Tanggal:28 April 2024
cemas dalam berkomunikasi karena perbedaan latar belakang - @istock

Pekerjaan Dengan Gaji Kecil, Ada Apa Aja Ya?

Dalam dunia kerja, kita pastinya akan selalu mengharapkan imbalan atas pekerjaan yang sudah kita kerjakan. Contohnya saja setiap bulannya, setelah selama sebulan, upah atau imbalan yang kita inginkan biasanya terbayar pada akhir atau awal bulan dalam sebuah nominal uang yang ditentukan pada saat penerimaan kerja di awal. Lalu, apakah penting besar kecilnya nominal tersebut? Tentu saja! 

Untuk kamu yang mungkin tidak mementingkannya karena belum begitu membutuhkan dan mengandalkannya untuk kamu hidup, bagi yang lain mungkin tidak. Mereka yang sangat membutuhkan pasti sangat mengandalkan gaji untuk hidup. Di Indonesia sendiri, banyak sekali pekerjaan-pekerjaan yang memiliki gaji terbilang kecil. Kira-kira ada pekerjaan apa saja ya? Yuk kita lihat bareng-bareng! 

1. Supir Taksi 

Pada era tahun 2000-an, mungkin taksi merupakan salah satu transportasi umum yang sering digunakan oleh banyak orang. Tetapi seiring berjalannya waktu sejak itu sampai saat ini, mulai banyak transportasi via online yang sangat mudah untuk diakses oleh banyak orang. Contohnya saja perusahaan-perusahaan seperti Uber, GO-JEK, dan Grab. Mereka membantu sekali masyarakat untuk menggunakan transportasi dengan cepat, mudah, dan praktis. Hal ini membuat taksi konvensional yang biasanya digunakan sudah jarang mendapatkan pelanggan seperti dulu. Hal ini juga imbas kepada supir-supir taksi.

2. Satpam 

Kalau kamu pikir pekerjaan yang satu ini sangat mudah, berarti kamu belum pernah mencobanya. Banyak waktu luang yang dimiliki seorang satpam karena pekerjaan mereka hanyalah menjaga suatu bangunan seperti kantor, rumah dan sebagainya. Tetapi mereka harus selalu siap siaga dan tidak boleh lengah sedetik-pun. Masih memikirkan bahwa pekerjaan satpam itu mudah? Selain itu, gaji mereka yang juga kecil, walaupun banyak sekali peminatnya dan juga lowongannya.

3. Salesman 

Sebagai seorang Salesman, kamu akan merasakan tekanan yang sangat tinggi dengan gaji atau upah yang sangat kecil. Pekerjaan ini memang sangat menjanjikan di masa depan, tetapi kamu juga harus memikirkan aspek-aspek lainnya, seperti tekanan yang sangat tinggi dari atasan dan perusahaan. Penjualan adalah kunci nomor satu dalam Salesman. Jadi, pastikan kamu bisa menahan rasa tekanan tersebut ya!

4. Wartawan 

Kerja hampir setiap hari dan 24/7 membuat seorang wartawan sangat dedikasi banget dengan pekerjaanya. Bayangkan saja, jika sedang ada berita breaking news yang harus diliput, mereka harus selalu siap dan cepat untuk meliputnya, agar tidak tertinggal dengan kompetitor dan menyalurkan berita dengan cepat. Tetapi sayangnya, ternyata gaji seorang wartawan masih terbilang pas-pasan. Padahal, pekerjaan mereka harus patut diapresiasi dengan segala kecepatan dalam meliput sebuah berita.

5. Guru 

Seorang guru di tingkat menengah pertama dan atas memang memiliki banyak tanggung jawab atas pekerjaannya. Tidak hanya mengajar, tetapi mereka harus membimbing secara sikap dan disiplin yang harus mereka tanami di setiap siswa dan siswi. Bayangkan saja, mereka harus mengajar dua hal tersebut secara bersamaan, pasti sangat tidak mudah untuk seorang guru menjalaninya. Sayangnya, mereka masih tergolong sebagai pekerjaan yang digaji kecil. Mungkin kamu sebagai murid, bisa mempertimbangkan jika seorang guru sedang mengajar, agar mereka merasa dihargai dan tidak harus marah-marah saat murid-muridnya bertingkah.

6. Office Boy

Petugas kebersihan yang ditempatkan di gedung kantoran, sekolah, hingga di jalanan merupakan orang-orang yang sangat mulia. Mereka selalu siap untuk membersihkan kotoran yang perlu dibersihkan agar kembali bersih dan nyaman untuk digunakan oleh banyak orang. Tetapi, mereka masih memiliki gaji yang sangat kecil untuk diupahi. Bayangkan saja kalau pekerjaan mereka dibilang tidak bersih dan lainnya, pasti mereka akan kena tegur hingga dipecat. Bisa-bisa, mereka akan jatuh sakit hingga stres berat.

Setelah melihat pekerjaan-pekerjaanya, bagaimana pendapat kamu nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *