Tanggal:29 February 2024

Pengertian VPS dan Kegunaannya

Pengertian VPS

VPS adalah server virtual yang digunakan untuk menyimpan data dan file di situs web. Biasanya VPS digunakan untuk website yang membutuhkan banyak resource. Karena pengguna tidak perlu berbagi sumber daya dengan situs web lain seperti shared hosting.

Ini karena VPS menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi server fisik menjadi beberapa sumber daya yang berbeda. Dengan sumber daya pribadi, kinerja situs web untuk pengguna server ini tidak akan terpengaruh oleh pengguna lain.

Server VPS adalah gedung apartemen jika Anda ingin membandingkannya. Dalam satu gedung terdapat unit-unit kondominium dengan fasilitas sendiri-sendiri. Dari kamar, furnitur, hingga elektronik di setiap unitnya.

Hal inilah yang menjadikan VPS sebagai server yang tepat bagi penyedia SaaS, pemrograman, pengembang game, dan perusahaan yang membutuhkan server dengan kapasitas besar, aman, dan terjangkau.

Baca juga: Kenali Bug dan Cara Mengatasinya!

Kegunaan VPS

1. Web Hosting

Salah satu fungsi VPS adalah sebagai web hosting atau tempat menyimpan data dan file website.

VPS menyediakan sumber daya yang sesuai untuk situs web dengan lalu lintas tinggi. Sumber daya yang dimaksud bisa dibilang tepat. Tidak terlalu besar harus menggunakan dedicated server, tapi juga tidak sekecil shared hosting.

Selain sumber dayanya, VPS menawarkan berbagai alat dan kerangka kerja tambahan yang dapat Anda instal. Misalnya, Ruby on Rails, Flask, Django, dll. Tools dan framework ini tentunya dapat membantu Anda menambah fungsionalitas dan memaksimalkan website yang Anda buat.

Semua kelebihan VPS ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang relatif murah. Apalagi jika dibandingkan dengan jenis layanan lain seperti cloud hosting atau dedicated server.

Baca juga: Apa itu Hosting Control Panel?

2. Game Server

VPS juga dapat berfungsi sebagai game server. Lewat server pribadi ini, Anda jadi bebas melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan game online, misal:

  • Menginstall game dan mengadakan sesi bermain game online dengan aturan sendiri.
  • Membuat koneksi khusus untuk bermain game agar tidak lag.
  • Menghindari campur tangan pihak ketiga agar privasi lebih terjamin;
  • Mendapatkan akses root untuk mengelola game server agar sesuai kebutuhan.

Namun, ada beberapa aspek teknis yang harus diperhatikan saat menggunakan VPS sebagai server game. Misalnya, layanan VPS yang Anda pilih harus memiliki prosesor yang cepat, ruang penyimpanan yang cukup, dan sumber daya yang cukup besar.

3. VPS sebagai Layanan VPN

VPN adalah jaringan pribadi yang terhubung ke Internet. Melalui jaringan ini, Anda dapat menyembunyikan identitas Anda saat mengakses Internet. VPN juga digunakan untuk membatasi akses orang dari jaringan Internet tertentu.

Inilah sebabnya mengapa VPN banyak digunakan oleh perusahaan atau organisasi. Tujuannya agar proses penyimpanan dan pertukaran data lebih aman. Dengan begitu, pengguna lain yang tidak memiliki akses ke VPN tidak dapat melihat data sensitif perusahaan.

Meskipun ada banyak layanan VPN gratis dan berbayar, membuat VPN di server VPS Anda sendiri mungkin merupakan opsi yang lebih aman. Karena, Anda mengelola dan menyimpan data Anda sendiri. Tidak seperti VPN pihak ketiga, meskipun aman, masih ada potensi untuk membocorkan data ke pihak lain.

4. Mengembangkan dan Menguji Aplikasi

Dengan menggunakan Virtual Private Server, Anda bisa menginstal semua tools yang diperlukan. Misal jika Anda tertarik membuat aplikasi berbasis Windows, Anda bisa menginstall Silverlight, framework .NET, dan SQL. Sebaliknya, jika tertarik ke aplikasi Linux, Anda bisa pasang PHP atau Ruby on Rails. Semuanya ada.

Selain itu, VPS juga membantu Anda melakukan pengujian aplikasi sebelum diluncurkan. Berbekal hosting VPS KVM, Anda bebas membuat ruang-ruang khusus di dalam VPS dan menginstall aplikasi yang sama di sana.

Dari situ, Anda bisa melakukan modifikasi apps di ruang yang berbeda, melakukan testing, mengidentifikasi bug, sampai menemukan cara untuk memperbaikinya.

Baca juga: Keunggulan dan Kekurangan pada Sistem Operasi Linux

5. Backup Data

Fitur VPS yang terakhir adalah backup data. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, semua server rentan terhadap kehilangan data. Entah karena file tersebut rusak, terhapus, salah konfigurasi, atau bahkan diretas.

Baca juga: Pengertian DNS Dan Cara Kerjanya!

Kursus MySQL dan Kursus PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *