Tanggal:11 May 2024

Cara Cerdas Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Pamer

Di sebuah kantor terdapat berbagai macam teman kantor yang tentunya memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang suka bercanda, ada yang suka menyendiri, dan ada yang suka pamer atau pamer. Tidak apa-apa untuk menjadi narsis. Namun jika rekan kerja kamu suka pamer tentang segala hal, kamu perlu tahu cara menghadapinya agar tidak kesal. Berikut ini cara cerdas menghadapi teman kerja yang suka pamer.

Baca Juga | Yuk, Kenali Teamwork Dan Pentingnya Dalam Dunia Kerja!

Kenali gejalanya 

Sebelum membahas mengenai cara menghadapi rekan kerja yang suka pamer, ada baiknya untuk mengetahui dahulu gejala penyebabnya Kepribadian yang suka pamer dapat dijelaskan oleh Alfred Adler, Berdasarkan karya psikolog dan psikoanalisisnya kedalam kriteria gangguan kepribadian dan pengalaman pribadi. Alfred meyakini bahwa kebanyakan orang pamer di kantor karena satu dari lima alasan:

  • Narsisme adalah kondisi dimana awalnya mereka menunjukkan citra diri secara wajar, tetapi mereka juga mengharapkan pujian, karena penghargaan lebih lanjut mendukung pandangan sombong mereka tentang diri mereka sendiri. Pamer di kantor, termasuk melebih-lebihkan prestasi, adalah cara mereka menyiapkan penguatan positif ini.
  • Inferioritas atau dengan kata lain mereka adalah individu rendah diri karena mereka ingin menegaskan konsep diri mereka yang tinggi,mereka melakukannya karena putus asa untuk membangun konsep diri mereka yang rendah. Sikap pamer mereka mengajak Anda untuk memuji, sehingga mereka akan melakukan hal ini secara berulang agar dianggap penting.
  • Takut Ketinggalan sesuatu yang sedang terjadi yang sering disebut dengan istilah Fear of Missing Out (FOMO). Beberapa orang dengan ego yang tinggi mungkin akan pamer lebih sering di setiap kesempatan, karena mereka ingin merasa bahwa mereka lebih proaktif, namun belum tentu jadi langkah yang jelas bagi diri mereka sendiri.
  • Balas dendam dan Bullying dapat menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan seseorang di kantor melakukan pamer atas apa yang pernah mereka alami pada konflik sebelumnya. Mereka mungkin melakukannya bukan karena mereka menginginkan pujian atau peluang baru, tetapi karena mereka ingin memastikan bahwa saingan mereka mengetahui hal tersebut.
  • Perhatian menjadi salah satu hal yang ingin didapat. Jika Anda terlalu banyak bekerja dan tidak memberi celah anda untuk berkomunikasi dengan mereka, maka disini mereka melakukan pamer untuk memberi sinyal bahwa mereka ingin diperhatikan.

Baca Juga | Apa Itu Toxic Positivity? Pengertian, Ciri, Dampak Dan Cara Menghindarinya

Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Pamer

Walaupun kita semua tahu bahwa pamer adalah sikap yang tidak baik, nyatanya sering kali kita temukan orang yang suka pamer kepada orang lain. Sebenarnya, mungkin kita semua pernah pamer sekali dua kali dan hal seperti ini manusiawi. Namun, jika sifat suka pamer ini terlanjur melekat pada diri seseorang, ini membuat orang lain jadi tidak nyaman.

Nah, jika kamu termasuk salah satu yang kerap dihadapkan pada orang yang suka pamer dan membuatmu merasa tidak nyaman, kamu bisa melakukan cara ini untuk menghadapi orang tersebut.

1. Segera ganti topik pembahasan

Jangan berikan orang tersebut kesempatan untuk banyak membual dengan cara segera mengalihkan topik pembicaraan. Katakan secara terus terang bahwa kamu bukanlah tipe orang yang akan mengagumi orang lain atas apa yang ia miliki dan sikap pamer sama sekali tidak akan membuat kamu terkesan.

Baca Juga | Apa Itu Growth Mindset? Pengertian, Manfaat, Penerapan, Dan Bedanya Dengan Fixed Mindset

2. Pilih kata dengan hati-hati saat berbicara

Seorang yang pamer akan terus mencari perhatian sampai mereka mendapatkannya, jadi mengabaikan perilaku mereka tidak akan menghentikannya. Pujilah mereka, dengan memperkuat gagasan bahwa mereka istimewa dan menonjol namun dalam bentuk pujian untuk tugas yang diselesaikan, bukan orangnya.

Baca Juga | Pendebat Andal, Inilah Pekerjaan Yang Cocok Untuk ENTP

3. Menolak untuk bersaing

Jika seorang teman memberitahukan suatu hal yang berujung pamer, Anda mungkin tergoda untuk terlibat melakukannya juga. Hal ini bukan merupakan kompetisi yang harus ada pemenangnya. Cobalah untuk menahan diri untuk bersaing dan bawa percakapan ke arah lain.

Baca Juga | Passion: Perbedaan Dengan Hobi Dan Cara Menemukannya

4. Jangan mempermalukan orang tersebut di khalayak ramai

Walaupun kamu tidak suka dengan orang yang suka pamer, sebisa mungkin hindari sikap mempermalukan orang tersebut di depan banyak orang. Sebab, menurut laman Psychologies, individu narsis sering menujukkan banyak kemarahan serta agresif setelah mendapatkan penolakan sosial ketimbang menjadi non-narsistik.

Baca Juga | 7 Cara Membangun Karir Dengan Kemampuan Berkomunikasi Yang Baik

5. Basa-basi dan segera pergi

Semua orang ingin bersikap baik kepada orang lain, tetapi itu tidak berarti Anda harus membuang waktu mendengarkan orang lain menyombongkan diri. Apalagi orang tersebut sebenarnya paham bahwa sikap sombongnya hanya akan membuat orang di sekitarnya merasa tidak nyaman. Jika dirasa interaksi yang ada sudah cukup, bergegaslah untuk pergi.

6. Tegur secara halus

Lakukan hal ini saat Anda sudah tidak tahan dan merasa dia mulai keterlaluan. Sampaikan padanya bahwa sikap pamer itu mengganggu Anda dan teman-teman kantor yang lain. Hal ini bisa jadi cara untuk memperingatkan temanmu tanpa memberikan kesan bahwa kamu sengaja ingin melukai perasaannya. Bahkan, cara ini bisa jadi membuat orang tersebut sadar dan mungkin berniat untuk memperbaiki perilakunya

Dari cara-cara di atas, ingatlah untuk tidak bertele-tele atau sengaja mempermalukan. Ucapkan selamat tinggal dengan ramah dan jangan lupa berikan senyuman sebelum berangkat untuk menghindari kesan negatif. Meskipun ini tidak menjamin bahwa pamer akan mengubah perilaku mereka, setidaknya itu akan menjauhkan Anda dari pamer.

sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *