Tanggal:04 May 2024

3 Cara Penggunaan Tho (Though) yang Benar!

Beberapa kali penggunaan tho pasti kamu pernah temukan dalam sosial media, khususnya di meme. Jadi, tho tersebar bentuk kata informal dari kata ‘though’ dan menjadi dijadikan bagian dari bahasa slang Inggris. Jadi wajar rasanya jika anak muda banyak menggunakannya.

Kursus online IELTS Vocasia

Mengapa termasuk bagian bahasa slang? Karena penggunaan tho dirasa sangat akrab digunakan oleh anak muda. Penggunaannya tidak hanya melalui percakapan, dalam kata tho juga sering digunakan dalam akhir kalimat.

Though yang diketahui biasanya merupakan kata sambung atau konjungsi, tetapi though yang biasa disingkat menjadi “tho” ternyata bentuknya bisa menjadi kata keterangan.

Baca juga: 8 Manfaat yang akan Kamu Dapatkan Jika Mahir Bahasa Inggris

Pengertian tho

Arti tho dalam bahasa inggris. Sumber: unsplash.com

Baca juga: Kongres Bahasa Indonesia, Lengkap Beserta Penjelasannya

Though dalam penggunaannya bisa digunakan sebagai konjungsi atau kata sambung dalam kalimat Bahasa Inggris. Namun, though yang disingkat menjadi tho memiliki konteks adverb atau keterangan dalam kalimat Bahasa Inggris yang penggunaannya bersifat informal.

Though sebagai adverb (kata keterangan) memiliki makna yang serupa dengan however, despite this, atau nevertheless (namun, meskipun, meskipun demikian).

Baca juga: Adverb of Place: Pengertian, Fungsi, Contoh Kata dan Penggunaannya

Adverb tho digunakan ketika menyatakan adanya contrast (pertentangan) dengan pernyataan sebelumnya. Meskipun dapat digunakan, penggunaan tho yang ditempatkan di tengah atau akhir kalimat membuat pernyataan sebelumnya menjadi less important  atau kurang penting. 

Selain itu, kesalahan yang sering terjadi adalah ketika menggunakan tho untuk mengawali kalimat. Hal tersebut akan membuat kalimat terkesan formal dan tidak dapat digunakan dalam percakapan santai sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, kita akan membahas cara penggunaan tho yang benar dalam suatu kalimat.

Baca juga: Skill yang harus dimiliki barista

Cara Penggunaan Tho

1. Tho di Akhir Kalimat

Baca juga: Penjelasan Lengkap Future Continuous Tense beserta Contoh Kalimatnya!

Agar tho dapat digunakan di akhir kalimat, hal yang perlu dilakukan adalah membuat pernyataan yang bertentangan dan pernyataan sebelumnya. Tho di akhir kalimat berfungsi sebagai adverb (kata keterangan). 

Contoh kalimat:

Math is tough. Learning together with someone is easy tho. (Matematika itu susah. Namun belajar dengan orang lain itu mudah)

Berdasarkan contoh kalimat di atas, terdapat independent clause berupa kalimat yang di dalam predikatnya terdapat komponen lain sehingga membentuk sebuah pemikiran, contohnya modifier dan complement. Kata ‘tho’ di akhir kalimat digunakan agar membuat kemampuan bahasa Inggris terasa lebih advance.

Baca juga: Cara Tepat Penggunaan Article A, An, dan The dalam Kalimat Bahasa Inggris

Selain itu, biasanya native speaker sering menambahkan kata ‘but’ di tengah kalimat agar kalimat memiliki kesatuan. Hal tersebut tetap bisa digunakan karena kesamaan fungsi pada keduanya yaitu untuk menyatakan pertentangan dengan pernyataan sebelumnya. 

2. Tho di Tengah Kalimat

Tho yang digunakan di tengah kalimat dapat diubah dengan ‘as tho’ atau ‘even tho’ agar berfungsi sebagai conjunction dalam suatu kalimat. 

Contoh kalimat:

I love my jacket even tho I only use it when I do some exercise. (Aku menyukai jaketku meskipun aku hanya menggunakannya ketika saya berolahraga.)

Baca juga: Ingin Berbisnis Ayam Geprek? Buka Franchise Ayam Kepabron Aja!

3. Tho di Meme

Saat scroll sosial media kamu menemukan meme bertuliskan ‘dat face tho’? atau apapun itu yang mengandung akhiran kata tho? Biasanya pada suatu meme, pernyataan yang diakhiri kata ‘tho’ tidak diawali dengan sebuah pertanyaan. 

Padahal, penggunaan tho berfungsi untuk menyatakan pertentangan dengan pernyataan sebelumnya. Lalu, apa maksud dari penggunaan tho dalam meme?

Baca juga: 250 Kumpulan Persamaan Kata atau Synonym dalam Bahasa Inggris

Hal tersebut dapat dimaknai dengan suatu hal yang sangat impresif atau mengesankan. Penggunaannya bisa digambarkan ketika kamu sedang melihat aksi seorang aktor yang sedang memainkan perannya dan kamu berkomentar, “that face tho”. Hal itu berarti kamu sedang mengomentari wajah seorang aktor yang kamu idolakan. 

Untuk memudahkan kamu dalam penggunaan tho, mari lihat contoh-contohnya dalam kalimat di bawah ini:

  • Did you taste gelato when you explored Italy? No, I’d like to, tho. (Apakah kamu mencoba gelato ketika kamu menjelajah Italia? Tidak, namun saya ingin.)
  • This magazine isn’t particularly well-written. It’s good visually tho. (Buku ini tidak ditulis dengan sangat baik. Namun visualnya bagus.)
  • My father is old. He still has a good memory tho. (Ayahku sudah tua. Biarpun begitu beliau memiliki ingatan yang baik.)
  • His grades were high. He wasn’t admitted to the fav university tho. (Nilai-nilainya tinggi. Biarpun begitu dia tidak diterima di universitas favorit.)
  • Mom is so tired. She will help you tho. (Ibu sangat lelah. Biarpun begitu dia akan membantumu.)

Baca juga: 7 jenis wawancara berita jurnalistik beserta penjelasannya

Itu dia cara penggunaan tho yang benar dalam suatu kalimat yang akan diucapkan secara informal. Mempelajari tho dapat berguna untuk kamu agar mengerti setiap konteks percakapan di dalam sosial media atau langsung.

Klik tautan berikut jika kamu ingin membaca artikel menarik lainnya yang penuh dengan pengetahuan dan wawasan. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Vocasia sebagai platform online yang menyediakan berbagai kursus online dan dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis!

Yuk segera ikuti berbagai pelatihan untuk memantapkan skill dan pengetahuan. Jangan lewatkan juga kesempatan khusus untuk mendapatkan potongan harga dan penawaran lainnya! See you!

Baca juga: Skill yang harus dimiliki untuk bekerja di bank

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *