Tanggal:05 May 2024

Peran dan Fungsi Bahasa Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui!

Upaya menumbuhkan jiwa nasionalisme bagi kaum muda dan pelajar bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah pemahaman terhadap kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia. Dalam hal ini, kedudukan Bahasa Indonesia telah diketahui sebagai bahasa Nasional dan bahasa Negara.

Kursus online IELTS Vocasia

Dengan mengetahui berbagai peran dan fungsi Bahasa Indonesia juga menjadi upaya menumbuhkan kecintaan terhadap Bahasa Indonesia. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai peran dan fungsi Bahasa Indonesia yang perlu kamu ketahui!

Baca juga: Perbedaan Parenting ala Barat dan Timur

Peran Bahasa Indonesia

Peran Bahasa Indonesia. Sumber: unsplash.com

Berdasarkan buku Khazanah Antropologi (2009), bahasa termasuk sistem lambang yang terbentuk atas unsur-unsur bunyi yang diucapkan manusia dan dipakai secara timbal balik. 

Kemampuan manusia juga didasarkan pada bahasa yang digunakan. Sekalipun binatang memiliki kemampuan untuk memberikan simbol atau tanda sebagai alat komunikasi, hal tersebut tidak dianggap sebagai bahasa. 

Dari bahasa ini, manusia mampu mengucapkan yang bertujuan untuk berinteraksi dengan sesamanya. Jadi, fungsi utama bahasa yaitu untuk memenuhi kebutuhan komunikasi antara sesama manusia. 

Dalam kehidupan manusia, bahasa terkait dengan perkembangan budaya yang dipengaruhi oleh tiga faktor untuk menunjukkan peran bahasa sebagai perkembangan budaya. Apa saja ketiga peran tersebut? Temukan jawabannya di bawah ini!

Baca juga: Franchise Sel-Sel Cheese Tea

1. Bahasa sebagai Unsur Budaya

Untuk memahami perkembangan sebuah kebudayaan, terlebih dahulu perlu diteliti perkembangan bahasa dalam masyarakatnya karena setiap aktivitas dalam kehidupan manusia mengandung unsur bahasa di dalamnya. 

2. Bahasa sebagai Penanda Stratifikasi Sosial

Bahasa menunjukkan pola hubungan dan stratifikasi sosial di suatu masyarakat. Misalnya, dalam Bahasa Jawa, anak menggunakan bahasa Jawa krama (bahasa halus) jika berbicara dengan orang tua. Ketika bercakap dengan teman sebayanya menggunakan bahasa ngoko (bahasa kasar). Hal tersebut juga dapat ditemukan dalam contoh bahasa lainnya yang melihat adanya penggunaan yang didasarkan pada aspek tertentu untuk menandakan perbedaan stratifikasi sosial. 

3. Bahasa sebagai Simbol Budaya Suku Bangsa

Hal ini dibuktikan melalui kehadiran dialek atau logat bahasa yang beragam dari berbagai suku bangsa yang disebabkan oleh adanya perbedaan secara geografis dan pelapisan lingkungan sosial antarsuku bangsa dalam kehidupan masyarakat.

Baca juga: Pengertian dan Tujuan Pelatihan Kerja pada Karyawan

 

Fungsi Bahasa Indonesia

Peran dan Fungsi Bahasa Indonesia. Sumber: unsplash.com

Umumnya dalam kehidupan masyarakat, fungsi utama bahasa adalah sebagai alat komunikasi. Namun, bahasa juga bisa memiliki sejumlah fungsi lainnya sebagai berikut. 

Baca juga: Jenis-jenis Iklim di Dunia

1. Bahasa sebagai Alat Ekspresi Diri 

Penggunaan bahasa yang digunakan oleh seorang penutur adalah untuk mengekspresikan sesuatu atau perasaannya. Lebih luas lagi, bahasa digunakan untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Begitu pun fungsi penggunaan Bahasa Indonesia untuk mengekspresikan diri bagi para penuturnya.  

2. Bahasa sebagai Alat Komunikasi 

Komunikasi merupakan akibat yang lebih luas dari ekspresi diri. Komunikasi tidak akan sempurna apabila ekspresi diri tidak diterima atau dipahami oleh orang lain. Sedikit disebutkan pada poin sebelumnya, bentuk komunikasi yang dilakukan adalah dengan berinteraksi dengan sesama.

3. Bahasa sebagai Alat Integrasi dan Adaptasi Sosial 

Bahasa membuat manusia memanfaatkan pengalaman dalam mempelajari dan mengambil bagian dalam pengalaman-pengalaman tersebut untuk belajar berkenalan dengan orang-orang lain. 

Kelompok masyarakat tertentu dapat dipersatukan secara efisien melalui bahasa. Bahasa memungkinkan tiap-tiap orang yang berada dalam suatu kelompok merasa dirinya terikat dengan kelompok sosial lainnya hanya dengan penggunaan bahasa. 

4. Bahasa sebagai Alat Kontrol Sosial 

Bahasa sangat efektif sebagai alat kontrol sosial yang dapat diterapkan pada seorang individu atau kepada masyarakat.

Baca juga: Franchise Cetroo Coffee

Itu dia penjelasan mengenai peran dan fungsi Bahasa Indonesia yang perlu dipahami sebagai upaya dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme. Hal ini diharapkan agar maraknya modernisasi tidak membuat kaum milenial saat ini meninggalkan kecintaannya terhadap Bahasa Indonesia.

Ingin membaca artikel menarik lainnya untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang kamu miliki? cukup klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna!

Vocasia adalah salah satu platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan banyak pelatihan untuk menunjang keahlianmu dalam berbagai macam bidang. Selain itu, dengan bergabung bersama Vocasia memberikan kesempatan belajar bersama mentor-mentor yang berpengalaman dalam bidangnya!

Nikmati segala penawaran khusus di Vocasia berupa potongan harga untuk mengikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir dalam berbagai kemampuan! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Cara menjadi Orang Tua yang Efektif

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *