Tanggal:25 April 2024
quality assurance adalah

Mengenal Quality Assurance: Berikut Tugasnya

Setiap perusahaan pasti ingin memberikan kepuasan kepada konsumen dengan produk yang mereka ciptakan atau kembangkan. Sangat jarang produk diciptakan oleh perusahaan bisa langsung mencapai status layak atau sempurna, pasti terdapat error, freeze, bug maupun kesalahan lainnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengujian atau pengecekan untuk memastikan kualitas produk layak dipasarkan dan baik digunakan konsumen. Proses pengujian tersebut dilakukan agar produk dapat diperbaiki, dibuat ulang, atau diubah hingga mencapai kualitas terbaiknya. Profesi yang bertanggung jawab untuk melakukan hal tersebut adalah Quality Assurance. Quality Assurance adalah posisi yang dibutuhkan oleh hampir seluruh perusahaan, terutama yang bergerak di bidang teknologi. Profesi ini mungkin masih terdengar asing di telinga orang awam. Yuk cari tahu lebih jauh tentang Quality Assurance!

Pekerjaan Quality Assurance

pengertian Quality Assurance

Sebelum mengenal lebih jauh tentang profesi Quality Assurance, terlebih dahulu mari membahas apa itu quality assurance. Quality assurance adalah serangkaian proses sistematis untuk menentukan apakah suatu produk dan jasa sudah memenuhi syarat yang ditentukan. Jadi, Quality Assurance adalah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk memastikan dan menyiapkan segala kebutuhan dari produk yang akan diciptakan oleh perusahaan agar memiliki kualitas baik. Quality Assurance berhak menentukan dan menetapkan persyaratan dalam menciptakan atau mengembangkan produk tertentu. Mengapa kualitas produk sangat penting untuk diperhatikan? Memproduksi produk atau jasa dengan kualitas terbaik adalah cara paling utama untuk menjaga kredibilitas perusahaan. Selain itu, produk berkualitas dapat meningkatkan kepercayaan konsumen hingga menjadikan perusahaan mampu bersaing dengan kompetitor-kompetitor lainnya.

Pendekatan yang digunakan Quality Assurance adalah pendekatan proses guna mencegah timbulnya kecacatan produk. Itulah mengapa Quality Assurance melakukan monitoring produk mulai dari tahap perencanaan hingga proses pengujian. Kegiatan tersebut dilakukan demi mengurangi kemungkinan terjadinya pengulangan pembuatan atau rework sehingga proses kerja menjadi lebih efisien serta menghindari komplain dari konsumen.

Baca juga: Faktor Penting yang Mempengaruhi Kualitas Produk

Tugas Quality Assurance

Tugas Quality Assurance secara umum adalah menjamin kualitas produk yang diciptakan atau dikembangkan oleh perusahaan. Secara lebih terperinci, tugas Quality Assurance adalah sebagai berikut:

  1. Membuat rencana pengujian dan kasus pengujian secara terperinci, komprehensif, dan terstruktur.
  2. Menafsirkan, membangun, dan mematuhi standar jaminan kualitas perusahaan.
  3. Melakukan analisis terhadap keluhan pelanggan dan ketidaksesuaian kualitas. Kemudian, mencari penyebab masalah dan tindakan penyelesaian yang sesuai dengan pedoman perusahaan.
  4. Mendokumentasikan aktivitas jaminan kualitas dalam bentuk laporan dan audit internal.
  5. Mengembangkan standar baru untuk produksi sesuai dengan kebutuhan dan membuat protokol pengujian.
  6. Memastikan produk yang diproduksi sudah memenuhi standar perusahaan dan kebutuhan konsumen.
  7. Merekomendasikan perbaikan terhadap produk setelah dilakukan pengujian.
  8. Mendokumentasikan catatan perbaikan untuk referensi pembuatan produk selanjutnya.
  9. Menyusun perencanaan standard operational procedure (SOP) proses produksi produk atau layanan.
  10. Berkolaborasi dengan tim internal untuk menemukan dan memecahkan masalah.

Demikianlah paparan beberapa tugas Quality Assurance secara umum. Tugas Quality Assurance ternyata cukup beragam sesuai dengan jenis atau bidang pekerjaannya. Beberapa macam Quality Assurance adalah:

  • Engineer atau Software Quality Assurance
  • Hospitality Quality Assurance
  • Customer Service Quality Assurance
  • Content Quality Assurance
  • Web Quality Assurance dan masih banyak lagi.

Walaupun secara umum tugasnya sama, detail job description masing-masing Quality Assurance tentu berbeda. Misalkan, Software Quality Assurance bertugas untuk melakukan monitoring dan pengujian software atau aplikasi, Customer Service Quality Assurance bertugas untuk menjamin kualitas pelayanan kepada konsumen, dan lainnya.

Baca juga: Mengenal Perencanaan Produksi dan Tahapannya

Skill Quality Assurance

Untuk dapat bekerja sebagai Quality Assurance, seseorang harus menguasai skill dan kemampuan dasar berikut.

  • Mampu memahami, berkomunikasi, dan membaca data dengan baik.
  • Memiliki keahlian dalam manajemen proyek yang optimal.
  • Memahami bagaimana sebuah produk dapat mempengaruhi pola pikir, kebiasaan, dan kehidupan manusia.

Skill lain mungkin dibutuhkan untuk bidang yang berbeda.

Perbedaan Quality Assurance dan Quality Control

Perbedaan Quality Assurance dan Quality Control

Kedua pekerjaan ini biasanya berada dalam satu departemen dan sekilas dipandang sama tetapi sesungguhnya berbeda. Perbedaan Quality Assurance dan Quality Control secara mendasar adalah tugas dan tanggung jawab masing-masing.

  • Quality Assurance bertugas untuk menjamin kualitas, sedangkan Quality Control bertugas sebagai pengendali kualitas produk sesuai dengan standar keandalan, kegunaan, kinerja maupun standar lainnya.
  • Quality Assurance berkewajiban untuk aktif melakukan monitoring dan serangkaian pengujian kualitas produk sebelum dirilis atau dilepas ke pasaran, sedangkan Quality Control berhak menerima ataupun menolak produk yang akan dilepas ke pasaran (produk yang cacat akan dikembalikan ke bagian produksi).

Baca juga: Perencanaan Produksi Massal: Pengertian dan Poin Pentingnya

Langkah Awal untuk Menjadi Seorang Quality Assurance Andal

Untuk dapat menekuni karier ini, kamu bisa memulainya dengan memperkaya pengetahuan tentang produk pada umumnya. Menetapkan standar, menjaga kualitas produk, maupun mengembangkan produk adalah kebutuhan perusahaan dan konsumen tentunya. Kini kamu dapat dengan mudah memperoleh pengetahuan tentang produk bersama Vocasia. Kamu akan diajak untuk

  • Memahami mengenai langkah-langkah pengawasan kualitas produk
  • Pengelolaan produk yang tidak lolos standar
  • Cara membuat standar kualitas produk serta penerapannya

Keren banget! Ikuti kelas sekarang juga: Menjaga Kualitas Produk

Baca juga: Cara Menulis Deskripsi Produk yang Baik

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *