Tanggal:18 May 2024

Cara Tepat Penggunaan Article A, An, dan The dalam Kalimat Bahasa Inggris

Apakah kamu sering kebingungan saat menyebutkan kata “the cat” atau “a cat” dalam Bahasa Inggris? Jika ya, artikel ini akan membahas lebih lanjut penggunaan a, an, dan the yang digunakan dalam suatu kalimat. 

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Penggunaan a, an, dan the dalam Bahasa Inggris dapat digunakan untuk benda yang sama, hanya situasinya saja yang berbeda untuk mengetahui kapan waktu yang tepat menggunakan a, an, dan the.

Kata a, an, dan the adalah jenis kata artikel yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu definite dan indefinite. Kata the termasuk definite, yang berarti sudah pasti. Sedangkan kata a dan an termasuk indefinite, yang berarti tidak pasti atau secara general. 

Kamu menggunakan the saat ingin menyatakan suatu hal yang pasti, sementara a dan an digunakan saat ingin menyatakan suatu hal yang sifatnya umum atau general. Simak penjelasannya secara lengkap di bawah ini, yuk!

Baca juga: Penggunaan as dalam Bahasa Inggris

Penggunaan A, An, The pada Bahasa Inggris

Penggunaan Articles A, An, The. Sumber: pexels.com

Dalam Bahasa Inggris, untuk mengidentifikasi bahwa benda tersebut tunggal (singular) dapat digunakan articles a atau an di depan kata benda (pada umumnya). Selain itu, indefinite articles dapat digunakan untuk menyatakan suatu benda berjumlah tunggal yang mana tidak kita ketahui.

Penggunaan article a digunakan sebelum kata benda yang berawalan huruf konsonan atau diucapkan seperti huruf konsonan seperti a lecture, a bottle, a bag, a dish, a university (re: yooneversede), etc. 

Article an digunakan dengan kata yang berawalan huruf vokal atau diucapkan seperti huruf vokal seperti an orange, an idea, an hour (re: ouer), etc.

Ketahui bahwa tidak semua kata benda yang berawalan konsonan memiliki pengucapan yang serupa dengan huruf konsonan pada umumnya. Misalnya pada kata a university (re: yooneversede) dan an honest (re: anest) diawali dengan huruf konsonan, namun dibaca dan didengarkan seperti berawalan huruf vokal dan sebaliknya. 

Baca juga: Penggunaan as if dan as though

Berikut contoh kalimat penggunaan a dan an dalam suatu kalimat.

  • I saw a plane today.
  • I had an omelette for my lunch.
  • He ordered a dessert inside the restaurant.
  • Do you have a paper?
  • I need an hour to make the cookies.

Baca juga: Cara Bisnis Jajanan Ringan

Setelah mengetahui perbedaan penggunaan a dan an, mari simak penggunaan article the dalam suatu kalimat bahasa Inggris.

Kata the sebagai definite article biasanya digunakan untuk menunjukkan kata benda  atau noun yang spesifik dalam bentuk singular ataupun plural.

Contoh penggunaan the dalam kalimat Bahasa Inggris dapat dituliskan sebagai berikut.

  • The candy is so yummy.
  • Kediri is one of the cities in East Java.
  • Ghina buy a new car. The car is very expensive.
  • The money on the desks belongs to Marsha.
  • Turn off the laptop if you have finished your work.

Baca juga: 5 Aplikasi Layanan Penyimpanan Foto

Itu dia cara penggunaan a, an, dan the yang digunakan dalam suatu kalimat Bahasa Inggris. 

Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa juga ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu dapat menemukan pembelajaran yang dapat meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris hanya dengan klik tautan berikut

Vocasia adalah platform online yang menyediakan berbagai kursus online dan dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis! Tunggu apalagi, nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai pelatihan agar skill dan pengetahuan kamu makin meningkat! 

Baca juga: Apakah Bahasa Inggrisnya THR

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *