Tanggal:15 May 2024
Apa Itu Pitching? (pexels.com)

8 Cara Jitu Melakukan Pitching Klien dengan Baik

Apa itu pitching?

Pitching adalah orang yang membantu menjelaskan ide utama proyek kepada calon investor. Pitching dalam bisnis mengacu pada mempresentasikan ide bisnis kepada pihak lain. Misalnya, Anda dapat menawarkan bisnis rintisan Anda kepada calon investor atau produk Anda kepada calon pelanggan. Promosi bisnis perlu memberi audiens Anda pemahaman yang jelas tentang rencana atau tujuan Anda untuk mendapatkan dukungan. Untuk melakukan ini, Anda harus mengumpulkan dan berbagi penelitian yang relevan atau memberikan visi yang menarik. Ketika Anda melakukan pitch secara efektif, Anda dapat memotivasi dan membujuk audiens Anda untuk mengikuti ide Anda dan mewujudkannya.

Baca Juga | Apa Itu Integrated Marketing Communication

Tips melakukan pitching yang baik

Tips melakukan pitching yang baik (pexels.com)

Tips melakukan pitching yang baik (pexels.com)

1. Mempersiapkan semua dengan hati-hati

Membuat pitch adalah semua tentang persiapan. Buat daftar bahan promosi Anda untuk memastikannya sangat mudah. Apa yang masuk ke semua pitch yang bagus? Nah, ada elevator pitch Ini memberi audiens Anda inti dari ide Anda dan membuat mereka ingin tahu lebih banyak.

Baca Juga | 10 Tips Cara Menghilangkan Rasa Gugup saat Berbicara di Depan Banyak Orang

Sebutkan riset pasar Anda – tunjukkan bahwa ada audiens untuk proyek atau produk Anda, dan dukung temuan Anda dengan data keras atau testimoni konsumen jika memungkinkan. Anda juga perlu meringkas rencana bisnis Anda. Pitch yang baik mencakup semua poin penting dari rencana Anda. Dapatkan kepraktisan tentang bagaimana Anda akan menjalankan ide besar Anda, termasuk hal-hal seperti rantai pasokan, logistik, dan pembuatan produk. Pastikan audiens tahu Anda tentang detail serta ide-ide besar.

Baca Juga | Sering Insecure? 7 Cara Ini Efektif Meningkatkan Rasa Percaya Diri Kamu Lho!

Beritahu pelanggan Anda bagaimana Anda akan memasarkan, mempromosikan, dan membangun loyalitas seputar produk atau layanan Anda. Jika Anda memiliki ide tentang skema loyalitas, penawaran dan promosi atau jenis saluran pemasaran dan strategi yang akan Anda gunakan, sebutkan juga.

2. Mempunyai elevator pitch

Elevator pitch adalah ringkasan satu kalimat dari proposisi Anda – hal yang Anda ingin orang-orang ingat setelah mereka meninggalkan ruangan. Itu perlu menjelaskan apa yang dilakukan ide Anda, untuk siapa, dan mengapa itu hebat. Elevator pitch yang benar-benar efektif harus cukup detail untuk membangkitkan minat penonton dan membuat mereka menginginkan lebih, sambil tetap sesingkat mungkin. Untuk benar-benar merebus ide Anda sampai ke tulang-tulangnya mungkin perlu sedikit menggaruk-garuk kepala, tetapi untungnya Anda punya banyak waktu untuk menyempurnakannya sebelum hari besar.

Baca Juga | 4 Cara Pitching Investor

3. Practice your pitch

Pitch Anda bukanlah pertunjukan, tepatnya Anda tidak perlu menghafal pidato atau koreografi tepat di tempat Anda akan berdiri. Bahkan, jika promosi penjualan Anda terlalu halus, itu bisa mulai terasa artifisial. Namun dengan sedikit latihan, Anda bisa membuat penyampaian Anda lebih percaya diri dan siap menjawab pertanyaan saat hari besar tiba.

Baca Juga | Pengertian Customer Relationship Management

4. Jangan mengabaikan penjelasan dasar

jika Anda merasa seperti mengeja yang sudah jelas, pastikan Anda menyertakan detail dasar proposal Anda, termasuk latar belakang bagaimana Anda membuatnya, dan pengetahuan khusus apa pun yang Anda peroleh tentang cara mengembangkannya.

Mintalah orang terdekat Anda untuk dapat membantu Anda mengukur apakah Anda mejelaskan dengan intonasi nada yang terlalu tinggi, terlalu rendah, atau tepat untuk audiens target Anda.

Baca Juga | Ingin Paham Komponen Dari Akuntansi Dasar? Berikut Cara Mudahnya Untuk Pemula!

5. Berikan kata kunci yang menyimpang

Sangat menggoda untuk menggunakan jargon bisnis atau beralih ke gaya ruang rapat, terutama saat Anda gugup. Berbicara dengan jelas dan pasti tentang rencana, tujuan, dan perjalanan yang telah Anda jalani dengan proyek Anda. Fokus untuk membuat promosi penjualan yang efektif yang menjawab pertanyaan dan meningkatkan kepercayaan diri, bukan kebingungan.

Baca Juga | Pengertian Keyword, Jenis – Jenisnya, dan Tips Lengkap

6. Perlihatkan antusiasmu ke audiens

Jika Anda benar-benar percaya pada apa yang Anda jelaskan dan jalankan, biarkan antusiasme Anda sendiri untuk ide Anda terlihat dan jangan menahan diri untuk menjelaskan mengapa hal itu membuat Anda begitu bersemangat. Karena pelanggan ingin tahu apa yang Anda tawarkan dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan mereka.

Baca Juga | 8 Cara Efektif Atasi Malas Belajar, Bikin Semangat Kamu Bangkit!

7. Lakukan sesi tanya jawab

Pitch yang baik harus memicu beberapa pertanyaan dari audiens Anda. Pastikan Anda menambahkan beberapa kelonggaran untuk QnA saat merencanakan waktu promosi Anda, dan bersiaplah untuk menjawabnya secara terbuka dan jujur saat muncul.

Periode tanya jawab membantu Anda menjaga bagian utama dari pitch Anda terstruktur dengan baik, dan memberikan kesempatan kepada audiens untuk menyampaikan pendapat mereka. Mengetahui bahwa Q&A akan datang dapat membantu mereka mengarahkan pertanyaan mereka ke satu sisi dan fokus pada apa yang Anda katakan.

Baca Juga | Apa Sih Fungsi dari Customer Relationship Management? Cek Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini!

8. Dengarkan dan tanggapi

Pitch bisnis seperti percakapan – percakapan yang agak miring di mana Anda melakukan sebagian besar pembicaraan. Terlepas dari perencanaan yang matang, anggota audiens Anda mungkin memunculkan ide, pertanyaan, dan perspektif yang mungkin belum Anda siapkan, dan itu tidak masalah.

Jika Anda tidak memiliki jawaban, lebih baik tidak mengarang sesuatu di tempat. Jauh lebih otentik dan tidak terlalu berisiko untuk mengatakan sesuatu seperti “pertanyaan bagus! Saya belum memiliki jawabannya sekarang, jadi izinkan saya mengirim email kepada Anda untuk menindaklanjuti ketika saya telah memeriksanya.”

Setelah Anda sudah menyampaikan promosi, buatlah cara mudah untuk berhubungan dengan memberi semua orang Kartu Bisnis yang dirancang oleh Anda.

Baca Juga | Tertarik Berbisnis Street Food? Buka Franchise Kebab Monster Aja!

Demikiam penjelasan informasi dari Vocasia soal pitching untuk sebuah bisnis dan tips melakukan pitching yang baik. Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih banyak soal teknik marketing dan lainnya. Anda bisa langsung mengikuti course yang disediakan di website Vocasia. Tunggu apa lagi? Yuk buruan daftar!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *