Tanggal:15 May 2024

Perbedaan Fungsi pada Portrait dan Landscape, Apa Aja Ya?

Salah satu hal penting dan mendasar yang harus diketahui saat mau ambil foto adalah orientasinya, yang merujuk pada tinggi dan lebar foto.

Orientasi gambar ini dipengaruhi oleh beberapa aspek mulai dari tujuan pengambilan foto, perangkat yang digunakan, apa yang ingin ditampilkan dan aspek-aspek teknis lain.

Dan ada dua orientasi paling umum yang digunakan saat ambil foto yakni Portrait dan Landscape.

Apa itu Portrait?

Portrait adalah sebuah fungsi pada foto yang menghasilkan foto menjadi vertikal yang berarti tegak lurus atau memanjang dari atas ke bawah, membuat hasil foto ini sangat cocok untuk mengambil objek seperti foto model yang diambil secara vertikal.

Salah satu bentuk paling dominan dari foto portrait adalah kecenderungan memperlihatkan ekspresi subjek foto.

Baca Juga : Situs Untuk Menambah Skill Fotografi

Apa itu Landscape?

Landscape adalah sebuah fungsi pada foto yang sebaliknya dari portrait, jika portrait orientasinya vertikal nah landscape orientasinya horizontal atau lebar kesamping.

Nah, orientasi landscape sangat cocok untuk objek pemandangan atau pengambilan foto banyak orang atau keramaian.

Ini sejalan dengan pengertian lanscape di KBBI, yang merupakan bentuk tidak baku dari landscape, yang merupakan tata ruang di luar gedung atau berkaitan dengan pemandangan alam.

Dengan demikian, akan lebih banyak objek yang muncul karena tiap frame fotonya sudah digabungkan untuk membentuk satu foto.

Baca Juga : Tips Memilih Kamera Analog Sebelum Membeli

Perbedaan foto Portrait dan Landscape, Terdiri dari 3 Point Berikut :

Portrait Foto adalah foto yang orientasi tingginya lebih panjang dibanding lebarnya, sedangkan Landscape Foto Lansdscape adalah foto yang orientasi lebarnya lebih panjang dibanding tingginya.

1. Orientasi

Pada portrait orientasi yang diambil pada gambar adalah vertikal atau tinggi keatas, sedangakan pada Landscape orientasi yang diambil pada gambar adalah horizontal atau lebar kesamping.

2. Kegunakan Pada Portrait & Landscape

Pada portrait sangat cocok mengambil objek foto orang tunggal, foto bangunan tinggi, foto pemandangan yang luas dan lain sebagainya, sedangkan pada Landscape sangat cocok untuk mengambil suatu objek daratan atau bidang yang luas atau untuk foto sekelompok orang dalam satu acara alias foto bersama.

Baca Juga : Cara Menambah Skill Fotografi

3. Cara Pengambilan Foto yang Berbeda

Untuk ambil foto portrait kamera atau ponsel dipengang tegak lurus ke atas, sedangkan pada landscape kamera atau ponsel dipegang datar.

Kesimpulan

Dilansir dari Bungkul.com

Foto portrait adalah orientasi foto yang dimabil secara vertikal atau mengacu pada mode orientasi dimana gambar, foto, lukisan atau halaman diambil atau ditampilkan secara vertikal.

Dan ini berbeda dengan foto Landscape, yang orientasinya berbentuk horizontal atau mengacu pada orientasi dimana gambar, lukisan atau halaman ditampilkan secara horizontal.

Kursus menjadi youtuber pro vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *