Tanggal:02 May 2024
shortlink

Kenali Shortlink serta Daftar Situs Penyedia Shortlink Terbaik 2022

Shortlink ialah salah satu penyelamat bagi afiliator yang tugasnya menyebarkan tautan terkait produk atau jasa yang ia sebarkan. Shortlink sendiri dapat merapikan dan mempersingkat tautan atau URL pada suatu situs, sehingga memudahkan penggunanya dalam mengakses situs tersebut. Ingin tahu lebih lanjut mengenai shortlink? Simak paparan berikut ini! 

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi URL Permalink

Apa itu Shortlink

shortlink

ilustrasi shortlink (sumber: unsplash)

Shortlink merupakan layanan yang menyediakan penyingkatan terhadap URL. Layanan ini kerap digunakan blogger untuk menyebarkan URL mereka pada pengguna. Hal ini akan memudahkan orang lain dalam mengingat URL yang biasanya berbentuk panjang dan tidak beraturan. 

Berdasarkan paparan tersebut, dapat terlihat juga bahwa link pendek merupakan usaha untuk merapikan URL yang cenderung berantakan agar mudah diakses oleh siapapun. Hal tersebut juga membuat distribusi konten pada situs terkait dapat lebih efisien dan efektif dibandingkan dengan sebelumnya. 

Selain itu, teknik mempersingkat URL dapat dijadikan ladang cuan. Hal ini dapat dilakukan dengan menautkan URL terkait dengan sebuah platform yang dapat mendeteksi jumlah klik dan interaksi pada URL. Teknik ini banyak dilakukan karena cara kerjanya yang cukup mudah dan cenderung efektif di era digital seperti ini. 

Meskipun tautan telah dipersingkat melalui platform tertentu, situs yang ditampilkan akan sama seperti sebelum dipersingkat. Tidak ada perubahan konten maupun isi dari situs tersebut. Hal yang membedakan hanya URL-nya yang lebih pendek dan singkat. 

Manfaat Penggunaan Shortlink 

Setelah menyimak pengertian dari shortlink, selanjutnya akan dibahas manfaat dari penggunaan shortlink. Sebagaimana paparan sebelumnya, link pendek digunakan untuk mempersingkat URL. Adapun manfaat lainnya yang terangkum dalam penjelasan berikut ini. 

Baca juga: Apa Itu Link? Pengertian, Fungsi, Dan Contoh

  1. Membuat URL menjadi lebih singkat 
  2. Menghindari spam karena URL afiliasi yang didistribusikan lebih beraturan dan singkat 
  3. Mampu mendeteksi jumlah klik dan interaksi pada tautan terkait 
  4. Melindungi tautan asli dari pemblokiran pada sistem akibat adanya traffic yang terlalu banyak di media sosial 
  5. Membantu memperoleh penghasilan tambahan 

Cara Kerja Shortlink 

ilustrasi cara kerja shortlink (sumber: pexels)

Beberapa penyedia layanan memendekkan URL disediakan secara gratis. Hal ini tentu memudahkan bagi blogger maupun afiliator dalam aktivitas distribusi online. Selain itu, tahap-tahap yang diperlukan dalam menyingkat URL tergolong mudah. Berikut ini langkah kerja dalam membuat link menjadi pendek. 

  1. Masuk ke website pemendek alamat URL 
  2. Masukkan alamat URL yang ingin dipendekkan ke dalam kolom yang disediakan 
  3. Selanjutnya, klik tombol konfirmasi  
  4. Setelah itu, pengguna biasanya diminta sekitar 5 detik untuk memproses pemendekan URL 
  5. Pengguna telah memperoleh URL yang lebih singkat

Apabila URL yang telah disingkat tersebut disebarkan ke media sosial, maka orang yang mengklik URL tersebut perlu melewati beberapa langkah, diantaranya: 

  1. Pengguna akan dialihkan ke situs berisi iklan yang biasanya muncul dari situs penyedia penyingkatan URL
  2. Kemudian, pengguna dapat mengklik pilihan skip atau X di dalam halaman yang akan muncul setelah 5 detik 
  3. Muncul pop up, seperti popcash dan poptm
  4. Pengguna perlu menutup pop up dan akan dialihkan pada situs yang dituju 
  5. Akhirnya, pengguna dapat menuju situs yang ingin dituju 

Dikarenakan hal tersebut, penggunaan layanan link pendek dapat berpotensi menyebarkan malware atau ancaman lainnya. Meskipun demikian, keberadaan link pendek ini dapat memudahkan berbagai aktivitas afiliasi maupun distribusi konten secara online dengan lebih efektif. 

Baca juga: Cara Membuat Safelink Di Blog Utama Dengan Mudah

Daftar Penyedia Shortlink Terbaik 

Berikut ini beberapa daftar penyedia link pendek yang dapat Anda gunakan dalam aktivitas afiliasi maupun distribusi konten online

1. Bitly 

Salah satu situs yang dapat memendekkan URL ialah Bitly. Selain mudah dalam registrasi pengguna, situs ini juga menyediakan akun gratis yang dapat digunakan pada 50 URL. Memudahkan sekali, bukan? 

2. TinyURL 

Situs ini telah menyediakan layanan mempersingkat URL sejak 2002. Kelebihan yang ditawarkan situs ini, seperti menyediakan layanan gratis dan situs yang telah dipersingkat dapat digunakan selamanya. Selain itu, Anda juga dapat memperpendek hanya melalui toolbar saja. Wow! 

3. Rebrandly 

Apabila Anda memiliki brand dan ingin menggunakan jasa perpendek URL, maka Rebrandly adalah jawabannya. Mereka menyediakan kustomisasi domain pribadi, sehingga akan memudahkan pemilik usaha dalam brand awareness produk maupun nama usaha yang dimiliki. 

4. BL.INK 

Sebagai penyedia link pendek, BL.INK menyediakan fitur lengkap dengan dashboard user friendly, seperti smart link yang akan merekomendasikan kata kunci yang tengah viral belakangan ini. 

5. T2M 

Selain menyediakan layanan penyingkat URL, situs ini juga menyediakan fitur lainnya, seperti mengecek statistika data, menganalisis performa link pendek, kustomisasi URL, mengatur masa kadaluarsa tautan, membagikan ke media lain, dan fitur lainnya. 

Selain beberapa situs tersebut, ada pula situs lain yang menyediakan layanan link pendek, seperti Yourls, Tiny.cc, atau Shorturl.at. Setiap situs tentu unggul dengan fiturnya sendiri dan bersifat memudahkan penggunanya dalam distribusi konten secara online

Baca selengkapnya: 9 Situs Memperpendek Link Gratis Dan Mudah

Demikian paparan mengenai shortlink yang memudahkan para blogger dan afiliator dalam aktivitasnya. Semoga paparan ini dapat membantu Anda dalam menemukan shortlink terbaik bagi usaha Anda. Jangan lupa simak artikel lainnya di vocasia.id/blog 

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *