Tanggal:05 May 2024

Berpenghasilan Besar, Ini Deretan Pekerjaan yang Memiliki Resiko Tinggi!

Dalam memenuhi kebutuhan dan menyambung hidup, hampir setiap individu membutuhkan pekerjaan. Sebab itulah, setiap hari orang-orang akan pergi bekerja demi mencari nafkah. 

Pada dasarnya mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keahlian yang dimiliki,  memang bukan suatu hal yang mudah. Beberapa pekerjaan menawarkan penghasilan yang besar sebanding dengan resiko yang dimilikinya.

Sehingga, tidak sedikit orang yang rela mempertaruhkan nyawanya setiap hari sebab pekerjaan mereka memiliki resiko yang besar bagi keselamatan dirinya, demi dapat memenuhi kebutuhan dan mendapatkan kehidupan yang layak. Oleh karena itu, kamu perlu mensyukuri apabila memiliki memiliki pekerjaan yang nyaman sesuai dengan minat dan keahlianmu.

Berikut adalah beberapa jenis-jenis pekerjaan yang memiliki resiko tinggi, bahkan sampai mengancam jiwa. 

Baca Juga :

1. Pilot

Pekerjaan berpenghasilan besar yang memiliki resiko tinggi pertama adalah pilot. Seorang pilot memiliki tugas untuk mengantarkan puluhan hingga ratusan penumpang dalam setiap penerbangannya. Sehingga, secara tidak langsung seorang pilot juga bertanggung jawab atas keselamatan para penumpang, selain penumpang itu sendiri.

Tidak sedikit, insiden kecelakaan pesawat disebabkan oleh kelalaian pilot dalam menjalankan tugasnya. Karena itu, apabila pilot melakukan kesalahan sedikitpun maka akan berakibat fatal sebab dapat mengancam nyawa.

Meski memiliki resiko yang tinggi, pekerjaan ini memiliki penghasilan yang cukup besar. Dilansir dari CNBC menyebutkan bahwa penghasilan pilot di Indonesia per bulannya mencapai sekitar 60 juta hingga 150 juta rupiah. 

Baca Juga :

Jenis-Jenis Pekerjaan Yang Bisa WFH

Jenis Pekerjaan di Startup

2. Awak kabin

Pekerjaan berpenghasilan besar yang memiliki resiko tinggi yang kedua ialah awak kabin. Tidak jauh beda dengan pilot, profesi awak kabin atau pramugari dan pramugara juga berisiko tinggi. Dalam setiap penerbangan, awak kabin memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap keselamatan penumpang. 

Sebab, awak kabin mempunyai tanggung jawab untuk melayani penumpang hingga memberikan pengarahan soal keselamatan, keamanan dan kenyamanan kepada penumpang. Sehingga tidak mengherankan pekerjaan ini memiliki penghasilan yang lumayan besar. 

Besaran penghasilan awak kabin berbeda-beda di setiap maskapai. Namun, umumnya mencapai sekitar 10 juta sampai 20 juta per bulan.

Baca Juga :

3. Pekerja tambang

Pekerjaan ketiga yang berpenghasilan besar serta memiliki resiko tinggi adalah pekerja tambang. Sudah menjadi rahasia umum bahwa bekerja di sektor pertambangan dikenal dengan penghasilannya yang lumayan tinggi. Untuk seorang fresh graduate, gaji yang ditawarkan sekitar 7 juta sampai 10 juta. Belum ditambah tunjangan lain yang bisa mencapai hingga dua kali lipat.

Namun, dibalik penghasilan besar tersebut, pekerja tambang memiliki resiko tinggi yang harus rela mengorbankan nyawa. Sebab pekerja tambang mempunyai tugas untuk mengeksplorasi emas, minyak dan gas yang mengharuskan bersentuhan langsung dengan tempat yang berbahaya. 

Seperti halnya penambang emas yang harus rela masuk dalam gua atau galian yang sangat dalam dengan resiko dapat tertimbun tanah dan batu-batuan. Begitu juga dengan penambang minyak dan gas yang harus masuk ke dalam lautan untuk menghasilkan tambang mentah di perut bumi.

Baca Juga :

5 Pekerjaan yang Dibutuhkan Masa Sekarang

Cara-Cara Melamar Kerja Online

4. Teknisi menara

Pekerjaan berpenghasilan besar serta memiliki resiko tinggi yang keempat adalah teknisi menara. Di era digital yang semakin pesat, berdampak pada semakin banyaknya pengguna ponsel. Sehingga semakin banyak pula menara telekomunikasi yang berdiri di setiap titik. 

Tidak jarang terdapat gangguan pada jaringan, sebab itu lah dibutuhkan seorang petugas teknisi menara untuk memperbaiki jaringan tersebut. Untuk mengetahui gangguan apa yang terjadi pada jaringan, teknisi diharuskan untuk naik ke atas menara. Meskipun mereka menggunakan sabuk pengaman, namun tetap saja resiko kecelakaan bisa terjadi. 

Dengan resiko yang tinggi, seorang teknisi menara mendapat penghasilan sebesar 4,1 juta hingga 7,6 juta per bulannya.

Baca Juga :

Cara kerja di Luar Negeri

Cara Melamar Kerja Lewat Email

5. Pembersih kaca gedung

Pembersih kaca gedung merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki resiko tinggi lainnya. Sebagai salah satu kawasan pusat perekonomian, Jakarta dikenal dengan gedung-gedung pencakar langitnya. 

Untuk sebagian pekerja di kawasan tersebut, mungkin sudah tidak asing dengan pekerjaan pembersih kaca gedung. Kamu dapat menjumpai mereka setiap hari di gedung-gedung tinggi. Jika melihat para pembersih kaca gedung ini bekerja, memang terkesan pekerjaan tersebut cukup mengerikan. Sebab dapat beresiko jatuh atau kecelakaan lainnya. 

Untuk penghasilan sendiri, para pembersih kaca gedung bisa mendapat penghasilan sekitar 6 juta per bulannya. Mungkin untuk sebagian orang, penghasilan tersebut tidak sebanding dengan jenis pekerjaannya.

6. Operator limbah

Pekerjaan berpenghasilan besar yang memiliki resiko tinggi selanjutnya adalah operator limbah. Manusia sebagai makhluk hidup pasti menghasilkan limbah. Mulai dari sampah makanan, limbah rumah tangga, limbah pabrik, sampai kumpulan berbagai limbah yang menyatu. 

Sehingga dibutuhkan seorang operator khusus untuk mengolah limbah tersebut. Umumnya, pekerjaan operator limbah akan dibekali skill, sertifikasi khusus untuk menanganinya. Sebab pekerjaan operator limbah memiliki resiko tinggi. Karena dalam menjalankan tugasnya diharuskan selalu berada di lingkungan yang dekat dengan limbah. Sehingga memungkinkan dapat dengan mudah terpapar berbagai penyakit, mulai penyakit kulit hingga pernapasan. 

Baca Juga :

Cara Mengatasi Telat Interview Kerja

Mengenal Hustle Culture

7. Pekerja laboratorium nuklir

Pekerjaan berpenghasilan besar yang memiliki resiko tinggi yang terakhir ialah pekerja laboratorium nuklir. Seorang pekerja laboratorium nuklir bertanggung jawab untuk mengecek, melepaskan, hingga memanfaatkan energi nuklir. Sehingga mengharuskan berada  seharian di laboratorium yang berbahaya tersebut. 

Laboratorium nuklir merupakan tempat yang memiliki berbagai radiasi yang dapat berbahaya bagi kesehatan. Radiasi-radiasi tersebut dapat mengakibatkan penyakit berbahaya bagi tubuh manusia seperti menurunkan imunitas, kelainan reproduksi, mutasi gen, kanker, leukimia, hingga kardiovaskular. 

Baca Juga :

Mengenal Teamwork

20+ Pertanyaan Interview Pekerjaan

Sehingga, tidak mengherankan jika seorang pekerja laboratorium nuklir memiliki penghasilan besar. Hal tersebut sebanding dengan resiko pekerjaannya.

Jika kamu tak ingin ketinggalan diskon yang ada di Vocasia kamu bisa klik tautan dibawah ini!.

basic excel training
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *