Tanggal:23 July 2024

Jangan Bingung ! Berikut Penyebab Layar Hp Tidak Bisa Disentuh dan 7+ Cara Mengatasinya

Handphone merupakan salah satu benda yang tidak bisa dipisahkan oleh manusia di zaman sekarang. Karena dengan HP-lah manusia dapat melakukan berbagai aktivitas seperti komunikasi, sebagai media hiburan, dan juga bahkan sebagai alat untuk bekerja atau menjalankan bisnis. Handphone model sekarang yang kebanyakan berbentuk layar tanpa keyboard (touchscreen), membuat penggunanya harus pintar merawat benda tersebut termasuk bagian layar. 

Mungkin seringkali layar HP luput dari perawatan, padahal bagian ini tidak kalah penting dengan fitur HP lainnya yang ketika rusak atau eror. Tentu kita tidak bisa menggunakannya karena cara mengoperasikan HP tersebut memang melalui layar tersebut. Screen pada smartphone berfungsi agar penggunanya bisa berinteraksi dengan aplikasi, fitur, sistem operasi, dan semua fungsi lainnya. Salah satu masalah yang bisa terjadi smartphone yaitu tidak berfungsinya layar atau screen.

Beberapa Penyebab Eror Pada Layar HP

Baca juga: Lupa Pola HP? Ini Dia 5 Cara Membuka Pola HP Yang Lupa!

Smartphone terjatuh atau terkena benda berat

HP terjatuh (sumber: Pexels)

Mungkin smartphone kamu sering terjatuh. Dan pada saat kejadian ini, bisa jadi di bagian HP yang terkena benturan adalah layarnya. Setelah terjatuh, lebih baik segera cek kondisi HP tersebut. Jika tidak ada kerusakan maka layar bisa kembali berfungsi. Karena bisa jadi kerusakan terjadi di bagian lain seperti LCD.

Selain terkena benturan keras saat terjatuh, layar HP bisa saja rusak karena tertekan benda yang berat. Salah satu penyebabnya yaitu tempat penyimpanan HP yang sembarangan. Selain menyulitkan pengguna dalam mencari HP, penyimpanan HP di tempat yang sulit bisa juga menyebabkan layar lebih rentan rusak. Hal ini berakibat pada layar yang tidak bisa disentuh karena terkena tekanan benda berat.

Hp terkena air

HP terkena hujan (sumber: Pexels)

Penyebab klasik dari kerusakan layar HP yaitu terkena air. Hal ini bisa terjadi karena kecerobohan si pengguna atau ketidaksengajaan, misalnya terkena hujan. Pada perangkat handphone yang tidak tahan air, akan sangat rentan mengalami kerusakan saat terkena air hujan atau tercebur ke dalam benda cair. Bahkan bisa juga menyebabkan fitur HP lainnya juga akan mengalami kerusakan.

Terlalu lama digunakan 

HP yang digunakan terus menerus (sumber: Pexels)

Smartphone juga memiliki jangka waktu tertentu dalam penggunaannya, termasuk juga HP. Karena HP yang sudah terlalu lama dan sering digunakan dapat mengakibatkan berbagai kerusakan termasuk masalah layar. Oleh karena itulah, HP juga membutuhkan waktu untuk beristirahat agar kinerjanya tetap stabil.

Hal ini juga bisa terjadi karena HP tersebut sudah sangat lama digunakan. Suatu HP biasanya memiliki rentang waktu penggunaan sekitar tiga tahun, yang kemudian akan mengalami berbagai kendala. Hal ini dapat membuat performa HP menurun termasuk juga pada layar

RAM sudah penuh 

Kapasitas RAM yang terbatas (sumber: Pixabay)

Dalam sebuah smartphone, terdapat dua komponen penting yang bernama RAM dan ROM. RAM adalah tempat untuk aplikasi yang ada di smartphone. Maka lebih baik jika menggunakan aplikasi yang memang dibutuhkan saja agar RAM tidak penuh. 

Penuhnya kapasitas RAM, akan berdampak pada beberapa fitur yang ada di HP. Salah satunya yaitu tidak berfungsinya layar ketika digunakan.

Pengisian daya yang salah  

Charger yang tidak sesuai (sumber: Pexels)

Memang jika membeli sebuah HP, biasanya juga termasuk dengan charger-nya. Dalam hal ini, keorisinilan charger sangat perlu diperhatikan karena menggunakan charger yang sembarangan untuk mengisi daya HP tidak disarankan. Karena bisa berpotensi merusak komponen HP apabila charger tersebut bukan charger orisinil atau bawaan HP. Dan akhirnya dapat menyebabkan pada performa layar yang tidak maksimal. 

Nah dari beberapa kasus diatas, cukup merepotkan bukan? Apalagi jika kita sudah terlanjur bergantung pada penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Tapi tenang, sebelum kamu membawa permasalahan ini ke tempat servis, maka kamu bisa menggunakan cara yang manual agar persoalan layar HP ini bisa teratasi. 

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 6 Cara Mengatasi Layar HP Retak

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Disentuh.

Muat ulang ponsel

Terkadang HP memang sedikit sulit merespon sentuhan layar oleh penggunanya. Cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi hal ini yang kemungkinan bukan hal serius adalah memuat ulang ponsel. Bisa jadi hal tersebut terjadi karena ponsel yang mengalami panas yang berlebih. Perlu diketahui bahwa beberapa layar HP tidak dapat berfungsi secara optimal jika suhu yang terlalu tinggi. Jadi, memuat ulang ponsel bertujuan untuk mendinginkan ponsel.


Membersihkan layar 

Screen yang eror, bisa jadi karena terdapat kotoran yang menempel pada layar HP dan menyebabkan beberapa masalah pada layar. Mungkin kasus ini terdengar sepele, namun touchscreen memang kurang responsif karena banyaknya kotoran yang menempel di layar tersebut, sehingga membutuhkan effort lebih untuk menggunakannya. Cara membersihkan layar HP cukup sederhana yaitu menggunakan kain yang lembut atau tisu dengan sedikit air lalu sampan perlahan pada permukaan layar. 

Melepas anti gores

Jika memang setelah membersihkan layar tapi HP tersebut belum ada respon, maka cara selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu melepas anti gores. Karena dengan adanya anti gores atau tempered glass, ini akan membuat lapisan layar hp semakin tebal dan dapat menghalangi respon sentuhan tangan sehingga layar tersebut sulit untuk menangkap sensornya. Jadi, jika memang layar HP bermasalah hal ini bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Tekan dengan lembut setiap sudut HP 

Cara ini tepat dilakukan untuk mengatasi HP yang baru saja terjatuh. Ponsel yang telah terkena benturan akan mengakibatkan sejumlah material menjadi longgar dan tidak berfungsi. 

Cara ini cukup mudah dilakukan, yaitu dengan menekan bagian layar yang longgar atau biasanya pada sudut-sudut layar secara hati-hati agar tidak mengakibatkan kerusakan di bagian lain. 

Mengganti charger HP 

Seperti yang telah dibahas di atas bahwa salah satu penyebab rusaknya layar HP adalah karena pengisi daya yang tidak cocok. Hal ini dapat terindikasi ketika HP tidak bisa digunakan pada saat pengisian daya. Namun ketika pengisi daya tersebut dilepas, HP akan kembali normal dan bisa digunakan. Maka, solusi yang bisa digunakan untuk kasus seperti ini adalah mengganti charger HP yang lebih baik menggunakan pengisi daya yang orisinil.

Mengaktifkan safe mode di HP 

Safe mode ini dilakukan ketika layar HP tidak responsif karena suatu program atau aplikasi yang baru saja diunduh. Dengan mengaktifkan fitur safe mode ini, maka kamu dapat menggunakan smartphone tanpa aplikasi yang berbahaya. Setelah layar HP berfungsi kembali, maka segera hapus aplikasi atau program yang baru saja diunduh karena salah satu penyebab error-nya touchscreen HP adalah apa yang telah diunduh tersebut berbahaya bagi HP. 

Baca juga: Sudah Tahu Cara Menghilangkan Embun Di Kamera HP ? Berikut Penjelasannya!

Mengganti touchscreen HP

Berhubung fitur yang bermasalah pada HP adalah layarnya maka salh satu solusi yang bisa dilakukan adalah mengganti layar sentuh handphone. Penggantian touchscreen HP ini bisa dilakukan sendiri maupun mengandalkan layanan service. Tapi bagi seseorang yang kurang ahli atau takut untuk memasangnya sendiri, maka bisa membawanya ke toko resmi HP tersebut. 

Menggunakan perintah suara atau wajah

Jika semua solusi di atas belum juga berfungsi pada kerusakan layar HP, maka pengguna masih dapat menggunakan smartphone melalui perintah suara. Setiap vendor smartphone umumnya memberi smartphone mereka dengan asisten virtual. Selain menggunakan asisten virtual dari vendor, pengguna juga bisa memanfaatkan asisten virtual yang dimiliki oleh Google bernama Google Assistant. 

Pergi ke layanan service

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi tidak berfungsinya layar HP adalah dengan mengunjungi layanan service center. Alangkah lebih baik jika pengguna mengunjungi toko atau service yang resmi dari ponsel agar mendapatkan suku cadang yang orisinil.

Nah itulah tadi beberapa hal yang perlu kamu ketahui ketika menemui masalah dengan layar HP-mu. Untuk kamu yang membutuhkan informasi lain dari dunia gadget atau teknologi lainnya, kamu bisa mengunjungi blog Vocasia yang akan membantumu menggali informasi dan tips lainnya hanya di sini. 

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *