Tanggal:19 May 2024

3 Jenis Word Order Agar Susunan Kalimat Bahasa Inggris Tersusun dengan Baik!

Dalam bahasa Indonesia, kita mengenal adanya suatu susunan kata yang mutlak dan harus dipatuhi saat membuat sebuah kalimat. Ternyata, bahasa Inggris juga ada lho susunan kata yang berfungsi dalam pembuatan kalimat!

Struktur kalimat umumnya ditulis dengan rumus subject+verb+object yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai word order. Apa fungsi word order hanya untuk kebutuhan menyusun kalimat? Apa saja jenis word order? Mari simak artikel ini sampai akhir, ya!

Baca Juga: Persiapan Tes Psikotes

Pengertian Word Order

Pengertian Word Order. Sumber: pexels.com

Word order atau susunan kata dalam pembentukan kalimat selalu terdapat dalam berbagai bahasa, walaupun dalam penggunaannya tiap bahasa memiliki susunan kata yang berbeda.

Oleh sebab itu, susunan kata atau word order dalam kalimat ini berfungsi untuk memberikan keunikan tersendiri dari tiap bahasa.

Word order dalam bahasa Inggris adalah sebuah susunan kata secara baku untuk membentuk sebuah kalimat berbahasa Inggris yang memiliki makna utuh.

Kamu dapat mengambil contoh kalimat ungkapan “I miss you” yang tersusun dengan susunan subject + verb + object (SVO) yang akhirnya memiliki arti untuk digunakan. Jika kalimat ungkapan tersebut dibalik susunannya, kata tidak akan memiliki arti sama sekali.

Baca Juga: Rekomendasi Kursus Bahasa Korea Online

Pola kalimat SVO dalam bahasa Inggris merupakan salah satu pola yang umum dan mendasar untuk digunakan. Namun, ada bagian lain yang memiliki peranan penting dalam kalimat bahasa Inggris antara lain direct objects dan indirect objects, adverb atau adverb phrases.

Berdasarkan hal tersebut, dalam bahasa Inggris ada susunan lain selain SVO seperti SVOI (Subject, Verb, Object, Indirect Object) dan SVOA (Subject, Verb, Object, Adverb). Simak penempatannya di bawah ini. 

Direct Object dan Indirect Object

Melansir dari Cambridge Dictionary, bentuk ekspresi dalam menerima sesuatu bisa menggunakan susunan kata yang tipikal dengan direct object (do) dan juga indirect object (io). 

Penempatan io dan do bisa berpengaruh pada arti kalimat. Oleh sebab itu, io dan do bisa ditempatkan depan atau akhir kalimat.

Indirect object berada setelah direct object jika dalam kalimat tersebut menggunakan preposition “to”. (The teacher gave some homework to the child.)

Indirect object berada di depan direct object, preposition “to” harus dihilangkan. (The teacher gave the child some homework.)

Adverbs dan Adverb Phrases 

Berikut ada tiga cara menempatkan adverbs (kata tunggal) dan adverb phrases (kelompok kata yang biasanya terbentuk dengan awalan preposition) dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

    • Sebelum subject, contoh kalimat: At the end of May, the weather was rather cold 
    • Setelah object, contoh kalimat: The girl wrote a letter on her notes in the bus
    • Di tengah verb group, contoh kalimat: The boy has already written his letter 

Baca Juga: 8 Elemen Komunikasi Massa Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui susunan lain dalam word order, simak juga beberapa jenis susunan kata dalam bahasa Inggris untuk membuat kalimat memiliki arti sepenuhnya.

1. Subordinate Clauses

Dalam  subordinate clauses, word order memiliki bentuk yang sama dengan simple affirmative sentences. Dalam hal ini, conjunctions sering digunakan diantara 2 klausa.

Contoh: I will tell you the secret at school tomorrow because I don’t have time now. (Aku akan menjelaskan rahasianya di sekolah besok karena aku tidak memiliki waktu sekarang.)

2. Position of Time Expressions

Position of time expressions merupakan word order dengan keterangan waktu seperti: now, recently, yesterday, etc.

Dalam hal ini adverbs of time umumnya diletakkan di akhir kalimat. Namun, jika tidak ingin menekankan keterangan waktu dalam kalimat, maka adverbs of time diletakkan di awal kalimat. Contoh kalimat: I will tell you the secret tomorrow. (Aku akan menjelaskan rahasianya besok.)

3. Inverted Word Order

Inverted word order adalah di mana verb muncul sebelum subject. Berikut di bawah ini macam-macam klausa atau kalimat yang mengalami inverted word order.

A. Conditional clause

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris yang biasanya menggunakan ‘if’ pada awal kalimat, tetapi kata ‘if’ tidak digunakan dalam bentuk inverted. Contoh kalimatnya sebagai berikut. 

Had I done my homework, I would have been able to play now

Normal word orderIf I had done my homework. I would have been able to play now

B. Declarative sentens

Kalimat yang dimulai dengan negative atau restrictive word seperti: not only, hardly, barely, scarcely, never, rarely, dan no sooner.

Never have I seen such a beautiful place

Normal word orderI have never seen such a beautiful place. 

C. Wh-question

Word order jenis ini berupa pertanyaan yang diawali dengan wh-word yakni what, where, when, why, which, who, whom, whose, atau how yang berfungsi untuk menanyakan object.

What can I do for you?

Susunan kalimatnya yaitu What (O) can (V) I (S) do (V) for you? 

Baca Juga: Apa itu Alat Musik Harmonis Modern

Itu dia 3 jenis word order dalam bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan dalam suatu kalimat agar tersusun dengan baik. Klik tautan berikut untuk membaca artikel menarik lainnya untuk dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuanmu. 

Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Pelatihan tersebut akan membantu kamu dalam mengukur seberapa jauh penguasaan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Tunggu apalagi! Segera ikuti untuk dapatkan banyak penawaran diskon kursus sampai dengan 80%! 

Baca Juga: Pekerjaan yang akan Hilang di Masa Depan

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *