Tanggal:12 May 2024
Kerjasama Internasional adalah

Kerja Sama Internasional: Definisi, Prinsip, Tujuan, dan Manfaat

Sobat Vocasia pasti tahu bahwa Indonesia tergabung ke dalam ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). ASEAN merupakan kerjasama internasional yang dilakukan oleh Indonesia di kawasan Asia Tenggara. Kerjasama internasional adalah salah satu strategi politik luar negeri untuk memperoleh manfaat bersama. Seiring dengan perkembangan ekonomi-politik internasional yang ditandai dengan semakin besarnya interdependensi antar negara membuat kerja sama internasional kini sangat sulit untuk dihindari. Mengapa negara perlu menjalin kerja sama dengan negara lain? Yuk simak ulasan berikut.

Pengertian Kerja Sama Internasional

Pengertian KerjaSama Internasional

Kursus online IELTS Vocasia

Kerja sama internasional adalah bentuk hubungan yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan kepentingan negara-negara di dunia. Kerja sama internasional umumnya meliputi kerjasama di bidang politik, ekonomi, sosial, kebudayaan, dan pertahanan keamanan yang berpedoman pada politik luar negeri masing-masing negara (Ikbar, 2014: 273). Dalam kerja sama internasional berlaku kesepakatan antar negara-negara yang terlibat sehingga jalannya kerja sama berpedoman pada kesepakatan tersebut. Pada mulanya, pemahaman kerjasama internasional adalah hubungan antar dua negara atau lebih. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, kini aktor dalam hubungan internasional bukan hanya negara tetapi juga aktor bukan negara, seperti non-governmental organization (NGO) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Pada dasarnya, kerja sama internasional ada karena dipandang dapat memberikan manfaat atau keuntungan pada masing-masing negara. Willian D Coplin dalam tulisannya yang berjudul Introduction to International Politics : A Theoretical Overview (1971) mengemukakan bahwa kerjasama internasional adalah sebuah kerja sama yang mulanya terbentuk melalui satu alasan, yakni negara ingin melakukan interaksi rutin yang baru serta baik untuk mencapai tujuan bersama. Secara logika, tentu tidak ada negara yang mau rugi gara-gara mengadakan suatu hubungan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk terjun ke suatu mekanisme kerja sama, negara atau pemerintah pasti sudah memiliki perhitungan potensi pencapaian dan risiko. Selain menguntungkan masing-masing negara, dampak lain dari kerjasama internasional adalah mempererat hubungan diplomasi antarnegara.

Baca juga: 5 Teori Perdagangan Internasional yang Harus Kamu Tahu!

Prinsip Kerja Sama Internasional

Berikut adalah prinsip-prinsip umum yang berlaku dalam suatu kerja sama internasional.

  • Saling menghormati kedaulatan negara.
  • Tidak mencampuri urusan domestik negara lain (no intervention).
  • Saling menguntungkan.
  • Diarahkan untuk mencapai kepentingan nasional (national interest) dan kesejahteraan bersama.
  • Dilaksanakan berdasarkan kesepakatan bersama.

Baca juga: 

Tujuan Kerja Sama Internasional

Kerja sama internasional tentu membawa sejumlah manfaat, baik manfaat bagi negara sendiri maupun manfaat bersama.

1. Mempererat Hubungan Antarnegara

Jalinan kerja sama internasional yang baik nantinya akan berdampak pada eratnya persahabatan negara-negara yang saling melakukan kerja sama. Kondisi ini dapat menghindari atau meminimalkan terjadinya konflik antar negara bahkan meningkatkan potensi kerja sama di kemudian hari.

2. Mewujudkan Perdamaian Dunia

Hubungan persahabatan yang erat akan menghindarkan negara dari konflik yang dapat menganggu stabilitas internasional. Dengan begitu, kemungkinan terjadinya kekerasan hingga peperangan akan semakin kecil. Jadi, kerja sama internasional dipandang mampu mewujudkan perdamaian dunia.

3. Meningkatkan Perekonomian Negara

Salah satu tujuan negara mengadakan hubungan kerja sama internasional adalah meningkatkan pertumbuhan atau memperbaiki perekonomian negara. Melalui kerja sama internasional, diharapkan negara-negara saling berintegrasi dalam berbagai bidang, mulai dari transfer teknologi, pendidikan, ekonomi, dan masih banyak lagi.

4. Memenuhi Kebutuhan Negara

Tujuan kerja sama internasional lainnya adalah memenuhi kebutuhan negara. Setiap negara memiliki kondisi geografis dan sumber daya alam yang berbeda-beda. Oleh karena itu, demi memenuhi kebutuhan industri, pangan, dan lainnya negara harus mengadakan hubungan kerja sama untuk mendapatkan komoditi yang diinginkan. Kondisi ingin kemudian disebut dengan interdependensi, di mana negara saling bergantung satu sama lain karena sejumlah perbedaan dan ketidakmampuan yang dimiliki.

Baca juga: Bidang-Bidang Yang Terkandung Dalam Ilmu Politik

Manfaat Kerja Sama Internasional

Manfaat Kerjasama Internasional

Setelah mengetahui tujuan kerja sama internasional, rasanya tidak lengkap jika manfaat kerja sama internasional sampai dilewatkan. Pada umumnya, negara betah masuk ke dalam suatu mekanisme kerja sama internasional karena dirasa ada manfaat yang bisa diperoleh. Berikut adalah manfaat kerja sama internasional yang didapat oleh negara di berbagai bidang.

  • Ideologi – munculnya rasa saling menghormati, walau terdapat perbedaan landasan atau falsafah negara.
  • Politik – kerja sama internasional membuat negara tidak hanya berorientasi pada kepentingan nasional masing-masing tetapi juga berupaya mempertahankan hubungan dengan negara lain.
  • Ekonomi – melalui proses impor-ekspor negara dapat saling menguntungkan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masing-masing.
  • Sosial budaya – salah satu manfaat kerja sama internasional adalah transfer sosial budaya. Misalkan, etos kerja, di mana negara dengan etos kerja yang tinggi dapat ditiru oleh negara dengan etos kerja yang masih rendah.
  • Pertahanan dan keamanan – negara-negara dapat melakukan jual-beli peralatan militer dan mengadakan pelatihan militer bersama guna meningkatkan kualitas keamanan serta pertahanan.
  • Pendidikan – melalui kerja sama internasional, negara dapat membuka kesempatan pertukaran pelajar dan mahasiswa sehingga nantinya akan berdampak positif bagi pendidikan dalam negeri.
  • Teknologi – kerja sama internasional memungkinkan adanya kolaborasi dan transfer teknologi antar negara.

Baca juga: 

Demikianlah ulasan singkat tentang kerja sama internasional beserta prinsip, tujuan, dan manfaatnya. Dapat disimpulkan bahwa kerja sama internasional memang membawa sejumlah manfaat bagi negara-negara yang terlibat di dalamnya. Terlebih lagi saat ini kebutuhan manusia semakin banyak dan beragam sehingga negara harus mengupayakan pemenuhannya melalui kerja sama internasional. Semoga artikel ini dapat memberikan tambahan ilmu bagi Sobat Vocasia.

Baca juga: Alasan-alasan yang Menjadikan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *