Tanggal:06 May 2024
Apa itu co-branding? (youtube.com)

Co-branding: pengertian, strategi, manfaat dan contoh

Apa itu co-branding?

Co-branding mengacu pada pemanfaatan dua atau lebih merek untuk menciptakan produk baru. Ini bisa dari perusahaan yang sama atau dari dua perusahaan yang berbeda. Merek yang mendasari merek baru saling membantu dalam mencapai tujuan merek yang baru dibuat. Penting agar sinkronisasi antara merek bahan dan produk baru ditentukan dengan hati-hati.

Baca Juga | Branding: Pengertian, Manfaat dan tujuan branding secara umum

Co-branding cenderung menciptakan sinergi pemasaran secara keseluruhan dengan menciptakan basis pelanggan yang lebih besar yang menggabungkan basis pelanggan yang ada dari pasangan merek, menyoroti fitur terbaik dari setiap merek. Bisnis yang beroperasi secara online juga memiliki visibilitas tambahan dari situs web bisnis mereka dan properti lainnya untuk lebih mempromosikan kampanye.

Jenis strategi co-branding

Berikut adalah strategi co-branding yang paling umum digunakan saat ini:

1. Ingredient co-branding

Dalam strategi co-branding bahan, para profesional menggunakan bahan atau komponen dari satu merek terkenal di produk merek terkenal lainnya. Dalam kemitraan co-branding bahan, setiap mitra biasanya merupakan merek utama di industri mereka, dengan kualitas dan produk unik yang dilindungi oleh paten.

Baca Juga |10 Perubahan Logo Brand Terkenal

2. Co-branding perusahaan yang sama

Co-branding perusahaan yang sama adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan beberapa merek in-house di bawah satu produk. Konglomerat makanan besar sering menggunakan co-branding perusahaan yang sama untuk mempromosikan produk mereka. Bentuk co-branding ini hanya melibatkan satu perusahaan tetapi dapat menampilkan kolaborasi dengan anak perusahaan.

Baca Juga | Mengenal Perusahaan Big Four dan 7 Keuntungan Berkarier di sana!

3. Co-branding nasional ke lokal

Co-branding nasional ke lokal terjadi ketika usaha kecil lokal bekerja sama dengan merek yang dikenal secara nasional. Tujuan dari kemitraan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran merek nasional sekaligus meningkatkan pendapatan usaha kecil. Visa sering kali melakukan co-branding kartu kredit dengan department store dan pengecer kecil lainnya. Produsen kendaraan sering melakukan co-branding dengan dealer mobil lokal.

Baca Juga | 10 Aplikasi Pendukung UMKM, Sudah Punya Semua?

4. Usaha patungan atau merek bersama gabungan

Usaha patungan atau co-branding komposit adalah aliansi antara dua atau lebih perusahaan terkenal dengan tujuan menghadirkan produk atau layanan baru yang tidak mungkin dilakukan secara individual. Ini dapat mencakup menciptakan produk yang sama sekali baru bersama-sama atau meningkatkan produk yang sudah ada. Contohnya adalah ketika platform layanan streaming bermitra dengan studio film untuk membuat atau menyelenggarakan film dan acara televisi.

Baca Juga | Cara Bikin CV (Perseroan Komanditer) Perusahaan

5. Beberapa sponsor co-branding

Beberapa sponsor co-branding terjadi ketika dua atau lebih perusahaan berpasangan untuk berbagi teknologi dan acara promosi. Profesional menggunakan beberapa sponsor co-branding dalam acara atletik, konser, dan aksi yang menarik perhatian. Setiap perusahaan yang terlibat sering kali mendapatkan peluang untuk meningkatkan penjualan, pengenalan merek, atau reputasi.

Baca Juga | Definisi, Bentuk dan Manfaat CSR (Corporate Social Responsibility)

Contoh co-branding

Berikut adalah beberapa contoh kemitraan co-branding yang sukses:

  • Kanye West dan Adidas berkolaborasi untuk membuat ‘Adidas Yeezy’ berbagai sepatu kets, kemeja, jaket, celana olahraga, dll. Mulai dari $600 untuk celana olahraga hingga $3000 untuk jaket, Adidas Yeezy dikenal sebagai co-brand paling berpengaruh saat ini . Hal ini karena nilai dan positioning keduanya sangat cocok satu sama lain.
  • Oreo X Supreme

Baca Juga | Tripod yang rekomendasi banget buat dibawa Travelling, Kalian wajib tahu!

Oreo X Supreme adalah salah satu contoh produk co-branding yang sukses mencuri perhatian publik, bukan hanya para pecinta makanan saja, tapi juga para pecinta produk fashion, khususnya pecinta produk supreme.

Produk makanan ini dijual secara terbatas dan dibandrol dengan harga yang jauh lebih mahal daripada produk Oreo pada umumnya. Satu bungkus Oreo X Supreme dengan isi tiga keping ini dibanderol dengan harga 1,5 juta rupiah.

Manfaat co-branding

Co-branding dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat, termasuk konsumen yang membeli produk atau menggunakan layanan tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat yang paling menonjol dari co-branding bagi perusahaan:

  • Peningkatan basis pelanggan, termasuk pelanggan dalam demografi yang sebelumnya belum terjangkau
  • Peningkatan penjualan
  • Penciptaan produk dengan kualitas yang lebih baik
  • Menghasilkan pendapatan royalti
  • Loyalitas pelanggan meningkat
  • Pengenalan merek yang ditingkatkan
  • Meningkatkan kredibilitas dan kehormatan ketika disejajarkan dengan mitra atau proyek yang tepat
  • Berbagi beban keuangan untuk pemasaran, pengembangan teknologi, dan acara promosi
  • Pendapatan dari teknologi yang diproduksi bersama
  • Berbagi risiko di semua mitra

Baca Juga | Pentingnya Jingles Untuk Iklan Bisnis Anda

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *