Tanggal:17 June 2024

Kamu Seorang Introvert? Ini Lho Pekerjaan yang cocok untuk Introvert!

ilustrasi pekerjaan untuk introvert (pixabay.com)

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa seorang introvert itu menyukai ketenangan untuk bisa menciptakan kenyamanan dalam dirinya yang berujung pada produktivitas atas pekerjaannya. Hal itu jauh berbeda dengan orang ekstrovert yang justru sangat antusias saat dikelilingi oleh banyak orang, ya. Nah, dengan perbedaan karakteristik yang mencolok itu, lantas pekerjaan apa sih yang cocok untuk seorang introvert? Simak jawabannya melalui penjelasan di bawah ini, ya.

1. Programmer

Pekerjaan pertama yakni cocok untuk kamu yang seorang introvert plus ahli dalam hal utak-atik komputer, nih. Dimana peluang kerja dari seorang programmer ini terbilang sangat bagus dengan melihat semakin majunya dunia digitalisasi saat ini dan akan semakin kompleks lagi di masa depan, ya. Dari berkembangnya teknologi tersebut tentunya banyak perusahaan yang menerapkan digitalisasi dalam proses operasional perusahaannya, ya. Oleh sebab itu, posisi programmer akan banyak dicari. Lantas, mengapa pekerjaan sebagai seorang progarmmer itu cocok dengan karakteristik seorang introvert? Alasannya karena jobdesk dari seorang programmer itu sangat minim interaksi dengan banyak orang, dimana programmer tentunya waktunya akan tersita untuk selalu di depan layar komputer, ya.

2. Bidang Musik

Pekerjaan kedua yang cocok dengan seorang introvert yakni terjun di dunia musik, nih. Mengapa demikian? Tentu saja karena musik tak membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain, tetapi lebih pada pada pendalaman secara penjiwaan, ya. Bayangkan saja apabila kita bernyanyi tentunya seluruh pikiran kita terjun ke alunan musik dengan penuh penjiwaan agar lirik lagu dengan lantunan nada bisa serasi, misalnya bernada dengan lirik lagu galau tentunya dengan penjiwaan penuh maknanya akan sampai. Pun dengan menciptakan sebuah lagu, tentunya butuh penjiwaan yang berbalut konsentrasi penuh agar bisa menuliskan lirik yang sangat dalam. Maka dari itu, seorang pemusik agar begitu damai dengan dunia musiknya tanpa gangguang dari banyak orang luar.

3. Admin

Kemudian pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert yakni menjadi admin. Dimana seperti yang kita tahu bahwa mengurus administrasi itu butuh konsentrasi yang tinggi dan bisa cepet selesai kalau dikerjakan satu orang dengan fokus tanpa gangguan. Jadi, untuk seseorang yang ingin bekerja dengan tenang serta tanpa berhubungan dengan banyak tim lain secara langsung, maka menjadi admin ialah pilihan yang tepat.

4. Akuntan

Sama seperti poin sebelumnya bahwa pekerjaan akuntan ini membutuhkan tingkat konsentrasi yang teramat tinggi karena jika tak fokus sedikit saja, maka penghitungan bisa salah dan hasil akhir dari pekerjaan jadi fatal, nih. Maka dari itu, saat mengerjakan perannya sebagai seorang akuntan, ia membutuhkan situasi dan kondisi yang tenang dan yang pasti tanpa gangguan dari orang lain agar bisa berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaannya dalam waktu yang seefisien mungkin. Nah, pekerjaan dengan karakteristik membutuhkan keheningan untuk memberikan kinerja terbaik itu ialah ciri umum dari seorang introvert, ya.

5. Penerjemah

Lalu pekerjaan lain yang cocok untuk seorang introvert yakni dengan menerjemahkan tulisan dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Dimana pekerjaan tersebut membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi. Selain itu, ketenangan pun merupakan salah satu kunci bagi para penerjemah untuk bekerja dengan fokus untuk meberikan hasil terjemahan yang benar. Dimana ketika seorang introvert terjun dalam pekerjaan penerjemah, lalu ia mengerjakannya sesuai karakteristiknya yang suka keheningan untuk bisa menciptakan konsentrasi yang tinggi, maka yang terjadi ialah minim kesalahan. Misanya saja seperti ketepatan istilah merupakan bagian inti dari pekerjaan seorang penerjemah dan sejenisnya, ya.

6. Penulis

Terakhir, pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert ialah dengan menjadi penulis, nih. Yang mana untuk menghasilakan tulisan yang berkualitas tentunya harus dibuat dengan setulus hati, ya. Nah, untuk menulis dengan setulus hati ini butuh pencurahan jiwa dan raga si penulis secara utuh pada karya tulisan yang ia buat, ya. Maka dari itu, untuk menjadi penulis dibutuhkan konsentrasi yang tinggi dalam situasi dan kondisi yang hening tanpa adanya keramaian yang justru menggangu pikiran penulis akan tema yang hendak ditulis, sehingga pekerjaan yang semacam ini cocok dengan kepribadian seorang introvert, ya.

Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Kamu bisa menikmati segala kursus online dari berbagai topik yang sedang kamu butuhkan dengan potongan harga khusus hanya di Vocasia . Ingat bahwa dunia semakin cepat berkembang tanpa menunggu kesiapanmu, kalau bukan dari sekarang kamu menyiapkan kemampuan diri atau menjadikan diri lebih mahir akan suatu hal, lantas menunggu kapan lagi? Segera cek dan temukan kursusmu hanya dengan klik tautan dibawah ini!.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *