Tanggal:29 April 2024

Faktor Penting yang Mempengaruhi Kualitas Produk

Kita semua pasti sepakat bahwa kualitas produk adalah satu dari sekian banyaknya faktor terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis. Hal tersebut sangat menentukan tingkat kepuasan konsumen dan juga masa depan perusahaan kamu.

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Adanya pergerakan bisnis yang dinamis membuat setiap perusahaan untuk bisa terus meningkatkan inovasinya dalam mengembangkan produk yang ditawarkan ke konsumen. Selain itu, hal tersebut juga mampu membuat perusahaan terus memperbarui teknologi yang digunakan guna mengembangkan kualitas produk.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas faktor-faktor penting yang dapat mempengaruhi kualitas produk. Apa saja? Yuk, disimak!

Mengapa kualitas produk penting?

Berikut adalah beberapa poin penting mengapa kamu harus menjaga kualitas produk:

1. Meningkatkan reputasi perusahaan

Dengan menciptakan produk yang berkualitas, perusahaan akan mendapatkan value yang bagus di mata pelanggan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan produk akan cepat berekspansi ke pasar global.

2. Kesempatan mewujudkan cost reduction

Jika perusahaan menghasilkan produk yang berkualitas, berarti perusahaan mampu melakukan kegiatan produksi dengan efektif dan efisien. Produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan. Sehingga jumlah produk defect atau barang cacat dapat ditekan sekecil mungkin (zero waste). Hal tersebut tentunya dapat mengurangi biaya produksi.

3. Mendapatkan kepuasan sekaligus loyalitas pelanggan

Semakin berkualitas produk atau jasa yang ditawarkan, maka konsumen pun akan semakin puas. Jika customer satisfaction atau kepuasan pelanggan terpenuhi, loyalitas pelanggan pun akan terwujud.

Baca juga: 5 Indikator Kepuasan Konsumen!

Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas produk

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas produk. Kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan terkadang memiliki keragaman, lho. Sebab kualitas suatu produk itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, yang mana faktor-faktor tersebut menentukan apakah kualitas produk sudah sesuai dengan standar yang telah ditentukan atau tidak. Faktor-faktor tersebut antara lain:

1. Sumber daya manusia

sumber daya manusia

source: pexels

Peranan manusia atau karyawan yang bertugas dalam perusahaan tentu akan mempengaruhi hasil produk. Performa karyawan jangan dianggap remeh karena campur tangan mereka sangat berpengaruh terhadap produk yang akan dihasilkan nantinya.

Jika ingin menghasilkan produk yang berkualitas, kamu perlu memperhatikan karyawan. Perhatian bisa direalisasikan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan, pemberi motivasi, pemberian Jamsostek, kesejahteraan, dan lain sebagainya.

2. Manajemen

source: pexels

Tanggung jawab atas mutu produksi dalam perusahaan dibebankan kepada beberapa kelompok yang biasa disebut dengan Function Group. Dalam hal ini, pimpinan harus melakukan koordinasi yang baik antara function group dengan bagian-bagian lainnya  dalam  perusahaan  tersebut. Dengan adanya koordinasi,  maka dapat terjalin hubungan yang harmonis antar karyawan, serta menghindarkan adanya kekacauan dalam pekerjaan. Keadaan ini memungkinkan perusahaan untuk mempertahankan serta meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

3. Budget

source: pexels

Perusahaan juga harus menyediakan budget yang cukup untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu produknya. Misalnya, untuk perawatan dan perbaikan alat produksi, memperbaiki produk cacat, dan masih banyak lagi.

4. Bahan baku

source: pexels

Bahan baku merupakan salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi kualitas produk. Untuk itu, pemilihan mutu bahan baku harus diseleksi sebaik mungkin.

Perusahaan harus memperhatikan beberapa hal, misalnya seleksi sumber dari bahan baku, pemeriksaan dokumen pembelian, pemeriksaan penerimaan bahan baku, serta penyimpanan bahan baku. Hal-hal tersebut harus dilakukan dengan baik sehingga bahan baku berkualitas rendah dapat ditekan sekecil mungkin.

5. Mesin dan peralatan

source: pexels

Mesin dan peralatan yang digunakan dalam proses produksi juga akan mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan. Jika peralatan kurang lengkap atau pun mesin sudah kuno, tentu akan menghasilkan produk bermutu rendah serta tingkat efesiensi yang rendah.

Akibatnya, biaya produksi melambung tinggi, sedangkan produk yang dihasilkan kemungkinan tidak laku di pasaran. Hal ini tentu akan mengakibatkan kamu tidak bisa bersaing dengan perusahaan lain yang telah menggunakan peralatan dan mesin lebih canggih.

Itu dia pembahasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas produk beserta alasan pentingnya. Kualitas produk yang baik umumnya akan mampu memberikan rasa puas terhadap konsumen. Sehingga tingkat loyalitas konsumen pada produk kamu akan meningkat dengan sendirinya. Selain itu, perusahaan pun mampu mendapatkan profit yang besar!

Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk, mulai dari kemasan produk, rasa produk, daya tahan, kesesuaian, dan performa dari produk tersebut. Jika hal tersebut sudah terpenuhi, tidak menutup kemungkinan bahwa tujuan utama bisnis bisa dicapai dengan baik.

Baca juga: Pilih Kemasan Produk yang Tepat, Agar Penjualanmu Meningkat!

Selain harus memperhatikan kualitas produk, dalam upaya meningkatkan kesuksesan bisnis juga diperlukan manajemen keuangan dan akuntansi yang baik. Nah, untuk memudahkan kamu dalam melakukan manajemen keuangan perusahaan, kamu bisa join kursus online Vocasia di sini. Vocasia akan memudahkanmu mengelola tata keuangan di perusahaan, yang mana membutuhkan hitungan akutansi yang rumit, lho. Tunggu apalagi? Segera daftarkan dirimu agar bisnismu berjalan lancar dan sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *