Tanggal:15 May 2024

Yuk Ketahui Perbedaan Antara Internet Marketing dan Digital Marketing

Sumber: rawpixel.com

Masih bingung apa yang membedakan antara internet markering dan digital marketing? Meskipun mereka sama – sama menggunakan kata marketing tapi ternyata berbeda lohh. Tanpa basa – basi yuk simak penjelasannya.

Apa Itu Internet Marketing?

Sumber: rawpixel.com

Media Marketing Internet Digital Global

Internet marketing adalah strategi pemasaran dan pengiklanan produk menggunakan internet bertujuan untuk kegiatan promosi untuk meningkatkan angka penjualan, serta dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu barang atau jasa.

Internet marketing lebih banyak digunakan masyarakat saat ini karena lebih praktis dan lebih mudah menemukan target konsumen yang diinginkan. Serta keuntungan yang di dapatkan juga lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran yang di keluarkan untuk marketing tradisional. Tidak ada lagi batasan ruang dan jarak di dalam internet marketing.

Dalam melakukan pemasaran melalui internet ada beberapa proses yang harus anda lewati yaitu, dengan membentuk peluang pasar, menyusun strategi pemasaran, merancang pengalaman pelanggan, membangun hubungan antarmuka dengan pelanggan, merancang program pemasaran, meningkatkan informasi pelanggan melalui teknologi, dan mengevaluasi hasil program pemasaran secara keseluruhan.

Anda juga perlu melakukan cara agar dapat membangun serta mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan adalah awareness, exploration, dan commitment. Program pemasaran dapat dikatakan berhasil apabila mampu untuk mengarahkan pelanggan sampai pada tahap komitmen pada perusahaan. Dan tujuan dari pemasaran melalui Internet adalah menjalin hubungan dengan pelanggan dengan baik.

Manfaat Melakukan Pemasaran Melalui Internet

  1. Meningkatkan hasil penjualan

Dengan menggunakan strategi internet marketing, pelanggan jadi bisa mendapatkan informasi seputar produk tanpa terbatas oleh jarak dan waktu. Pelanggan lama dan calon pelanggan baru bisa mengetahui produk yang diinginkan tanpa harus repot mengunjungi toko fisik yang kamu miliki.

  1. Biaya yang dikeluarkan lebih sedikit

Internet marketing memiliki manfaat untuk memotong biaya pemasaran, apalagi untuk bisnis berskala kecil. Karena internet marketing bisa memotong biaya yang harus dikeluarkan agar lebih hemat. Anda hanya perlu membuat media sosial dan website untuk melakukan pemasaran lalu menempatkan produk yang dijual pada satu atau banyak situs e-commerce.

  1. Dapat menjalin hubungan dengan konsumen lebih mudah

Semakin cepat tanggap Anda terhadap kebutuhan pelanggan, maka semakin senang mereka berbelanka di tokomu. Bisnis yang kamu punya pun menjadi lebih mudah untuk terhubung dengan konsumen.

Apa Itu Digital Marketing?

Sumber: rawpixel.com

Digital Marketing

Digital marketing adalah cara memasarkan produk atau jasa melalui internet dan media komunikasi digital lainnya. Media komunikasi digital yang dicakup dalam digital marketing meliputi email, website, media sosial, iklan berbasis internet, video, gambar, dan bentuk konten digital lainnya.

Manfaat Digital Marketing

  1. Dapat menjangkau target audience

Dengan menggunakan media sosial seperti yang paling banyak digunakan saat ini yaitu email atau whatsapp Anda dapat lebih mudah menjangkau target pelanggan. Belum lagi di tengah pandemic ini Sebagian besar aktivitas lebih banyak digunakan secara online baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

  1. Mengurangi biaya pemasaran

Dengan memilih digital marketing Anda dapat menjangakau budget pengeluaran sehingga jauh lebih efisien dan terjangkau.

Kesimpulan

Nah, itu semua penjelasan mengenai digital marketing dan internet marketing, dapat disimpulkan bahwa digital marketing lebih fokus menggunakan teknologi sebagai salah satu cara pemasarannya. Digital marketing juga tidak hanya fokus pada pemasaran dengan menarik audiens saja, tetapi juga merancang strategi marketing bagaimana menarik perhatian audiens dari berbagai media. Sebagai contoh perusahaan lebih banyak memilih media TV untuk memasarkan produknya.

Sedangkan, internet marketing cara kerjanya lebih berfokus pada pemasaran yang targetnya pengguna internet itu sendiri. Sebenarnya, digital marketing dan internet marketing tidak banyak perbedaan karna sama-sama menggunakan internet hanya saja internet marketing membutuhkan teknik SEO, SEM, dan lainnya untuk dapat memaksimalkan kegiatan pemasarannya agar konten yang dibuat dapat menarik audiens sesuai target marketing yang dituju. Contohnya, perusahaan memakai jasa influencer yang memiliki jumlah followers mencapai ribuan atau jutaan di sosial media, karena perusahaan menganggap dengan menggunakan influencer untuk mempromosikan produknya akan mendapatkan pengaruh yang kuat terhadap followers yang mereka punya.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *