Tanggal:29 April 2024

Pengertian Marketing Mix 7P dan Contoh Penerapannya!

Pengertian marketing mix 7P adalah bauran pemasaran dari berbagai aspek menyangkut produk dan contoh penerapannya. Contoh penerapan marketing mix terdiri dari products, price, promotions, place, people, physical evidence, dan juga process. Komponen lengkap marketing mix 7P dapat membuat bisnis kamu lebih berkembang pesat, loh. Penerapan marketing mix bisa kamu lakukan dengan membaurkan semua komponen menjadi satu kesatuan. Penerapan marketing mix 7P bisa membantu konsumen lebih mengenal produk secara mendalam.

Contoh penerapan marketing mix 7P yang kamu gunakan juga mampu memperluas detail informasi produk sehingga seluruh lapisan konsumen kamu bisa lebih memahami produk yang ditawarkan. Hal ini karena marketing mix 7P yang digunakan sangat membantu kamu menganalisa setiap detail kebutuhan produk. Contoh penerapan marketing mix juga bisa membuat konsumen lebih mudah menemukan produk yang diinginkan. Ada apa saja kah komponen dalam marketing mix 7P dan contoh penerapannya? Yuk, simak detailnya!

1. Product Marketing Mix 7P dan Contoh Penerapannya

Marketing mix 7P yang utama ialah produk atau jasa yang kamu tawarkan. Produk tersebut menjadi komponen penting sekaligus identitas bisnis kamu, loh. Kamu dituntut untuk pandai membaca detail produk dengan kebutuhan pemasaran di pasar. Contoh penerapannya dapat kamu implementasikan melalui produksi produk yang sesuai dengan penentuan target pasar.

2. Price Marketing Mix 7P dan Contoh Penerapannya

Price atau harga menjadi hal yang tak kalah penting dalam marketing mix 7P. Mengapa demikian? Karena di dalam marketing mix komponen harga sangat mempengaruhi target pasar. Konsumen dapat melihat dan membandingkan harga produk kamu dengan yang lain. Selain itu, harga juga dapat membawa pengaruh besar pada keputusan pembelian. Jadi kamu harus pintar dalam menentukan marketing mix yang sesuai dengan harga produk yang ditawarkan. Kamu dapat menetapkan harga melalui analisis perbandingan dengan kompetitor kamu, ya!

3. Place Marketing Mix 7P dan Contoh Penerapannya

Komponen tempat dalam marketing mix 7P sangat penting. Terkadang konsumen akan lebih mempercayai adanya bentuk fisik dibandingkan serba online. Kamu juga perlu mempetimbangkan komponen tempat sebagai tambahan marketing mix yang akan digunakan nantinya. Penerapannya dapat kamu mulai dari pembangunan toko fisik terlebih dahulu. Kamu bisa membuatnya secara minimalis agar lebih menghemat biaya.

4. Promotion Marketing Mix 7P dan Contoh Penerapannya

Komponen promosi dapat dikategorikan sangat berpengaruh pada marketing mix 7P. Promosi secara tepat dapat membuat produk kamu dikenal secara luas. Kamu dapat memanfaatkan promosi secara digital maupun konvensional. Kedua strategi tersebut memiliki cara jitu dalam menembus target pasarnya tersendiri. Melakukan promosi dapat kamu terapkan dengan menyesuaikan target konsumen. Apabila target konsumen kaum milenial, promosi secara online atau digital sangat cocok untuk kamu.

5. People Marketing Mix 7P

Sumber daya manusia dalam marketing mix 7P tentunya sangat penting keberadaannya. Sumber daya manusia dalam berbagai bidang dapat membantu bisnis kamu cepat berkembang. Kemampuan yang mumpuni menjadi poin penting pengembangan marketing mix 7P yang kamu gunakan. Contoh penerapan marketing mix 7P melalui sumber daya manusia dapat dikatakan sangat penting, loh. Pastikan sumber daya manusia di dalam bisnis kamu sudah sesuai dengan perannya masing-masing, ya.  Tentunya agar contoh penerapan marketing mix 7P berhasil!

Baca Juga : Apa Itu Market Research?

6. Physical Evidence Marketing Mix 7P

Marketing mix 7P di dalamnya juga terdapat tampilan fisik yang menunjang. Komponen ini dapat kamu implementasikan dari segi visual produk yang ditawarkan. Seperti halnya bentuk fisik produk, brosur promosi, logo produk, hingga isi produk yang ditawarkan, loh. Kamu perlu menerapkan adanya bentuk fisik terkait produk agar lebih memikat konsumen untuk datang.

7. Process Marketing Mix 7P

Marketing mix 7P yang terakhir ialah komponen proses. Pastikan setiap konsumen kamu mengetahui alur bisnis yang kamu terapkan terkait pemasaran dan pembelian produk. Mulai dari pengenalan detail produk, transaksi pembayaran, hingga cara menggunakan produk yang ditawarkan. Contoh penerapan marketing mix ini dapat kamu lakukan dengan memberikan pemahaman pada konsumen terkait alur bisnis tersebut.

Nah, itu dia detail marketing mix 7P dan contoh penerapannya. Kamu dapat menggunakan 7 komponen dalam marketing mix tersebut. Kamu juga dapat menerapkannya sesuai kebutuhan bisnis kamu, loh. Jangan ragu memilih dan menggunakan sesuai target pasar yang kamu tentukan, ya!

Baca Juga : 7 Tips Menjadi Marketing Yang Handal

Public relation masterclass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *