Tanggal:29 April 2024

7 Produk Google dan Fungsinya

Google merupakan perusahaan teknologi raksasa yang pasti namanya sudah familiar di telingamu dan juga para pengguna internet lainnya. Ada banyak sekali lho, produk yang telah diluncurkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat yang satu ini. Hal ini karena Google selalu bergerak dan mengembangkan produk baru, untuk dimanfaatkan orang-orang di seluruh dunia.

Dikutip dari Website Builder, perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini memiliki setidaknya 251 produk yang digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Maka dari itu, sejak tahun 2006 silam Google hampir tidak tersaingi oleh perusahaan-perusahaan sejenisnya.

Nah, mau tahu apa saja produk Google yang popular dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia setiap harinya? Yuk simak daftarnya di bawah ini, agar kamu tak ketinggalan update!

Baca juga: Yuk Mengenal GDN (Google Display Network)

Mengenal 7 Produk Google yang Paling Populer Beserta Fungsinya

Selain mesin pencari atau Google search engine, masih banyak lagi produk yang dihasilkan oleh Google, lho. Dari sekian banyak yang ada, di bawah terdapat 7 produk Google yang paling laris di internet.

1. Google Chrome

Mengenal 7 Produk Google yang Paling Populer Beserta Fungsinya. Google Chrome: sumber pexels.com

Google Chrome merupakan web browser yang dikembangkan oleh Google dan digunakan oleh banyak orang. Produk Google ini dinilai sebagai web browser tercepat, sehingga berhasil menarik hati para pengguna internet. Memiliki interface yang sederhana dan memuat halaman web secara cepat, membuat Google Chrome menjadi browser yang paling banyak di-install dalam waktu yang sangat singkat.

Tidak hanya berfungsi sebagai media penjelajahan web (browsing) dari berbagai situs web di internet saja, namun Google Chrome juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan sinkronisasi dengan akun Google, melakukan bookmarking, kemudahan untuk mengakses semua produk Google, dan masih banyak lagi. Produk Google yang satu ini tersedia untuk Windows, OS X, Linux, Android, dan iOS.

2. Gmail

Mengenal 7 Produk Google yang Paling Populer Beserta Fungsinya. Gmail: sumber unsplash.com

Gmail merupakan salah satu layanan dari Google Inc. yang berfungsi untuk keperluan pengiriman dan penerimaan surat elektronik. Dengan kapasitas penyimpanan awal 1 GB per pengguna, Gmail berhasil meningkatkan standar penyimpanan gratis surat web dari 2-4 MB yang ditawarkan para pesaingnya pada waktu itu. Pesan pribadi, termasuk lampiran, dibatasi hingga 25 MB, lebih besar daripada layanan surat web lainnya.

Gmail memiliki antarmuka berorientasi pencarian dan “tampilan percakapan” yang mirip dengan forum Internet. Sejumlah pengembang web mengakui Gmail adalah layanan pertama yang memakai bahasa pemrograman Ajax.

3. Google Analytics

Mengenal 7 Produk Google yang Paling Populer Beserta Fungsinya. Google Analytics: sumber unsplash.com

Produk Google yang menarik lainnya adalah Google Analytics. Dilansir dari Forbes, Google Analytics memiliki banyak manfaat dan atau fungsi bagi seorang content creator/writer serta untuk sebuah bisnis, seperti memahami apa yang masyarakat cari dan butuhkan, mengetahui bounce rate, traffic, mencari keyword terbaik, hingga melihat traffic kompetitor.

Produk yang diluncurkan pada 2006 ini dapat digunakan secara gratis. Bagi kamu pengguna Google, kamu juga bisa menyambungkannya dengan Google Adwords, YouTube, hingga Blogger.

4. Google Maps

Mengenal 7 Produk Google yang Paling Populer Beserta Fungsinya. Google Maps: sumber unsplash.com

Jika kamu merencanakan perjalanan ke lokasi yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, kemungkinan besar kamu akan meng-install dan melihat Google Maps sebagai petunjuk. Bukan hanya kamu, miliaran orang lainnya juga menggunakan layanan ini untuk tujuan yang sama denganmu. Sebab memang itulah fungsi dari produk Google yang satu ini.

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2005, Google Maps telah membantu banyak traveler sampai ke tempat tujuan tanpa tersesat. Seiring waktu, Google bahkan telah memperbarui aplikasi dan mendukung tampilan panorama interaktif 360 derajat serta citra satelit.

Baca juga: Biografi Larry Page dan Sergey Brin, Duo Pendiri Google

5. Google Translate

Mengenal 7 Produk Google yang Paling Populer Beserta Fungsinya. Google Translate: sumber playstoretips.com

Google Translate merupakan piranti penerjemah instan yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2006. Saat ini, Google Translate bisa menerjemahkan hingga ke lebih dari 64 bahasa. Ini bahkan menjadi piranti andalan pelajar sekolah dan mahasiswa.

Bukan hanya menerjemahkan kata, Google Translate juga berfungsi sebagai penerjemah halaman web secara instan, lho. Inovasi inilah yang telah melambungkan Google dan membuat Google Translate menjadi pengganti buku kamus.

6. Google Drive

Mengenal 7 Produk Google yang Paling Populer Beserta Fungsinya. Google Drive: sumber dotnextdigital.com

Nah, untuk produk Google yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagimu. Produk berbasis cloud ini berfungsi untuk menyimpan berbagai file dalam satu lokasi. Kamu juga bisa membuatnya dalam sistem folder agar lebih terorganisasi.

Menariknya, kamu juga dapat mengatur apakah file tersebut hanya dapat kamu buka secara pribadi atau bisa dilihat dan diedit oleh pengguna lainnya di Google Drive. Produk yang rilis pada 2012 ini bisa sangat membantu dalam mengarsipkan file pekerjaan dan berbagi file pada rekan kerjamu yang lain.

7. Google Meet

Mengenal 7 Produk Google yang Paling Populer Beserta Fungsinya. Google Meet: sumber wwwhatsnew.com

Selama masa pandemi Covid-19, Google Meet semakin ramai digunakan oleh banyak perusahaan. Google Meet ini menjadi salah satu solusi conference call atau meeting selama karyawan work from home (WFH). Seperti yang telah dijelaskan di atas, fungsi Google Meet adalah untuk menjalankan rapat, seminar, hingga kegiatan belajar mengajar secara online.

Satu ruang conference call dapat diikuti oleh maksimal 100 peserta. Semua peserta harus log in dengan akun Google mereka masing-masing. Dikutip dari CNET, pada dasarnya Google Meet membatasi conference call versi gratis hingga 60 menit. Namun hingga 30 September 2020, Google mengatakan tidak akan menerapkan batas waktu tersebut.

Baca juga: Cara Bekerja di Google Indonesia

Nah, itulah 7 produk Google yang paling popular saat ini dan tentunya bisa membantu pekerjaanmu. Sebenarnya, masih ada banyak produk Google menarik lainnya, seperti Google Docs, Google Sheet, Google Calender, Google Keep, Google Assistant, dan masih banyak lagi. Dan pastinya kamu bisa menggunakan semuanya secara gratis sesuai kebutuhanmu. Semoga bermanfaat, ya!

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js
pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *