Tanggal:29 April 2024

5 Tips Jitu Bantu Kamu Jalankan Usaha Bersama Teman Tanpa Bersikap Gak Enakan!

Merintis usaha yang kamu kembangkan bersama teman akan lebih mudah dibandingkan dengan orang yang baru kamu kenal. Kepribadian yang sudah dipahami satu sama lain menjadi alasan utama mengapa kalian bisa memulai bisnis dengannya. Sebelum memulai bisnis, tentu kamu telah melewati tahap penyeleksian rekan kerja yang harus sesuai dengan bisnis yang juga ingin kamu kembangkan.

Kamu perlu menanyakan banyak hal terkait kinerja yang akan dihasilkan satu sama lain. Ingat, bahwa bisnis ini kamu kelola bersama sehingga satu dan lainnya harus terlibat. Walaupun begitu, akan banyak kemungkinan buruk terjadi secara tiba-tiba ketika kamu dan temanmu tidak banyak berdiskusi saat perencanaan bisnis dimulai.

Bisnis bersama teman

Kenyataannya, usaha dengan teman juga dapat mengakibatkan suatu masalah. Risiko yang akan dihadapi adalah hubungan yang merenggang atau bahkan sampai putus persahabatan. Apalagi jika awal mula rencana bisnis yang ingin kamu lakukan tidak dipikirkan secara matang dengan teman yang nantinya akan jadi rekan kerjamu. Kamu perlu memikirkan semacam perjanjian bisnis yang bisa kamu diskusikan lebih lanjut. Hal ini bisa meminimalisasi kamu untuk kedepannya terhindar dari sikap gak enakan saat menjalani bisnis dengan teman. Berikut 5 tips jitu akan bantu usaha kamu dan teman tanpa bersikap gak enakan.

1. Bangun Chemistry

Bangun kedekatan dan chemistry untuk berbisnis dengan teman. Sumber: pexels.com

Selaraskan visi dan misi yang kalian miliki masing-masing. Seharusnya hal ini memang sudah kamu dapatkan apalagi jika telah berteman bertahun-tahun. Pastikan visi dan misi yang kamu miliki selaras dengan yang dimilikinya. Visi dan misi ini akan penting untuk menentukan arah dana strategi bisnis yang kamu buat kedepannya. Jangan lupa, kamu dan dia juga perlu menekankan sikap profesional saat menjalankan bisnis ini, ya.

Baca juga: Usaha yang cocok bersama teman

2. Miliki komitmen dan penentuan usaha yang jelas

Berkomitmen dan penentuan usaha jelas. Sumber: pexels.com

Ketika berkomitmen untuk fokus pada bidang usaha yang akan digeluti, pastikan salah satu dari kamu memiliki kemampuan pada bidang tersebut. Hal ini akan lebih minim risiko karena ada salah satu yang ahli dibidangnya. Hindari untuk memaksakan bisnis yang hanya karena semangat membuka usaha, kamu juga perlu penentuan yang jelas. Kamu dan temanmu juga perlu banyak belajar mengenai potensi pasar.

Cari pasar yang menjanjikan kamu agar bisnis yang kalian kelola bisa meningkat. Dalam tahap ini kamu juga bisa persiapkan untuk membuat surat perjanjian kerja sama bila diperlukan. Hal ini untuk mempermudah kamu memperluas pemasaran bisnis yang akan kamu jalani. Bila sewaktu-waktu kamu memerlukan itu, kamu tidak perlu kerepotan lagi.

Baca juga: Cara membuka bisnis laundry

3. Buat tujuan, target, peran, modal usaha, dan profit

Buat seluruh pembagian aspek secara merata. Sumber: pexels.com

Hal-hal dasar seperti tujuan, target, dan peran akan coba kamu bawa dalam usaha yang kamu rintis, lho. Jangan anggap sepele dan mulai untuk diskusikan hal tersebut. Teman yang kamu pilih untuk dijadikan rekan kerja adalah hasil seleksi yang telah kamu lakukan sebelumnya. Oleh sebab itu, pasti dalam aspek tujuan, target, dan peran yang kalian miliki tidak jauh berbeda.

Kamu dan temanmu juga perlu berdiskusi terkait pembagian modal usaha dan profit yang dihasilkan, modal yang kamu keluarkan untuk memulai usaha ini ditanggung bersama. Tak hanya itu, profit yang dihasilkan pun juga akan ditanggung bersama. Jadi kolaborasi ini akan lebih cocok apabila kamu memiliki dana yang nilainya terbatas.

Baca juga: Cara mahir bermain gitar

4. Tetapkan pembagian tugas

Tugas dikerjakan bersama. Sumber: pexels.com

Jelaskan pembagian tugas melalui struktur yang jelas sehingga kedepannya tidak akan menimbulkan banyak masalah. Pembagian tugas ini juga diharapkan dapat membuat bisnis yang kamu kelola memiliki tanggung jawab masing-masing tanpa melibatkan salah satu pihak saja.

Terkadang, kepercayaan kita terhadap teman secara berlebihan hanya akan menimbulkan permasalahan pada waktu mendatang. Jika dalam diskusi ditemukan salah satu pihak yang terlalu banyak memiliki tugas, itu menjadi tantangan bagi kalian untuk mengatasi hal tersebut. Pada akhirnya, kalian tetap saling percaya serta menilai dan mengawasi setiap kinerja yang dilakukan. 

Baca juga: Cara social media marketing

5. Disiplin dan kerja keras satu sama lain

Menanamkan sikap disiplin dan kerja keras. Sumber: pexels.com

Kedisiplinan dan kerja keras satu sama lain merupakan hal yang perlu kamu tanamkan. Walaupun bisnis dilakukan dengan teman, kamu tidak bisa menganggap segalanya santai karena kalian punnya keakraban tersendiri. Untuk meningkatkan bisnis yang kamu kelola, disiplin dan kerja keras yang diterapkan akan membakar semangatmu dan fokus kembangkan bisnis dengan serius.

Itu dia 5 tips jitu akan membantu kamu jalankan usaha bersama teman dan terhindar dari sikap gak enakan kedepannya. Untuk meningkatkan usaha yang sedang kamu rintis, kamu dapat mengikuti kelas Scale-Up Miracle untuk merencakan segala pengembangan usaha yang kamu buat disini . Butuh pelatihan lainnya seputar bisnis dan pemasarannya? Kamu bisa akses dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Platform digital marketing

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *