Tanggal:18 May 2024

7 Cara Penggunaan ‘As’ yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

Dalam menggunakan Bahasa Inggris, kata-kata seperti for, as, because, but, and, or, if, although termasuk ke dalam kelompok conjunction. Conjunction sebagaimana yang kita ketahui merupakan kata hubung yang digunakan dalam suatu kalimat. 

Salah satu contoh dari conjunction adalah as. Untuk memahami penggunaan conjunction as dalam suatu kalimat, yuk simak penjelasan artikel di bawah ini.

Baca juga: Kosakata Nama Hewan dalam Bahasa Inggris

Penggunaan ‘As’  dalam Bahasa Inggris

Cara Penggunaan Konjungsi ‘As’. Sumber: pexels.com

Dalam bahasa Inggris, conjunction terdiri dari tiga jenis di antaranya coordinating conjunction, correlative conjunction, dan subordinating conjunction. Salah satu kata hubung as termasuk ke dalam subordinating conjunction yaitu yang menghubungkan antara anak kalimat dan induk kalimat. 

Apabila dalam suatu kalimat tidak menggunakan kata hubung as, maka salah satu kalimat akan sulit untuk dimengerti ketika kalimat tersebut berdiri sendiri. As dalam Bahasa Indonesia sendiri memiliki arti ‘seperti’. 

Selain as, dalam subordinating conjunction juga terdapat while, whether, where, before, how, since, because, after, then, although/though/even though, dan until. Penggunaan as dalam suatu kalimat juga dapat merubah klausa, lho! Sudah tahu penggunaannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Seberapa Pentingkah Fungsi RAM pada Kinerja PC dan Laptop

1. As digunakan sebagai klausa untuk menyatakan alasan

Conjunctionas‘ digunakan sebagai pengganti alternatif dari kata because. Namun, hanya terjadi ketika alasan dari suatu kejadian yang ingin dikatakan sudah diketahui atau memiliki pembuktian. Dalam menggantikan kata because, as seringkali diletakkan di awal kalimat sehingga memberikan penekanan pada alasan atau paparan informasi. Contoh kalimat:

As the mid tests coming, I think it’s a good idea to review the lesson.” Artinya, karena ujian tengah semester akan datang, saya pikir ide yang bagus untuk meninjau ulang pembelajaran

2. As digunakan sebagai Klausa Waktu

Dalam hal ini, as digunakan untuk menerangkan jika sesuatu terjadi di waktu yang bersamaan. Berdasarkan hal tersebut, as dapat dijadikan pengganti alternatif untuk mengatakan when ketika ingin membandingkan peristiwa singkat yang terjadi dalam periode waktu yang sama. Contoh kalimat:

He came to the house just as the sun was rising.” Artinya, dia datang rumah tepat saat matahari terbit.

3. As digunakan sebagai Klausa untuk Menyatakan Proporsi

Untuk menyatakan sebuah proporsi yang berhubungan dengan kejadian dalam periode waktu yang sama. Hampir mirip dengan contoh sebelumnya, hanya saja as pada klausa proporsi tidak mengandung arti ketika atau saat, melainkan bermakna seiring. Contoh kalimat:

As prices rose, the demand for higher salaries also became more increase” Artinya, seiring harga naik, permintaan untuk gaji yang lebih tinggi juga menjadi lebih meningkat.

4. As digunakan sebagai Kata Perbandingan Benda atau Orang

Kata ‘as‘ juga bisa digunakan sebagai comparison atau perbandingan baik dalam membandingkan orang maupun benda. Contoh kalimat:

My house is as big as yours.” Artinya, rumahku sebesar milikmu.

5. As digunakan sebagai Penjelas Pekerjaan Seseorang

Kata ‘as‘ juga bisa kamu gunakan sebagai penjelas pekerjaan seseorang. Contoh kalimat:

I used to work as a graphic designer.” Artinya, saya dulu bekerja sebagai desain grafis.

6. As digunakan sebagai Kata Depan

Kata ‘as‘ digunakan sebagai kata depan dalam keadaan ketika kita ingin menghindari menggunakan kata kerja ‘to be’. Namun, bukan berarti penggunaan ‘as‘ dan ‘to be’ selalu memiliki arti yang sama. Contoh kalimat:

As a content writer, I am always interested in people’s thoughts.” Artinya, sebagai penulis konten, saya selalu tertarik dengan pikiran orang-orang.

7. As sebagai Kata Penjelas Fungsi dari Suatu Benda

Menjelaskan fungsi dari suatu benda atau alat tertentu juga bisa menggunakan kata ‘as’. Contoh kalimat:

I barely know that I can use my smartphone as a tracker.” Artinya, saya hampir tidak tahu bahwa saya dapat menggunakan ponsel pintar saya sebagai pelacak.

Baca juga: Jenis Pekerjaan yang Tidak akan Hilang pada Revolusi Industri 4.0

 

Contoh Kalimat Penggunaan Conjunction ‘as’

Simak beberapa contoh kalimat di bawah ini yang akan memudahkan kamu dalam mempelajari penggunaan conjunction as dalam suatu kalimat.

  • You say as you doing everything. (Kamu berkata seperti kamu melakukan semuanya.)
  • He walks is very slow as his mother. (Dia berjalan sangat lambat seperti ibunya.)
  • I am smart as my mother. (Aku pintar seperti ibuku)
  • The view is very beautiful as on the mountain. (Pemandangannya sangat indah seperti di atas gunung)
  • She cooks as a chef. (Dia memasak seperti seorang chef.)
  • She has good voices as her brother. (Dia memiliki suara yang bagus seperti kakaknya)
  • The poetry is very beautiful as a the dictions. (Puisinya sangat indah seperti pemilihan katanya.)
  • You look at me as a queen. (Kamu melihatku seperti ratu.)

Baca juga: Arti Fungsi dan Pedoman Penulisan Intro Feature

Itu dia penggunaan conjunction as dalam suatu kalimat. Kamu dapat mempelajari ini untuk meningkatkan kemampuanmu dalam berbahasa Inggris.

Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa juga ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu dapat menemukan pembelajaran yang dapat meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris hanya dengan klik tautan berikut

Vocasia adalah platform online yang menyediakan berbagai kursus online dan dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis! Tunggu apalagi, nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai pelatihan agar skill dan pengetahuan kamu makin meningkat! 

Baca juga: Cara Budidaya Hamster

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *