Tanggal:05 May 2024

10+ Fasilitas Yang Diharapkan Selain Gaji, Kamu Wajib Tahu!

Selain gaji yang kamu terima dari perusahaan di mana kamu bekerja, kamu pasti mendapatkan fasilitas-fasilitas lainnya. Fasilitas tersebut biasanya disebut sebagai tunjangan. Tunjangan ini yang akan membuat kamu terbantu dari segi pekerjaan, kesehatan, maupun kehidupan.

Fasilitas-fasilitas yang sebenarnya bisa kamu dapatkan termasuk banyak jika kamu jumlahkan. Apa saja fasilitas-fasilitas tersebut? Yuk, simak rangkuman fasilitas yang diharapkan selain gaji versi Vocasia di bawah ini!

Baca Juga | Apa Itu Karier? Yuk, Pahami Arti Dan Contohnya!

1. Tunjangan Tempat Tinggal

Selain transportasi, fasilitas lainnya yaitu tempat tinggal. Ini juga merupakan fasilitas yang diharapkan BUMN oleh para pekerjaan. BUMN merupakan instansi negara yang tersebar di seluruh Indonesia, biasanya para anggotanya sering dikirim bekerja di luar kota atau luar pulau. Tempat tinggal menjadi salah satu fasilitas yang diberikan.

Bukan hanya BUMN, perusahaan swasta atau starup juga sering mengirim pekerjanya untuk dinas luar kota. Dengan adanya fasilitas tempat tinggal, memudahkan para pekerja untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan yang dituju di luar kota tersebut. Namun sebagai pekerja kita harus detail mengetahui apa saja fasilitas tempat tinggal yang dimaksud, jangan sampai apa yang kita dapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Baca Juga | Pengertian Kebutuhan Primer, Sekunder, Dan Tersier Beserta Contohnya

2. Asuransi Kesehatan

Ini merupakan fasilitas yang diharapkan oleh setiap pekerjaan dari tempat mereka bekerja, yaitu asuransi kesehatan. Terkait asuransi kesehatan pun, telah diatur oleh UU Pemerintah. Jika ada perusahaan atau instansi yang tidak memberikan asuransi kesehatan kepada pekerjaanya, pemerintah akan menindak dan memberikan sanksi kepada perusahaan atau instansi tersebut.

Ketersediaan asuransi kesehatan dari perusahaan merupakan sebuah jaminan bagi setiap karyawan, agar tetap tenang untuk mengerjakan pekerjaannya dan perusahaan atau instansi dapat mencapai target atau tujuannya.

Baca Juga | 7 Rekomendasi Masker Alami Untuk Mencerahkan Wajah, Dapat Dilakukan Di Rumah!

3. Fasiltas Khusus Karyawati

Salah satu fasilitas yang diharapkan adalah fasilitas khusus untuk pekerja perempuan atau karyawati. Setiap pekerja wanita wajib memastikan hak-hak khususnya, termasuk hak cuti haid serta cuti hamil dan melahirkan. Menurut UU No. 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Pasal 81 ayat (1).

Dalam Undang-Undang di atas, disebutkan bahwa pekerja atau buruh perempuan yang tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua haid jika mengalami nyeri parah (dysmenorrhea). Sementara itu cuti hamil dapat diambil sebelum, saat, dan setelah melahirkan. Dengan begini, para pekerja perempuan tetap bisa mendapatkan haknya setelah menuntaskan setiap kewajibannya.

Baca Juga | Tingkatkan Value Dalam Diri, Buat Hidup Lebih Bersahaja!

4. Tunjangan Transportasi

Fasilitas kerja adalah sebuah kemudahan yang didapatkan oleh setiap pekerja dari perusahaan tempatnya bekerja. Kemudahan tersebut bisa dalam berbagai bentuk, seperti tempat tinggal atau transportasi. Salah satu yang dibutuhkan oleh para pekerja dan merupakan hal yang paling penting adalah tunjangan transportasi.

Baca Juga | Pekerjaan Yang Akan Di Gantikan Oleh Teknologi

5. Program Beasiswa dan Pengembangan Karir

Setiap pekerja, terutama yang memiliki potensi, sangat menginginkan fasilitas yang diharapkan ini. Yaitu fasilitas program beasiswa pendidikan. Karena perusahaan yang baik akan peduli dengan peningkatkan kualitas pendidikan pekerjanya, kamu juga perlu menambah pengetahuan dengan pendidikan tambahan.

Program beasiswa juga kadang bukan hanya dalam biaya pendidikan, namun juga beserta dengan tunjangan harian selama menempuh pendidikan. Namun, selepas usai menempuh pendidikan, kita harus memberikan yang terbaik kepada perusahaan yang telah membiayai kita sekolah.

Bukan hanya pendidikan saja, kita sebagai pekerja juga perlu meningatkan pengembangan karir. Meski dengan menempuh pendidikan juga bagian dari memikirkan pengembangan karier. Jenjang karir merupakan bagian penting yang juga harus dipikirkan oleh perusahaan.

Baca Juga | Cara Daftar Beasiswa Kuliah S1 Dan S2 2022

6. Tunjangan Teknologi

Fasiltas ini merupakan fasilitas yang diharapkan fresh graduate atau lulusan baru. Pekerja seperti content writer, desain grafis, programmer atau yang berkaitan dengan teknologi digital biasanya akan mendapatkan tunjangan teknologi berupa gadget seperti smartphone, tablet hingga laptop.

Selain itu, tunjangan teknologi juga bisa seperti maupun insentif uang pulsa atau kuota data internet bulanan. Tunjangan seperti ini dapat kau tanyakan terutama jika pekerjaannya mengharuskan Sedulur sering menelepon klien atau melakukan online meeting. Di tengah pandemi saat ini, fasilitas gadget merupakan hal yang penting dan dapat menunjang pekerjaan kita.

Baca Juga | Wajib Coba! Inilah 12 Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping Terbaik

7. Konsumsi Makan Siang

Konsumsi merupakan fasilitas yang diharapkan saat interview. Saat ini tersedia banyak jasa katering online yang membuat fasilitas satu ini layak diharapkan untuk disediakan kantor baru selain gaji. Dengan tersedianya catering, Sedulur tidak perlu lagi repot-repot memikirkan mau makan siang apa di kantor.

Kamu juga bisa menghemat pengeluaran bulanan dengan adanya fasilitas ini. Semakin memudahkan kamu, ketika bisa menu makanan yang sesuai dengan kondisimu jika ikut catering di kantor. Sebagai contoh, catering diet keto atau makanan bebas gluten. Beberapa perusahaan ada yang sudah memasukkan fasilitas makan siang gratis untuk karyawannya.

Baca Juga | 8 Makanan Yang Wajib Kamu Coba

8. Kesehatan Gigi dan Tunjangan Kacamata

Fasilitas yang diharapkan dari perusahaan selain gaji adalah kesehatan gigi dan tunjangan kacamata. Meskipun sama-sama berkaitan dengan kesehatan karyawan atau pekerja, namun kesehatan gigi dan mata perlu diperhatikan berbeda dengan kesehatan tubuh secara umum.

Karena fasilitas yang didapatkan berbeda dan membutuhkan perawatan secara spesifik. Akibat pemahaman yang baik terhadan kesehatan karyawannya, saat ini perusahaan telah memberikan asuransi kesehatan khusus untuk kacamata dan kesehatan gigi. Ditambah, khusus untuk mata dan gigi membutuhkan biaya yang besar.

Baca Juga | Apa Itu Interval Training? Olahraga Singkat Bikin Kamu Langsing!

9. Asuransi Keluarga

Asuransi keluarga juga merupakan salah satu fasilitas yang diharapkan oleh setiap pekerja. Untuk mendukung kesehatan karyawan dan melindungi karyawan secara finansial, beberapa perusahaan menyediakan fasilitas asuransi kesehatan untuk keluarga karyawan. Fasilitas ini memberikan perlindungan kesehatan yang diperuntukkan untuk para karyawan dan anggota keluarganya dalam keluarga inti misalnya untuk pasangan dan anak.

Perusahaan yang memberikan fasilitas yang diharapkan ini menggunakan jenis asuransi kesehatan grup atau asuransi kumpulan. Jenis asuransi ini dikhususkan bagi sekelompok orang yang tergabung dalam suatu perusahaan atau lembaga.

Baca Juga | Asuransi: Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Contohnya

10. Jaminan Hari Tua

Fasilitas yang diharapkan terakhir yang diidamkan oleh setiap pekerja adalah jaminan hari tua. Banyak perusahaan besar kini menyediakan fasilitas jaminan hari tua pada talenta profesional perusahaannya. Jaminan hari tua dapat diberikan berupa pesangon atau bahkan uang pensiun.

Banyak juga perusahaan yang memberikan bagian saham perusahaan sebagai jaminan hari tua jangka panjang yang keuntungannya bisa didapatkan selama puluhan tahun. Fasilitas tunjangan ini dapat membuat setiap pekerja bisa fokus untuk bekerja tanpa harus merisaukan masa tuanya.

Baca Juga | Mengenal Quality Assurance: Berikut Tugasnya

11. Program Pengembangan SDM

Fasilitas yang bisa diharapkan calon karyawan selain gaji dari kantor dapat berupa benefit non-materiil. Salah satu contohnya adalah training atau workshop pengembangan diri. Saat ini, para pekerja bisa mendapatkan workshop pengembangan diri seperti leadership training, management training, sampai skill training yang lebih spesifik seperti public speaking dan pelatihan komunikasi.

Beberapa workshop di atas diperlukan karena dapat membantu mengasah keterampilan sekaligus menjadi bekal memajukan karier ke depannya. Mungkin, tidak semua perusahaan dapat menawarkan benefit ini di awal. Namun, kamu bisa coba meminta kepada atasan untuk mengadakannya di kemudian hari.

Baca Juga | Apa Itu Kompetensi? Pengertian, Faktor, Manfaat, Dan Cara Mengembangkan

12. Fleksibilitas Jadwal Kerja

Bukan hanya gaji yang diharapkan oleh setiap pekerja, namun flesibelitas jadwal kerja juga merupakan hal yang diharapkan. Setiap perusahaan memiliki aturan tentang jadwal dan waktu bekerjanya masing-masing. Namun, tidak ada salahnya Sedulur membicarakan ulang mengenai hal ini.

Kamu wajib menanyakan beberapa hal secara spesifik, bukan hanya menanyakan, jika bisa memastikan. Salah satu contohnya seperti pertanyaan apakah perusahaan membolehkan karyawannya untuk masuk lebih siang atau lebih pagi dari yang ditentukan dalam kondisi tertentu.

Atau pertanyaan bolehkah untuk pulang lebih awal jika ada keperluan mendesak atau mendadak? Dan peraturan seperti kebijakan bekerja dari rumah atau work from home. Fasilitas WFH kini menjadi salah satu benefit yang sangat diharapkan oleh karyawan karena selain menghemat pengeluaran gaji, juga hemat waktu dan tenaga.

Baca juga | Etika Profesi: Pengertian, Prinsip, Tujuan, Manfaat, Dan Contohnya

pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *