Tanggal:29 April 2024

7 Prospek Kerja Ilmu Nuklir

Salah satu program studi yang langka namun cukup populer di Indonesia yaitu Teknik Nuklir. Sejauh ini hanya terdapat 2 institusi pendidikan yang menawarkan pelajaran mengenai teknik nuklir. Tempat belajar teknik nuklir pertama yaitu di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Institusi Kedinasan Sekolah Tinggi Teknik Nuklir milik BATAN.

Kamu akan mempelajari nuklir dari hal yang terkecil, tidak hanya mempelajari pemanfaatkan nuklir untuk senjata atau sumber energi. Pada dasarnya nuklir itu terjadi akibat adanya interaksi radiasi sinar x dengan sinar gamma terhadap materi tertentu.

Masih banyak yang merasa awam dengan dunia pernukliran, maka dari itu di artikel ini Vocasia akan memberi tahumu apa saja prospek kerja ilmu nuklir di khususnya di Indonesia.

Buat kamu yang memiliki ketertarikan dengan dunia nuklir merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel Vocasia berikut ini. Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel berikut ini sampaii tuntas!

ilustrasi perusahaan pertambangan - @pixabay.com

ilustrasi perusahaan pertambangan – @pixabay.com

1. Pertambangan

Tidak hanya bergantung dengan perusahaan nuklir namun lulusan ilmu nuklir juga kerap menjadi incaran perusahaan pertambangan untuk dijadikan karyawan karena lulusan ilmu nuklir dipecara memiliki keterampilan dalam melakukan riset mendalam dan memiliki ketelitian yang tinggi.

2. Perminyakan

DIkarenakan wawasan dan ilmu seorang lulusan ilmu nuklir tentang termodinamika, mekanika maca-maca jenis cairan) dan perpindahan massa dan panas. Lulusan di ilmu nuklir ini sering dipekerjakan di perusahaan perminyakan. Jadi bekerja di perusahaan perminyakan merupakan hal yang lumrah bagi seorang lulusan ilmu nuklir,

3. Perusahaan energi

Nuklir merupakan salah satu sumber penghasil energi listrik terbesar, jadi nuklir bisa dikategorikan sebagai salah satu entitas energi.

Dengan wawasan dan ilmu mengenai energi, seorang lulusan ilmu nuklir kerap dipekerjakan di perusahaan energi khususnya di PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir. Di perusahaan PLN, PJB dan perusahaan energi swasta lainnya sering ditemui seorang lulusan ilmu nuklir dipekerjakan di sana.

BATAN - @wikipedia

BATAN – @wikipedia

4. BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional)

Salah satu badan nasional yang berfungsi melakukan riset mendalam seputar nuklir dan energi yaitu Badan Tenaga Nuklir Nasional. Institusi milik negara ini akan senang jika mendapatkan tenaga kerja baru yang memiliki minat di dunia nuklir.

5. BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi)

Lulusan teknik nuklir sangat dibutuhkan dalam melakukan riset dan analisa mendalam. Maka dari itu lemabaga pemerintah seperti BPPT membutuhkan seorang lulusan teknik nuklir untuk melakukan pengkajian terhadap energi untuk kebutuhan negara.

6. Kementerian ESDM

Dengan cakupan wawasan yang luas seorang lulusan ilmu nuklir, Kementrian ESDM akan sangat membutuhkan kinerjanya. Seorang lulusan ilmu nuklri akan mengeksplorasi sumber-sumber negeri di seluruh penjuru wilayan nusantara.

ilustrasi Radiologi - @rawpixel.com

ilustrasi Radiologi – @rawpixel.com

7. Peneliti kesehatan

Ilmu nuklir memiliki hubungan yang erat dengan dunia kesehatan. Kenyataannya, sinar x dan sinar gamma berfungsi penting dalam hal medis seperti radiologi, Reaksi nuklir sering diterapkan dalam pelaksanaan radiodiagnosis dan radioterapi.

Demikian adalah 7 prospek kerja ilmu nuklir. Semoga bermanfaat!

Baca juga :

Fenomena Munculnya Masyarakat Pemberontak Teknologi

Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia?

Berpenghasilan Besar, Ini Deretan Pekerjaan Yang Memiliki Resiko Tinggi!

Contoh Kerja Sama ASEAN Di Bidang Politik, Apa Saja?

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *