Tanggal:19 May 2024
feature ENTP

Pendebat Andal, Inilah Pekerjaan yang Cocok untuk ENTP

Pekerjaan bagi pemilik kepribadian ENTP meluas ke berbagai bidang. ENTP merupakan salah satu kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang termasuk dalam spektrum kepribadian ekstrovert. Kepribadian jenis ini merupakan akronim dari Extroversion, Intuition, Thinking, dan Perceiving. Mereka termasuk salah satu MBTI yang dijuluki sebagai pendebat karena keterbukaannya dalam menerima pendapat orang lain. Untuk lebih memahami karakteristik ENTP, simak paparan berikut ini! 

Baca juga: Tes MBTI: 16 Tipe Kepribadian Dan Penjelasannya!

Karakter ENTP 

pekerjaan untuk ENTP

ilustrasi seorang ENTP (sumber: pexels)

Sebanyak 3,2% populasi dunia memiliki kepribadian ENTP yang mana 38% diantaranya wanita dan sisanya sebesar 62% pria. Mereka termasuk spontan dan fleksibel dalam menerima hal baru. Mereka pun kerap menggunakan logika dan alasan yang rasional dalam mengambil keputusan atau menyelesaikan masalah. Berikut karakter-karakter lain yang dapat menjadi penanda seorang ENTP.

1. Senang Bersosialisasi 

Sebagai bagian dari ekstrovert, ENTP memiliki kemampuan bersosoalisasi yang baik. Mereka juga senang menghabiskan waktu dengan bercengkrama dengan orang-orang di sekitarnya. 

Karakter tersebut membuat lingkaran pertemanan mereka luas dan mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan sosial, seperti keluarga, teman, atau rekan kerja. 

Baca juga: Bahasa Sebagai Realitas Sosial, Beserta Penjelasannya

2. Senang Berdebat 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ENTP termasuk pribadi yang senang berdebat. Hal ini karena semangatnya dalam menerima, memahami, dan mengolah pengetahuan baru untuk didiskusikan. 

Tak jarang, kemampuan mereka mengkurasi gagasan menjadi bahan pertentangan karena cara berkomunikasi mereka yang sering menantang lawan bicara. Hal tersebut memicu perdebatan dengan lawan bicara apabila ia termasuk orang yang mudah tersinggung dan tidak senang untuk berdebat. 

3. Sosok yang Kreatif 

kreatif

ilustrasi karakter kreatif (sumber: pexels)

Ide dan daya kreativitas yang dimiliki ENTP tak perlu diragukan lagi. Mereka akan selalu dipenuhi oleh gagasan dan ide kreatif yang out of the box. Meskipun demikian, mereka kerap kesulitan merealisasikan ide yang dimiliki. Awalnya mereka akan memiliki hasrat yang tinggi dalam menyusun ide, namun tidak dapat menyelesaikan ide tersebut untuk direalisasikan. 

4. Peduli 

ENTP merupakan pribadi yang hangat dan peduli terhadap orang-orang di sekitarnya. Selain peduli, mereka juga termasuk sosok yang perhatian, penyayang, dan memiliki pengertian terhadap orang lain, terutama pada pasangan mereka. 

Meskipun demikian, mereka cenderung impulsif dalam mengambil keputusan penting. 

Selain keempat karakteristik tersebut, ENTP juga termasuk pribadi yang tidak senang rutinitas terjadwal. Mereka juga tidak senang berada di bawah kuasa orang lain. Apabila mengalami stres, mereka cenderung menarik diri dari lingkungan dan kerap merasa khawatir berlebihan. 

ENTP di Tempat Kerja 

ENTP di tempat kerja

ilustrasi ENTP di tempat kerja (sumber: pexels)

Julukan pendebat yang disematkan pada ENTP bukan tanpa alasan. Mereka termasuk orang yang berani menyampaikan pendapat atau gagasannya terhadap sesuatu. Selain itu, mereka juga memiliki ketahanan mental yang kuat. Hal ini akan menjadi kekuatan ENTP dalam menghadapi setiap perbedaan pendapat di dalam tim. 

Dalam melaksanakan kinerja di kantor, ENTP termasuk sosok yang berani mengambil risiko dan tegas. Apapun tujuan yang ingin mereka tuju akan sungguh-sungguh diusahakan. Namun, mereka tidak senang diatur oleh aturan atau regulasi yang terlalu ketat karena akan mengurangi kinerja mereka. 

Pekerjaan yang Cocok untuk ENTP

Berikut deretan pekerjaan yang dapat dipertimbangkan bagi Anda yang memiliki kepribadian ENTP. 

1. Insinyur 

Kiprah ENTP di bidang teknik dapat terlihat pada profesi insinyur. Mereka termasuk sosok yang memakai logika dan cerdas dalam problem solving

Mereka juga memiliki kemampuan matematis yang baik serta berpikir secara teknik untuk mencari solusi. Maka tidak heran jika pemilik ENTP akan cocok dengan pekerjaan ini. 

2. Trader Saham 

trading untuk ENTP

ilustrasi trading saham (sumber: pexels)

Pekerjaan yang kini tengah digandrungi banyak orang ini dapat menjadi pilihan bagi ENTP. Memang, pekerjaan ini tidak selalu dilakukan di sebuah kantor, tetapi cukup untuk memenuhi kebutuhan finansial mandiri apabila cakap dalam trading

Kemampuan kreatif yang ENTP punya akan membantu menemukan cara-cara kreatif dalam menghadapi tantangan trading. Jangan lupakan juga fakta kecerdasan dan kecepatan dalam berpikir yang mereka punya. 

Apabila kamu tertarik mempelajari mengenai saham ikuti kelas Kelas Trading Si Koko Saham

3. Public Relation Specialist 

Sifat ekstrovert yang mereka miliki akan menjadi poin plus ketika menjadi seorang public relation specialist. ENTP merupakan tipe orang yang memiliki ketangguhan dalam menghadapi publik dan permasalahan yang terjadi. 

Mereka juga memiliki kecerdasan yang mumpuni, sehingga mampu memahami perusahaan dan industri yang ditekuni dengan cepat. Sudah terlihat bahwa ENTP dapat memilih pekerjaan sebagai PR yang dapat diandalkan perusahaan. 

Menjadi seorang public relation yang andal adalah milik semua orang tidak hanya bagi pemilik kepribadian ENTP. Yuk, sama-sama belajar mengenai public relation di kelas Public Relation Masterclass

4. Pengacara 

pengacara

ilustrasi pengacara (sumber: pexels)

Sebagai sosok pendebat, ENTP akan pantas apabila memilih profesi sebagai pengacara. Mereka yang senang mengutarakan opini di hadapan banyak orang akan sangat berguna dalam pekerjaan satu ini. 

Jangan lupakan juga kemampuan analisis dan cara menyampaikan opini yang tajam dan tegas. Hal tersebut menjadi kekuatan bagi mereka. 

5. Market Research Analyst 

Pekerjaan bagi ENTP selanjutnya adalah market research analyst. Mereka bertugas menyajikan dan mengumpulkan informasi yang didapat menjadi bentuk yang lebih sederhana, sehingga mampu dipahami oleh berbagai kalangan.

Profesi satu ini juga menjadi penyampai data yang akurat untuk stakeholder bisnis agar pengambilan keputusan dapat sesuai dengan pasar dan visi perusahaan. Daya kreativitas dan kemampuan analitis yang ENTP punya akan menjadi kekuatan lain dalam profesi ini. 

Baca juga: Apa Itu Market Research?

6. Relationship Manager 

Ingat kalau ENTP merupakan sosok pemecah masalah yang baik? Yap! Kemampuan ini akan berguna apabila mereka memilih relationship manager. Mereka akan mampu menguraikan permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh konsumen. 

Pribadi ekstrovert yang ada dalam diri mereka akan menuntun para konsumen pada keputusan yang dianggap paling tepat, sehingga mampu menjalankan bisnis dengan lancar. 

7. Produser Film 

produser film

ilustrasi produser film (sumber: pexels)

Sebagai penyampai ide yang baik, mereka akan mampu menyampaikannya dengan baik dan dipahami oleh para pihak yang terlibat dalam pembuatan film. Kecerdasan ENTP dan kreativitas yang mereka miliki akan menjadi poin tambahan ketika menggeluti bidang produksi film. 

Fakta bahwa mereka mampu memiliki orisinalitas ide dan keteguhan yang baik akan membawa mereka pada hasil yang mengesankan.

Demikian pembahasan pekerjaan yang cocok bagi ENTP. Beberapa deretan pekerjaan dalam artikel tersebut tidak sepenuhnya dapat dijadikan acuan. Perlu banyak pertimbangan selain tipe kepribadian dalam memilih jenjang karier. Tetap berusaha dan mengumpulkan berbagai sertifikasi untuk menunjang karier dapat membantu kamu dalam mencapai karier yang diidam-idamkan. Semoga beruntung!

Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *