Tanggal:26 July 2024

Prospek Kerja Sastra Inggris dan Gajinya

Lulusan sastra inggris selalu jadi asumsi banyak orang bahwa pekerjaannya hanya di bidang pendidikan. Padahal jurusan Sastra Inggris tidaklah sama dengan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Jika jurusan Pendidikan Bahasa Inggris belajar tentang cara mengajarkan Bahasa Inggris, di jurusan Sastra Inggris lebih dari itu.

Kamu akan belajar banyak hal seperti mengasah kemampuan berkomunikasi, kemampuan membaca dan memahami sebuah karya sastra, kemampuan berpikir terstruktur, kemampuan melakukan analisis, hingga keterampilan interpersonal. Keterampilan-keterampilan seperti itu sangat dicari di perusahan sampai saat ini. Banyak dari perusahaan yang memerlukan karyawan yang ahli dan memahami seni berbicara, bahasa, dan komunikasi secara dalam. 

Dengan jurusan sastra Inggris ini kamu bisa bekerja di banyak bidang lainnya. Prospek kerja sastra inggris menawarkan berbagai macam pekerjaan yang ternyata lumayan banyak untuk dipilih. Saking banyaknya, sebagian lulusan ini bingung harus memilih profesi apa sebagai langkah pertama memulai karir.

Bagi kamu Fresh Graduate pastinya bukan hal yang mudah untuk mencari pekerjaan yang menjanjikan. Kamu harus memilih satu dari sekian profesi yang dilamar ketika mencari pekerjaan. Maka dari itu, dalam artikel ini akan membahas seputar prospek kerja yang menjanjikan untuk jurusan sastra inggris, yuk disimak.

Prospek Kerja Sastra Inggris

1. Tour Guide

Photo: Pixabay

Prospek kerja Sastra Inggris yang pertama sebagai tour guide atau dikenal sebagai pemandu wisata. Para pelancong yang baru pertama kali datang ke Indonesia tentunya akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, celah itu bisa kamu manfaatkan sebagai mata pencaharian.

Selain bisa membantu orang lain, menjadi tour guide juga memungkinkan kamu untuk traveling di saat yang bersamaan. Malah tak jarang kamu dibayar makan dan masuk ke tempat wisata oleh para pelancong tersebut. Kisaran gaji yang bisa kamu dapatkan sekitar Rp 5 juta hingga Rp 7 jutaan per bulannya, tergantung jumlah panggilan yang didapat.

Baca juga: Profesi Tour Guide: Pengertian, Tanggung Jawab, Skill, Dan Gajinya

2. Penerjemah

Photo: Pixabay

Prospek kerja Sastra Inggris kedua yang bisa kamu coba adalah menjadi penerjemah. Pekerjaan yang satu ini merupakan profesi yang paling umum diambil oleh lulusan kerja dari jurusan Sastra Inggris karena sangat relevan dengan bidang yang ditekuni.

Disini pekerjaan utama kamu adalah menerjemahkan tulisan bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia untuk dimengerti oleh pembaca, bisa itu berupa komik, surat kabar, majalah hingga film. Untuk kisaran gaji seorang penerjemah sendiri memiliki range di angka Rp 5 juta hingga Rp 10 juta untuk tingkat pemula.

Baca juga: Translator: Pengertian, Skill, Tugas Dan Gajinya

3. Content Writer

Photo: Pixabay

Content writer adalah salah satu pekerjaan yang sedang banyak dicari untuk jurusan bahasa, termasuk sastra Inggris. Profesi sebagai content writer saat ini sangat diminati karena bisnis sekarang sudah mulai memahami pentingnya konten yang baik dan berkualitas.

Menulis narasi di media sosial, naskah berita, blog, hak cipta, dan sebagainya bisa menjadi pilihan lulusan sastra Inggris untuk memulai karier sebagai penulis konten. Content writer pun dapat meningkatkan keahliannya ke penulisan teknik SEO untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat website. Besaran gaji rata-rata sekitar Rp72 juta per tahun.

Baca juga: Mengenal Content Writer, Profesi Penulis Yang Paling Dicari

4. Bidang Penerbitan (Publisher)

Photo: Pixabay

Sebagai lulusan jurusan sastra Inggris kamu bisa bekerja di bidang penerbitan. di bidang penerbitan, kamu bisa menjadi seseorang yang bekerja di perusahaan penerbitan atau publishing companies sebagai pemimpin redaksi (editor in chief), redaktur pelaksana (managing editor), senior editor, editor akuisisi (acquisition editor), copy editorright editor, dan picture editor. Pemimpin redaksi, redaktur pelaksana, editor akuisisi, dan right editor bertanggung jawab dalam bagian teknikal penerbitan.

Contohnya, mereka bertugas untuk mengelola pekerjaan penulis dan tim editorial. Mereka juga bertanggung jawab untuk membuat keputusan bisnis yang lebih besar seperti menerapkan kebijakan, memantau pengeluaran, dan menyetujui projek.

Memahami tentang karya sastra, finansial, pemasaran, administrasi, serta memiliki keterampilan manajerial yang baik. Kamu juga perlu memiliki skill seorang editor. Kisaran gaji yang diperoleh di posisi ini sekitar 3 juta hingga 7 juta rupiah perbulan.

5. Diplomat

Photo: Pixabay

Mewakili negara dalam suatu pertemuan untuk melakukan diplomasi dan membangun hubungan yang baik antar negara. Seorang diplomat juga bertugas untuk mengembangkan kebijakan dan strategi terhadap berbagai negara, mempromosikan investasi luar negeri ke negara yang diwakilkan, dll. 

Keterampilan yang harus kamu miliki diantaranya Fasih dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, kemampuan bernegosiasi, analitis, memiliki sikap kepemimpinan, dan mampu berkomunikasi secara efektif. Kisaran gaji yang didapatkan 4 juta hingga 10 juta rupiah perbulan.

Baca juga: 7 Pekerjaan Yang Membutuhkan Bahasa Inggris

6. Jurnalis

Photo: Jurnalis

Prospek kerja lulusan sastra Inggris selanjutnya adalah di bidang jurnalisme. Ini merupakan jenis pekerjaan yang menantang dengan iklim kerja yang kompetitif dan punya jenjang karier. Jurnalis dapat bekerja di mana saja, seperti surat kabar, majalah, radio, televisi, serta media online.

Jika kamu menyukai kegiatan yang berkaitan dengan investigasi, wawancara, serta penulisan dan pelaporan berita, dapat memulai karier sebagai reporter. besaran gaji rata-rata sekitar 3 juta hingga 8 juta perbulan.

Baca juga: Mengenal Profesi Jurnalis, Pengertian, Tugas, Skill Dan Gajinya

7. Pramugari

Photo: Pixabay

Profesi kelima yang bisa dicoba oleh lulusan Sastra Inggris adalah menjadi pramugari. Meski tidak berkorelasi secara langsung, tapi pekerjaan yang satu ini bisa dicoba oleh siapapun yang punya cita-cita menjadi pramugari. Prospek kerja Sastra Inggris yang satu ini juga menawarkan penawaran yang menarik dimana kamu bisa berjalan-jalan ke luar negeri beriringan dengan tugas yang kamu dapatkan dari pihak maskapai.

Modal utama menjadi seorang pramugari adalah wajah yang cantik, badan yang tinggi dan juga kemampuan komunikasi yang baik. Untuk urusan gaji, seorang pramugari bisa dibayar sekitar Rp 4 juta hingga Rp 7 juta setiap bulannya. Belum termasuk tunjangan lain yang bakal didapatkan.

Baca juga: Cara Menjadi Pramugari Pesawat Terbang

8. Guru/Dosen

Photo: Pixabay

Propek kerja sastra inggris berikutnya kamu bisa mencoba menjadi pengajar akademis atau dosen Mengajar bahasa Inggris di sekolahan, tempat kursus, universitas, atau online. Pengajar bahasa Inggris juga bertugas untuk membuat suasana kelas yang aman, edukatif, dan menyenangkan. Selain mengajar bahasa Inggris, kamu juga bisa mengajar bahasa Indonesia kepada orang asing.

Seorang pengajar juga bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengembangkan kurikulum pelajaran. Pastinya kamu harus memiliki keahlian bahasa Inggris , keterampilan mengajar, kreativitas, kesabaran, dan keterampilan organisasi yang baik. Kisara gaji rata-rata yang diperoleh 3 juta hingga 4 juta rupiah perbulan.

Baca juga: 8 Prospek Kerja Manajemen SDM Dan Gajinya

Nah, itulah prospek kerja lulusan sastra inggris. Semoga bermanfaat.

Silah kunjungi blog Vocasia untuk mendapatkan artikel menarik lainnya.

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *