Tanggal:15 May 2024

7 Pekerjaan yang Membutuhkan Bahasa Inggris

Di era globalisasi seperti saat ini, kemampuan berbahasa asing sangat dibutuhkan. Tidak hanya untuk sekedar menjadi gaya hidup. Namun, kemampuan berbahasa asing sudah menjadi kebutuhan khusus guna berkomunikasi dengan banyak orang dalam lingkup global. Terlebih, tingkat persaingan dalam dunia kerja semakin ketat. Dengan menguasai bahasa asing tentu akan membuatmu memiliki nilai tambah dan lebih unggul dibandingkan yang lain.

Selain itu, di dunia kerja pun kemampuan berbahasa asing juga diperhitungkan dan sangat penting. Terutama bahasa Inggris, sebab bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang banyak digunakan dan sudah dianggap sebagai bahasa Internasional. Berikut pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris. So let’s check this out!

1. Penerjemah

Pekerjaan pertama yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris adalah penerjemah. Penerjemah merupakan suatu pekerjaan yang bertugas untuk mengalih bahasakan atau menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lainnya. Seorang penerjemah harus bisa menerjemahkan baik secara lisan maupun tulisan. Penerjemah memiliki peran yang cukup penting sebagai penghubung bahasa. Oleh sebab itu, penerjemah harus memiliki kemampuan bahasa Inggris serta pemahaman grammar yang baik.Sehingga informasi yang diberikan menjadi mudah dipahami oleh banyak orang. Pekerjaan ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan asing, penerbitan, industri media dan lain-lain.

2. Pemandu Wisata

Pekerjaan yang membutuhkan bahasa Inggris yang kedua ialah pemandu wisata. Profesi ini memiliki tugas untuk menjelaskan kepada turis asing atau lokal tentang situasi tempat pariwisata dan lain-lain. Pekerjaan ini hampir serupa dengan penerjemah, namun yang membedakan pemandu wisata lebih bersifat non formal.  Karena itu, bahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pemandu wisata guna menjelaskan apapun terkait informasi yang ada di tempat tujuan wisata. Kebanyakan turis asing memilih menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi ketika mengunjungi suatu negara. Sehingga, profesi pemandu wisata merupakan pekerjaan yang lumayan penting supaya turis tidak mendapatkan informasi yang salah.

3. Diplomat

Diplomat merupakan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris selanjutnya. Diplomat adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di bawah Kementerian Luar negeri (Kemenlu). Seperti yang diketahui, profesi ini memiliki tugas untuk menjalankan misi diplomatik dengan negara lain atau organisasi internasional. Sebab itu, seorang diplomat wajib memiliki kemampuan bahasa asing setidaknya satu seperti bahasa Inggris. Namun, selain menguasai bahasa Inggris, kamu juga harus menguasai bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) diantaranya Arab, Tionghoa, Perancis, Rusia, dan Spanyol.

4. Jurnalis

Pekerjaan yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris lainnya adalah Jurnalis. Tugas dari seorang jurnalis adalah membuat naskah berita dan melakukan peliputan dalam bentuk wawancara. Dalam melaksanakan pekerjaan tersebut terkadang harus melibatkan bahasa Inggris, terlebih jika dihadapkan oleh peristiwa internasional. Seperti halnya dalam mencari data, sebab untuk menghasilkan berita yang valid, jurnalis membutuhkan banyak data dari berbagai sumber. Atau ketika harus melakukan wawancara dengan narasumber dari mancanegara. Sehingga kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan oleh seorang jurnalis.

5. Pramugari dan Pramugara

Pekerjaan selanjutnya yang mewajibkan kamu untuk mahir dalam bahasa asing adalah Pramugari dan Pramugara. Profesi ini memiliki tugas untuk melayani serta menjaga keselamatan penumpang selama dalam perjalanan di pesawat. Seorang pramugari dan pramugara diharuskan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris, baik dalam rute penerbangan domestik ataupun rute internasional, Sebab pada umumnya penumpang pesawat itu terdiri dari berbagai daerah dan berbagai negara.

6. HRD Perusahaan

HRD (Human Resource Development) merupakan salah satu pekerjaan yang membutuhkan bahasa Inggris. Tugas dari HRD adalah mengelola sumber daya manusia di sebuah perusahaan. Salah satunya adalah melakukan perekrutan calon karyawan. Sehingga kemampuan bahasa Inggris dari seorang HRD sangat dibutuhkan, terlebih jika dalam perusahaan berskala internasional. Kemampuan tersebut, tentu akan memudahkan seorang HRD ketika hendak berkomunikasi dengan calon karyawan yang menggunakan bahasa berbeda.

7. Public Relation

Pekerjaan yang membutuhkan bahasa Inggris terakhir ialah Public Relation. Profesi ini bertugas menjadi komunikator perusahaan dengan pihak lain. Dalam pekerjaannya seorang Public Relation akan lebih sering menghabiskan waktu untuk berinteraksi atau berkoordinasi dengan orang-orang di luar perusahaan dan di berbagai kegiatan. Karena itu, menguasai kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk seorang Public Relation. Dengan kemampuan tersebut, tentu akan memudahkan seorang Public Relation dalam proses komunikasi sehingga hubungan dengan pihak lain menjadi lebih baik.

Baca juga :

9 Cara Agar Bisa Bahasa Inggris Secara Otodidak

5 Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Online Agar Cepat Mahir!

7 Tips Dan Trik Mudah Belajar IELTS Secara Otodidak, Tanpa Menguras Kantong!

8 Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Inggris Terbitan Terbaru!

Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *