Tanggal:03 May 2024

Berikut Tugas-Tugas SEO Specialist!

Kalau kita bisa bahas SEO, pasti sudah tahu nih bakal bahas-bahas soal google dan tulisan-tulisan artikel! Tetapi, kamu sudah tahu belum sih SEO itu apa sih? SEO adalah Search Engine Optimization yang berarti langkah atau upaya optimasi website agar muncul di halaman pertama mesin pencari seperti google.

Fungsi-fungsinya lalu untuk apa sih? Kalau kamu pernah belajar atau bekerja sebagai SEO Specialist maupun Content Writer, pasti sudah mengetahui bahwa fungsinya adalah untuk menaikkan peringkat website pada mesin pencari seperti google dan lain-lainnya. 

Tugas-tugas SEO berikut merupakan sebagian dari banyaknya tugas-tugas yang akan dikerjakan oleh seorang SEO Specialist. Ingin tahu gak nih ada apa aja? Yuk kita simak dan belajar bareng-bareng!

Baca Juga:

Content Writer VS Copywriter

Perbedaan Antara SEO dan SEM

1. Riset Keyword 

Biasanya, seorang SEO Specialist mengurus keyword-keyword untuk dilakukan riset dan analisis lebih lanjut. Mengapa begitu ya? Karena keyword yang telah di reset akan digunakan dalam pembuatan artikel dan sebagainya. Kalau kamu pernah menjadi seorang SEO Specialist atau penulis artikel di sebuah perusahaan, pasti tahu deh!

Baca Juga:

10 Rekomendasi SEO Tools Terbaik dan Gratis

6 Tools Website Traffic Monitoring Terbaik

2. Install Plugin SEO WordPress 

WordPress biasanya digunakan untuk sistem pengunggahan artikel dan konten-konten lainnya yang akan di-publish dalam website perusahaan. Setelah itu, biasanya WordPress akan di install plugin SEO yang akan membantu berjalannya WordPress. Kamu sendiri sudah pernah mencobanya belum?

Baca Juga:

Cara Membuat Plugin WordPress Pertama Anda

7 Tips Optimasi SEO WordPress

3. Mengatur Link Permanen 

Yang dimaksud oleh link permanen itu apa sih? Link Permanen adalah link yang nantinya akan atau dapat disebarkan untuk publik akses. Contoh saja kamu ingin membagikan link artikel atau konten yang telah diunggah di website perusahaan. Pastinya kamu ingin link itu rapi dan tertata kalimat-kalimatnya. Maka dari itu, kamu harus mengatur link tersebut agar mudah terbaca dan tidak memiliki huruf, simbol ataupun angka yang acak-acak.

Baca Juga:

Pengertian dan Fungsi URL Permalink

Teknik dan Panduan Melakukan SEO

4. Tambahkan Situs ke Google Search 

Setelah tiga poin tersebut, saatnya untuk menambahkan konten artikel dan lain-lainnya ke situs Google Search. Hal ini dilakukan agar konten kamu dapat ditemukan di mesin pencari, contohnya disini adalah Google. Kamu pasti ingin kan konten kamu berada di halaman pertama pada mesin pencari?

Baca Juga:

Cara Memasarkan Produk di Google

8 Rekomendasi SEO Tools Youtube Terbaik

5. Mengerjakan Google Analytics 

Google Analytics pasti adalah salah satu tools atau perangkat yang digunakan seorang SEO Specialist. Kalau dibilang istilah, ini merupakan makanan sehari-hari profesi satu ini. Tanpa Google Analytics, kayaknya rasanya aneh aja ya untuk SEO Specialist bekerja, benar begitu bukan sih?

Baca Juga:

Pengertian Google Analytics dan Cara Penggunaannya

Perbedaan SEO On-page dan SEO Off-page

Jangan lupa nih tugas-tugasnya kalau ingin menjadi SEO Specialist untuk dipahami dan dikuasai sampai tuntas ya!

Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *