Website dengan tampilan user friendly memiliki kelebihan sangat cepat saat diakses. Kriteria ini memang wajib ada saat memilih jenis website user friendly. Kamu dapat merasakan kecepatan akses yang dapat memudahkan pencarian informasi. Tanpa menunggu lama, isi website dapat kamu raih dengan mudah. Kecepatan akses dapat kamu nikmati saat menggunakan tampilan user friendly. Tampilan website ini tentu sangat mengedepankan kenyamanan penggunanya. Kamu sebagai pengguna layaknya raja yang diberikan kemudahan dalam hal apa pun. Penggunaan internet pun dapat kamu hemat saat menggunakan website ini. Nah, supaya website kamu memiliki kecepatan loading yang fantastis, ikuti beberapa hal berikut:

  • Aktifkan caching WordPress
  • Lakukan kompresi gambar di website
  • Meminimalisir penggunaan plugin
  • Gunakan tema yang ringan
  • Batasi jumlah konten di tiap halaman

Baca Juga : Perbedaan Antara Situs Web dan Aplikasi Web

4. Struktur Website Jelas

Ilustrasi Struktur Website Jelas (pexels)

Kamu harus pandai menyusun kategori isi didalam website. Kemudahan pengguna mengakses tentu dilihat dari tampilan user friendly yang diciptakan. Kamu dapat menyusun tampilan website dengan menggunakan kategori ataupun sub kategori tertentu. Misalnya saja kamu memiliki topik isi terkait fashion. Nah, kamu bisa memilih kategori fashion pria dan wanita dengan informasi yang menunjang di dalamnya. Kemudian, kamu bisa mengembangkan beragam sub kategori sesuai topik yang dipilih. Pastikan struktur didalam website telah jelas sesuai tujuan kamu dalam pembuatan website, ya. Hal itu agar para pengguna dapat memahami dan memudahkan dalam mengakses isi di dalamnya.

Baca Juga : 

5. Konten Berkualitas

Ilustrasi Isi Konten Berkualitas (pexels)

Jangan sampai terlewat, konten adalah hal penting. Kamu tak hanya memberikan tampilan user friendly saja pada sebuah website, melainkan juga konten yang berkualitas. Kamu harus menyuguhkan informasi yang menarik dan informatif bagi para pengguna website. Berikan berbagai pengetahuan dan hal yang bermanfaat bagi pengguna. Jangan terlalu fokus pada kemudahan akses website saja, namun juga isi konten di dalamnya. Kamu harus pandai memberikan informasi yang terkini dan sangat informatif. Konten yang dibuat pun harus berkualitas dengan kemasan yang menarik. Buatlah pengguna website betah dan merasa sangat terbantu saat mengakses isi konten yang tersedia.

Baca Juga :

Nah, itu dia kriteria yang bisa kamu terapkan saat ingin membuat tampilan website yang user friendly. Pastikan kriteria tersebut terpenuhi dengan baik, ya. Buat pengguna nyaman dan merasa terbantu oleh keberadaan website yang kamu buat. Utamakan kenyamanan dan pesan yang informatif sebagai pendukung isi website. Website kamu pun dapat mudah dikenali karena mengutamakan tampilan user friendly. Selamat mencoba!

Baca Juga : 7 Contoh Website WordPress

Kursus desain website HTML CSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *