Tanggal:10 May 2024

Apa Itu SEM?

Ilustrasi perbedaan SEM (pexels.com/pixabay)

Pengertian Search Engine Marketing

Baca Juga | Apa Itu SEO Marketing?

SEM adalah pemasaran yang dilakukan dengan pengoptimasian website agar muncul di mesin pencari melalui kegiatan promosi dengan memanfaatkan iklan. penerapan SEM dibutuhkan trik mengiklankan website secara tepat menggunakan beberapa metode, seperti Pay Per Click (PPC. Penerapan metode ini pun memerlukan biaya. Metode ini bertujuan untuk melakukan optimasi terhadap website supaya mendapatkan peringkat tertinggi di hasil pencarian. Tapi sebenarnya ada satu metode lagi yang juga tidak kalah efektif, yaitu SEM (Search Engine Marketing).

Baca Juga | Yuk Ketahui Perbedaan Antara Internet Marketing dan Digital Marketing

Untuk memaksimalkan SEM, Anda harus menyiapkan landing page khusus terlebih dahulu sebagai halaman tujuan dari teknik search engine marketing yang Anda lakukan. Landing page ini berguna untuk meningkatkan jumlah pembelian produk atau jasa yang Anda tawarkan dan meningkatkan jumlah orang yang melakukan pendaftaran.

Cara Kerja SEM

Cara kerja search engine marketing (pixabay.com/Mohamed_hassan)

Cara kerja search engine marketing (pixabay.com/Mohamed_hassan)

Baca Juga | Yuk Ketahui Apa Sih Perbedaan Antara SEO dan SMM

1. Target Audiens

Target audiens SEM lebih struktur Anda bisa melakukan setting di awal. Dengan SEM, Anda bisa memilih target audiens yang diinginkan, mulai dari kategori umur, jenis kelamin, wilayah dan lainnya.

2. Kecepatan

Baca Juga | 5 Tips Mempertahankan Bisnis agar Semakin Tumbuh, Jangan Lengah!

Kecepatan yang dihasilkan oleh SEM lebih dirasakan dibandingkan SEO. Anda dapat menonaktifkan jika target yang dituju belum didapat. Kemudian dapat diaktifkan kembali setelah Anda menentukan target audiens.

3. Biaya

SEM membutuhkan biaya karena SEM menggunakan iklan berbayar. Biaya sudah ditentukan sesuai dengan jangka waktu yang Anda inginkan. SEM hanya akan bertahan sesuai jangka waktu yang ditentukan. Dengan bahasa yang lebih sederhana, durasi iklan hanya bertahan sesuai dengan jumlah biaya yang Anda bayar.

Baca Juga | Perkiraan Biaya Pasang Iklan di TV Beserta Manfaatnya

4. Potensi CTR (Click Through Rate)

Potensi yang dihasilkan oleh SEM kemungkinan lebih kecil dibandingkan SEO. karena orang cenderung kurang senang dengan tanda “iklan” yang muncul bersamaan di barisan paling atas pencarian. Mereka akan berpikir link yang muncul dengan tanda iklan atau ads itu hanyalah iklan biasa dan belum tentu memiliki konten sesuai dengan apa yang diinginkan.

Baca Juga | 8 Teknik yang Ampuh Beserta Panduan untuk Melakukan SEO

Manfaat SEM (Search Engine Marketing)

  1. Target pasar

Baca Juga | Definisi Digital Agency Beserta Jobsdesc dan Perannya

Search engine marketing memanfaatkan database mesin pencari untuk melakukan target audience. SEM akan tampil untuk orang yang benar-benar membutuhkan saja. Pengunjung yang melakukan transaksi semakin besar dan keuntungan pun akan lebih besar. SEM anda juga akan mendapatkan pemasaran yang jauh lebih spesifik dan relevan dengan website atau produk yang ingin anda tawarkan.

  1. Menjangkau lebih banyak konsumen

Baca Juga | Meski Banyak Konsumennya, Inilah Ancaman Bisnis Thrift Shop!

Dengan menggunakan SEM anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dari seluruh dunia. SEM memberikan peluang yang jauh lebih besar dalam meningkatkan pemasaran website atau produk Anda.

  1. Mengontrol Biaya

Baca Juga | 4 Ide Bisnis Jasa yang Tak Butuh Modal Besar, Bisa Jadi Kerjaan Sampingan, Lho!

Menggunakan SEM sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis atau produk, Anda akan memiliki keleluasaan dalam mengontrolnya seperti segi biaya, timeline, kata kunci, jenis iklan.

  1. Pengunjung yang relevan

Baca Juga | 7 Tips Optimasi SEO WordPress Agar Jumlah Pengunjung Meningkat

SEM memanfaatkan data audience untuk menyesuaikan dimana iklan akan ditampiklan. Dengan memanfaatkan search engine marketing, pengunjung yang datang ke iklan Anda akan relevan dengan mereka yang ingin menginginkan produk, membutuhkan produk Anda dan mempunyai uang untuk membeli produk Anda.

Jenis – jenis SEM

Baca Juga | Pengertian Keyword, Jenis – Jenisnya, dan Tips Lengkap

SEM mencakup beberapa bahasan sebagai berikut:

  • Paid search advertising
  • PPC (pay-per-call)
  • CPM (cost-per-thousand impressions)
  • PPC (pay-per-click)
  • Paid search advertising
  • CPC (cost-per-click)

Itulah penjelasan mengenai pengertian, cara kerja, manfaat, dan jenis – jenis search engine marketing untuk perkembangan bisnis Anda. Semoga membantu!

Tertarik ingin belajar digital marketing lebih dalam bersama ahlinya? Ikut Kursus Online Digital Marketing di Vocasia saja! daftar sekali, untungnya berkali-kali. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *