Tanggal:21 July 2024

Pengertian Simple Past Future Tense Lengkap dengan Contoh Penggunaannya!

Bagaimana cara kamu untuk menyatakan masa depan dalam perspektif masa lalu dalam Bahasa Inggris? Rupanya past future tense adalah tense yang sangat sesuai dengan kondisi tersebut.

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Seperti namanya, past merupakan petunjuk untuk penggunaan kondisi masa lalu atau peristiwa yang telah terjadi di masa lampau.

Kemudian future menyatakan peristiwa di masa depan yang biasanya menggunakan kata “will” dalam kalimat. Namun, apa jadinya jika past dan future merupakan kesatuan? Penasaran bagaimana cara penggunaannya? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Cara Trading Saham bagi Pemula

Pengertian Simple Past Future Tense

Penjelasan Simple Past Future Tense. Sumber: unsplash.com

Past future tense atau mudahnya kita sebut dengan “future in the past” adalah salah satu tenses untuk menyatakan masa depan dari perspektif masa lalu.

Secara spesifik, jenis tense ini bisa digunakan untuk menyatakan berbagai kondisi yang akan dilakukan, baik secara sukarela maupun yang akan direncanakan, membuat prediksi, dan membuat janji di masa depan pada saat berada di masa lalu.

Tense ini sering digunakan dalam reported speech (kalimat tidak langsung). Secara sederhana, tense ini bisa digunakan untuk membuat kalimat pengandaian.

Selain itu, simple past future tense juga digunakan untuk menjelaskan peristiwa yang terjadi atau dilakukan secara berulang atau telah menjadi kebiasaan di masa lampau. Penggunaan kata “would” biasanya menunjukkan bahwa pembicara ingin sesuatu terjadi di masa depan, yang mungkin ataupun tidak mungkin menjadi kenyataan.

Baca juga: Manfaat Lomba untuk Mahasiswa

Beberapa fungsi dari tense ini akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Kesukarelaan

Simple past future tense merujuk sebuah aksi yang dilakukan dengan cara sukarela dengan adanya kata “would”. Contoh kalimat: I knew you would prepare all the things for the test. (Saya tau kamu akan mempersiapkan segala hal untuk tes tersebut)

2. Perencanaan

Tense ini juga dapat digunakan untuk menyatakan peristiwa yang direncanakan (was/were going to). Contoh kalimat: 

  • They said that they were going to visit New York. (Mereka mengatakan bahwa mereka akan mengunjungi New York)
  • I thought she was going to enroll in the course. (Saya pikir dia akan mendaftar kursus tersebut)

3. Menyatakan janji

Dalam merujuk aksi yang menyatakan janji juga dapat menggunakan tense ini dan biasanya menggunakan would. Contoh kalimat:

  • My boyfriend told me that he would come on time. (Kekasih saya mengatakan pada saya bahwa dia akan datang tepat waktu)
  • She promised she would give me a box of rainbow cake. (Dia berjanji dia akan memberi saya sekotak kue pelangi)

4. Prediksi

Fungsi terakhir yaitu untuk membuat prediksi atau bisa juga suatu pengandaian. Contoh kalimat:

  • My father had a strong feeling that the weather would be warm. (Ayah saya punya perasaan kuat bahwa cuaca akan hangat)
  • I thought that the authorities were going to investigate all allegations of fraud. (Saya pikir otoritas itu akan menyelidiki semua dugaan penipuan)

Baca juga: Ungkapan Sindiran dalam Bahasa Inggris

Rumus Simple Past Future

Cara Penggunaan Simple Past Future Tense. Sumber: unsplash.com

Kalimat positif

Terdapat 2 rumus untuk membuat kalimat pernyataan dalam past future tense antara lain sebagai berikut.

  • S + would + bare infinitive
  • S + was/were + going to + bare infinitive 

Kalimat negatif

  • S + would + not + bare infinitive 
  • S + was/were + not + going to + bare infinitive 

Kalimat interogatif

  • Would + S + bare infinitive? 
  • Was/were + S + going to + bare infinitive? 

Baca juga: Franchise Tahu Walik Camilan Khas Banyuwangi

Demikian penjelasan mengenai simple past future tense. Jika kamu dihadapi dengan kondisi yang mengharuskan untuk menyatakan suatu pengandaian, gunakan simple past future tense.

Selain itu, artikel ini juga banyak membahas tense lainnya yang dapat kamu temui dalam tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Vocasia adalah salah satu platform edukasi secara online yang bersertifikat dengan menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dan tentunya kamu berkesempatan untuk belajar bersama mentor-mentor berpengalaman!

Nikmati segala penawaran khusus di Vocasia berupa potongan harga untuk mengikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir dalam berbagai kemampuan! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Cara Mudah Belajar Sejarah

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *