Tanggal:09 May 2024

8 Platform Digital Marketing

mengakses media sosial

Baca Juga : Apa itu Digital Marketing?

Pemilihan platform dalam kegiatan pemasaran merupakan tahapan yang penting dalam setiap kegiatan bisnis. Dengan kegiatan pemasaran, Anda akan membangun produk melalui brand awareness, tidak sampai di situ jika pemilihan media tepat tentu akan menghasilkan prospek keberhasilan yang menjanjikan untuk bisnis Anda. Harus diperhatikan juga bahwa tidak semua platform cocok diterapkan dalam kegiatan pemasaran, sebagai digital marketer perlu mengetahui dengan baik macam-macam platform yang tersedia, dilihat dari skalabilitas, penargetan, dan biaya yang akan dikeluarkan tiap platform. Untuk itu, di sini akan direkomendasikan berbagai platform yang dapat Anda coba pada kegiatan bisnis Anda.

Baca Juga : 7 Ide Bisnis Modal Handphone

1.    Google Search Engine Optimization (Google SEO)

Ilustrasi Google SEO (searchengineland/Dan Sharp)

Baca Juga | Apa Itu SEO Marketing?

“Tanya Mbah Google saja ….” Yaa, ini kalimat yang sering netizen lontarkan kepada kita yang tidak mengetahui/kebingungan akan sesuatu. Mesin pencari Google menjadi tool yang efektif dalam mencari calon pelanggan. Platform ini cocok digunakan apabila produk/jasa kita sudah tidak asing lagi di mata masyarakat.

2.    Facebook

Ilustrasi logo Facebook (pixabay.com)

Baca Juga : Tips Beriklan di Facebook bagi Pemula

Walaupun Facebook dikatakan sudah ketinggalan jaman, tetapi platform ini merupakan salah satu sosial media yang memiliki jumlah pengguna terbesar yaitu sebanyak 82% dari jumlah penduduk Indonesia (berdasarkan data Hootsuite pada tahun 2020) sehingga tidak heran perusahaan-perusahaan besar masih memanfaatkan platform ini sebagai saluran untuk digital marketing-nya. Dengan fitur targeted advertising memungkinkan kita mengiklankan produk/jasa dengan mudah berdasarkan demografis tertentu.

Baca Juga : Cara Berbisnis di Facebook

3.   YouTube

(kumparan.com/merinoviyan)

Sungguh tidak asing lagi dengan platform satu ini, siapa saja tanpa mengenal usia dapat menikmatinya, baik untuk mencari hiburan, belajar, maupun berbisnis, bahkan terdapat aplikasi YouTube Kids yang mana tersedia konten yang aman untuk digunakan oleh anak-anak, maka tidak salah Hootsuite di tahun 2020 menemukan bahwa Youtube mencapai jumlah pengguna terbanyak di Indonesia yaitu sebesar 88% dari jumlah populasi. Platform berbasis online streaming video ini memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para pengusaha/pebisnis untuk beriklan melalui konten video yang ditayangkan di YouTube Ads ataupun kanal YouTube sendiri.

Baca Juga : Cara Social Media Marketing

4.    WhatsApp

mso-fo(whatsappbrand.com)

Baca Juga | Kata – kata Promosi Whatsapp yang Menarik untuk Olshop Anda

Whatsapp memiliki dua fitur yaitu Whatsapp dan Whatsapp Business. Pada umumnya, keduanya sama, namun Whatsapp Business disarankan untuk mereka yang memiliki bisnis. Fitur yang disediakan di sana memudahkan para pengusaha merespon para pelanggan, contoh fitur balas cepat secara otomatis akan membalas chat dari calon pelanggan sehingga kesibukan lain tidak menjadi alasan lagi untuk kalian tidak bisa merespon calon pelanggan dengan cepat.

5. Instagram

Ilustrasi logo Instagram (pixabay.com/Tumisu)

Baca Juga | 9 Tips Optimasi Instagram untuk Promosi Bisnis, Yuk Terapkan!

Pada tahun 2020, Hootsuite mengeluarkan data yang mengatakan bahwa pengguna Instagram di Indonesia telah mencapai 79% dari jumlah populasi. Mengapa tidak, fitur foto dan video yang selalu mengikuti trend masa kini dapat dinikmati sekaligus oleh para penggunanya. Hal ini membuat Instagram menjadi platform yang banyak digunakan oleh para digital marketer untuk memasarkan produknya.

6.    Line

Ilustrasi logo Line (apksshare.com)

Baca Juga | Apa Saja Manfaat Dari Social Media Marketing? Yuk simak!

Seperti Whatsapp, Line juga memiliki dua jenis yaitu Line dan Line Official Account. Line Official Account cocok bagi Anda yang memiliki bisnis yang mana tersedia fitur broadcast message yangmemudahkan dalam mengirim pesan ke banyak pelanggan sekaligus dan tersedia juga fitur-fitur lain yang dapat dicoba untuk memasarkan produk bisnis Anda.

7.    Twitter

Ilustrasi logo Twitter (teknologi.bisnis.com/Akbar Evandio)

Baca Juga : Cara Berbisnis di TikTok, Ampuh!

Media sosial seperti blog ini juga cukup berperan aktif di dunia pemasaran. Dengan konten yang dibatasi yaitu hanya 140 karakter per cuitan membantu digital marketer membuat konten yang padat dan tepat. Walaupun tidak cukup untuk dijadikan sebagai tool dalam berbisnis, tetapi dapat diakui sebuah konten dapat dengan cepat menjadi trending di platform satu ini, jadi bisa dimanfaatkan juga nih gengs..

Baca Juga : 7 Ide Bisnis dengan Modal Hp

8.    Email pemasaran

Ilustrasi gambar email pemasaran (infodigimarket.com/Cindy. F)

Baca Juga : Email Marketing

Dengan email, calon pelanggan maupun yang sudah menjadi pelanggan secara berkala akan dikirimkan konten mengenai produk atau jasa yang memang mereka minati sehingga mereka tidak akan ketinggalan berita atau informasi terkait produk. Alamat email pelanggan diperoleh ketika mereka mendaftarkan diri menjadi anggota ataupun ketika mereka membeli produk untuk pertama kalinya melalui web perusahaan.

Baca Juga : 7 Cara Membangun Mental Bisnis!

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *