Tanggal:05 May 2024

Ini Dia Perbedaan Futsal dan Sepak Bola yang Perlu Kamu Tahu!

Perbedaan futsal dan sepak bola itu apa ya? Futsal dan sepak bola merupakan cabang olahraga yang disenangi masyarakat tanah air. Seiring berjalannya waktu, kini banyak generasi milenial yang tertarik dan menekuni olahraga jenis ini. Mereka berbondong-bondong berlatih secara serius supaya dapat menjadi atlet profesional yang akan membawa nama Indonesia menaiki podium 1 pada ajang kompetisi.

Beberapa orang menjadikan kedua olahraga tersebut sebagai pengisi waktu luang karena dinilai sangat fleksibel. Biasanya mereka selalu menjadwalkan permainan ini setiap akhir pekan. Selain itu, kepopulerannya ini bisa dijadikan ladang bisnis bagi para entrepreneur yang pandai membaca peluang. Contohnya saja membuat bisnis lapangan futsal dan sepak bola dengan sistem sewa. Mungkin kalian sering menjumpai bisnis serupa di beberapa daerah.

Baca Juga | 11 Game Edukasi Anak Terbaik Dan Lengkap

Namun, ternyata masih ada orang berpikiran bahwa cabang olahraga futsal dan sepak bola itu sama saja. Padahal kenyataannya tidak demikian. Olahraga ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Akan tetapi, tujuan dari olahraga ini sama, yaitu sekelompok tim harus merebut bola dalam penguasaan lawan. Sehingga, nantinya dapat memasukkan bola ke gawang lawan dan mencetak gol sebanyak mungkin.

Secara umum, keduanya memang memiliki cara serta tujuan yang sama. Jika dikaji lebih dalam mengenai futsal dan sepak bola, keduanya tetap mempunyai perbedaan. Ingin tahu lebih detailnya mengenai kedua jenis cabang olahraga tersebut? Yuk, simak lengkapnya berikut ini!

Baca Juga | Tugas Seorang Agen Sepakbola

Sejarah Singkat Futsal dan Sepak bola

Ilustrasi Olahraga Menggunakan Bola (Freepik)

Ternyata asal muasal futsal maupun sepak bola mempunyai jalan cerita yang berbeda, berikut pemaparannya:

  • Ruang Lingkup Futsal

Futsal merupakan gabungan dari dua kata yang berasal dari bahasa Spanyol, yaitu “futbol “ dan “sala”, memiliki arti ruangan. Olahraga ini lahir dan populer di sebuah negara kecil di Amerika Latin. Futsal merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim dalam setiap pertandingannya. Masing-masing tim terdiri dari lima orang pemain. Salah satu di antaranya adalah penjaga gawang. Spesifikasi lapangan dan bola pada regulasi permainan futsal berbeda dengan sepak bola. Regulasi permainan futsal sengaja dibuat ketat oleh FIFA (Federation Internationale de Football Association) agar para pemain lebih menjunjung nilai fair play serta untuk meminimalisir risiko cedera.

Di Indonesia, olahraga ini mulai dikenal pada pertengahan tahun 2000. Antusias masyarakat terhadap olahraga ini sangat besar. Hal ini terlihat ketika Indonesia telah dipercaya sebagai tuan rumah Kejuaraan Futsal Asia 2002. Bahkan, sekarang sudah ada kompetisi regular yang dilaksanakan di bawah naungan PSSI yang bernama Liga Pro Futsal. Liga futsal ini berada langsung di bawah naungan Kepengurusan Badan Futsal Nasional. Kompetisi ini sudah berlangsung sejak tahun 2004.

Baca Juga | 7+ Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut, Bye Perut Buncit!

  • Ruang Lingkup Sepak bola

Sepak bola di Indonesia dimulai pada masa penjajahan, tepatnya di tahun 1914 pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Di masa itu, mulai banyak diadakan berbagai pertandingan sepak bola antar masing-masing kota di pulau Jawa. Sebelum ada PSSI, organisasi sepak bola di Hindia Belanda adalah Nederlandsch Indische Voetbal Bond (NIVB). Setelah itu, organisasi tersebut berganti nama menjadi Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU) pada tahun 1927.

Lalu, 3 tahun kemudian dibentuk Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia (PSSI). Pada 19 April 1930 di Yogyakarta, secara resmi organisasi tersebut berganti nama menjadi Persatuan Sepak Bola Indonesia. Sosok pendiri PSSI adalah Soeratin Sosrosoegondo yang kemudian menjabat sebagai Ketua PSSI yang pertama. Tak hanya berperan sebagai organisasi bola, Soeratin juga menjadikan PSSI sebagai badan olahraga nasional yang bertujuan untuk menguatkan olahraga Indonesia melawan Hindia Belanda pada masanya.

Baca Juga | Apa Itu Interval Training? Olahraga Singkat Bikin Kamu Langsing!

Perbedaan Futsal dan Sepak bola

Ilustrasi Permainan Futsal dan Sepak Bola (Freepik)

Kiprah futsal dan sepak bola di tanah air semakin diminati oleh generasi milenial. Perlu diketahui bahwa terdapat perbedaan aturan dalam masing-masing permainan, di antaranya sebagai berikut:

1. Jumlah pemain

Jika dilihat melalui segi pemain, keduanya memiliki jumlah yang berbeda. Jumlah pemain dalam satu tim sepak bola sebanyak 11 orang dan sudah termasuk kiper. Sementara itu, jumlah pemain futsal ada 5 orang yang termasuk dengan penjaga gawang.

Baca Juga | Fenomena Remaja Jompo Di Kalangan Muda, Ketahui Penyebab Dan Cara Mencegahnya

2. Ukuran lapangan

Lapangan futsal dan sepak bola memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Lapangan futsal umumnya memiliki panjang 38 sampai dengan 42 meter dan lebar antara 18 sampai 25 meter. Sementara lapangan sepak bola bisa sampai dua kali lipat besarnya dari lapangan futsal.

Ukuran panjang lapangan sepak bola mencapai 90 hingga 120 meter. Untuk lebarnya sekitar 45 sampai 90 meter. Selain itu, lapangan futsal berkonsep indoor sedangkan lapangan sepak bola berkonsep outdoor.

Baca Juga | Perbedaan Kerja Di Kantor Dan Lapangan

3. Ukuran bola

Perbedaan lainnya terletak pada ukuran bola yang dipakai dalam pertandingan. Ukuran bola futsal memiliki diameter lingkaran sekitar 63,5 sampai 66 cm dan berat maksimum 390 gram. Untuk bola pada sepak bola, maksimal memiliki berat 450 gram dengan diameter lingkaran antara 68 hingga 70 cm.

Baca Juga | 10+ Game Penghasil Uang Yang Wajib Kamu Mainkan

4. Waktu permainan

Durasi waktu futsal biasanya lebih cepat jika dibandingkan dengan sepak bola. Lama pertandingan dalam futsal dan sepak bola akan berbeda. Sepak bola memiliki sistem 2 babak dengan waktu 45 menit setiap babaknya. Sedangkan futsal hanya memiliki waktu selama 20 menit. Namun, setiap bola off play waktu dapat berhenti sementara.

Baca juga | 10 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga, Penting Banget untuk Tubuh!

5. Aturan offside

Selain itu, sepak bola memiliki aturan offside, yakni larangan pemain untuk menyerang saat berada diposisi mendahului pertahanan lawan. Sedangkan dalam futsal tidak ada aturan seperti itu yang membuat striker dapat menyerang melalui posisi depan lawan.

Baca Juga | 7 Cara Bermain Catur Dengan Mudah Bagi Pemula

6. Bola keluar

Menurut aturan permainan sepak bola, ketika bola keluar dari lapangan, pemain harus melakukan lemparan ke dalam. Sementara aturan di futsal, saat bola keluar, pemain harus melakukan tendangan ke dalam dari sisi garis tepi lapangan.

Baca Juga | 10+ Ide Ice Breaking Online Ampuh Hilangkan Garing, Mudah Dan Seru

7. Pergantian pemain

Dalam pergantian pemain juga menjadi hal dasar yang membedakan antara futsal dengan sepak bola. Pergantian pemain di futsal tidak terbatas, bahkan bisa dilakukan secara bersamaan. Pada permainan futsal, pemain yang sudah keluar dapat masuk kembali. Berbeda dengan sepak bola yang membatasi pergantian pemain sebanyak 3 kali. Pemain yang sebelumnya sudah diganti pun tidak boleh masuk dan ikut bermain lagi. Hal itu sudah menjadi ketetapan yang sah dalam kedua jenis olahraga ini.

Baca Juga | Pria Wajib Tahu! Inilah 10 Rekomendasi Skincare Pria Terbaik

8. Total pelanggaran

Tidak ada batasan jumlah pelanggaran pada permainan sepak bola. Jadi, jangan kaget saat kalian menemukan puluhan pelanggaran dalam satu tim di suatu pertandingan sepak bola. Namun sebaliknya, terdapat aturan yang sah terkait jumlah pelanggaran di futsal. Ketika satu tim melakukan 6 kali pelanggaran di tiap babak, wasit akan memberikan penalti berupa tendangan bebas secara langsung.

Nah, itulah perbedaan futsal dan sepak bola yang mungkin selama ini belum diketahui oleh banyak orang. Kalian perlu memperhatikan keamanan ketika berolahraga agar tidak mengalami cidera.

Baca Juga | 4 Software Developer Games Terbaik Di 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *