Tanggal:17 June 2024

7 Tips Mencegah Foundation Mengalami Oksidasi Saat Make Up

Salah satu bagian terpenting saat make up adalah foundation. Foundation digunakan untuk meratakan warna kulit wajah sehingga terlihat lebih halus dan natural. Foundation tak bisa asal pilih; sebab jika salah pilih, akan mengalami ketidakcocokan dan berisiko menimbulkan oksidasi. 

Apa itu Oksidasi Make Up?

Oksidasi make up adalah reaksi kimia yang terjadi akibat kontak antara minyak yang ada di wajah kita dengan foundation. Hal ini membuat perubahan warna foundation menjadi lebih gelap daripada sebelumnya. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar foundation yang kita pakai tidak mengalami oksidasi.

Langkah-Langkah untuk Menghindari Oksidasi pada Produk Make Up

1. Utamakan Produk Water Based

Produk water based biasanya bersifat lebih ringan daripada produk oil based. Oleh karena itu, produk water based lebih direkomendasikan untuk dipakai oleh orang yang memiliki jenis wajah berminyak. Hal ini dapat meminimalkan terjadinya oksidasi, karena minyak yang berlebihan akan lebih mudah menimbulkan oksidasi.

2. Kebersihan Brush Juga Penting

Sebelum melakukan make up, tentunya kita membutuhkan applicator; biasanya menggunakan sponge atau brush. Setiap kali pemakaian pastinya lama kelamaan applicator yang kita gunakan akan semakin kotor. Oleh karena itu, jangan abaikan kebersihan applicator, karena itu hal yang juga penting dalam make up

Biasakan untuk mencuci aplicator sebanyak 3 kali dalam seminggu agar selalu bersih dan juga tidak ada minyak yang menumpuk pada applicator. Sebab banyaknya minyak yang menumpuk akan mengakibatkan foundation teroksidasi.

3. Pentingnya Primer untuk Dasar Make Up

Setiap hal pastinya membutuhkan dasar, begitu juga pada saat make up. Menggunakan primer untuk dasar make up menjadi hal yang cukup krusial. Primer menjadi pembatas antara foundation dan kulit agar foundation tak langsung bertemu dengan kulit. Dengan adanya primer, hal ini meminimalkan foundation langsung bereaksi dengan minyak pada wajah. Oleh karena itu, foundation pun tidak akan mudah teroksidasi.

4. Jangan Lupa Kocok Foundation

“Kocok terlebih dahulu,” kalimat yang biasa kita temukan dalam kemasan minuman. Namun, tak hanya minuman yang harus dikocok, foundation juga perlu. Jangan sampai ada pigmen warna yang mengendap di dasar botol. Karena hal ini akan memudahkan terjadinya oksidasi. Karena teksturnya akan lebih encer, berbeda jika sudah dikocok yang membuat foundation lebih kental dan pengaplikasian foundation ke wajah akan lebih merata. 

5. Seimbangkan Kadar PH Kulit Wajah

Kadar pH kulit yang seimbang meminimalkan terjadinya oksidasi. Oleh karena itu, pH wajah kita tidak boleh terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Untuk pH wajah yang seimbang itu biasanya berada di angka 4-5,5. Tingkat keasaman ini sangat penting untuk dijaga. Selain mengurangi oksidasi pada foundation, hal ini juga menjaga kesehatan kulit wajah kita dari segala penyakit kulit ataupun infeksi.

6. Jangan Abaikan Umur Foundation

Kadaluarsa bukan hal yang hanya harus kita perhatikan pada saat membeli makanan saja. Foundation juga memiliki masa penyimpanannya sendiri dimana semakin lama warna foundation akan berubah. Umur foundation juga ditentukan dari bentuk foundation tersebut. Biasanya ada dua jenis foundation, yaitu berbentuk krim dan juga bubuk. Untuk foundation yang berbentuk krim biasanya bertahan sekitar 6-12 bulan, sedangkan yang bubuk bisa bertahan sampai 24 bulan.

7. Pakai Shade yang Lebih Terang

Seperti penjelasan di atas, warna foundation yang mengalami oksidasi pasti akan berubah menjadi lebih gelap dari sebelumnya. Oleh karena itu, solusi terakhir untuk mengatasi oksidasi adalah memilih shade atau warna foundation yang lebih cerah dari warna kulit kita sendiri. Agar pada saat kita mengalami oksidasi, warnanya akan lebih natural karena tidak terlalu cerah dan juga terlalu gelap. 

Jadi, itulah langkah-langkah untuk mencegah foundation mengalami oksidasi pada saat make up. Namun, ada satu hal lagi yang dapat kita lakukan agar bisa mencegah oksidasi saat make up, yaitu dengan mengambil kursus Beauty and Elegance with makeupbyanggia: Kupas Tuntas Teknik Dasar Dalam Merias Wajah di Vocasia. Kursus ini dapat diakses oleh semua orang yang berminat belajar merias wajah atau menjadi Make Up Artist (MUA).

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *