Tanggal:22 July 2024

Memiliki Bakat Seni? Ini 13 Ide Bisnis di Bidang Seni Untukmu!

Ide bisnis di bidang seni.

Saat ini, mencari pekerjaan bagaikan mencari jarum di tumpukan jerami. Rasanya sangat sulit dengan proporsi jumlah lowongan kerja yang sedikit, tetapi hal itu berbanding terbalik dengan jumlah pelamar yang sangat membludak. Hal tersebut akhirnya membuat persaingan menjadi sangat ketat dan hanya orang-orang terpilihlah yang akhirnya mendapatkan pekerjaan tersebut. Lalu, bagaimana dengan lainnya? Apakah mereka harus menganggur dan menunggu lowongan pekerjaan baru akhirnya muncul? Tetapi, bagaimana jika pola yang sama di mana pelamar sangat banyak dan dirinya tak terpilih akhirnya terulang kembali? Nah, keadaan tersebut pastinya telah banyak dirasakan oleh orang-orang, mungkin juga dirimu sendiri yang sedang membaca artikel ini, nih. Setelah merasakan fenomena tersebut berulang-kali, mungkin akhirnya muncul pertanyaan di benakmu, “Kalau tak dapat pekerjaan sampai nanti, apa yang harus saya lakukan? Tidak mungkin hanya menganggurkan?”

Satu jawaban yang bisa diberikan untuk menjadi solusi atas permasalahanmu tersebut. Bisnis. Bukalah bisnis sendiri. Selain dirimulah yang nantinya akan menjadi ‘bos’, dengan membuka bisnis, tentu saja nantinya kamu akan mendapatkan keuntungan yang bisa saja jika sangat sukses, keuntungan yang didapatkan akan melampaui gaji bulananmu jika menjadi karyawan kantor. Lalu, bisnis apa yang sekiranya bisa dilakukan? Nah, salah satu bidang bisnis yang bisa kamu geluti adalah bidang seni. Jika kamu memiliki minat dan bakat dalam bidang seni, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka bisnis senimu sendiri, nih. Loh, bukannya bisnis di bidang bisnis ini termasuk bisnis yang suram, tidak ada masa depannya ya? Perspektif tersebut memang banyak dipikirkan oleh orang-orang jika mereka dimintai pendapat mengenai bisnis di dunia persenian. Namun, tentunya hal tersebut sangat keliru, Vocasionaers. Jika kamu bisa membaca keadaan dan jeli dalam menemukan peluang, tentu saja bisnis senimu nantinya justru bisa berkembang dengan pesat! Nah, untuk memudahkanmu, berikut akan dijelaskan beberapa ide bisnis seni yang bisa kamu coba, nih! Langsung saja, check this out.

1. Desain Grafis Freelance

Desain grafis.
Desain grafis. Sumber: Pexels

Ide bisnis di bidang seni #1 yang mungkin bisa kamu geluti adalah dengan membuka bisnis desain grafis freelance. Jika kamu hobi dan memiliki bakat, serta minat di dunia mendesain, mungkin ide bisnis yang satu ini cocok untukmu. Hanya dengan membutuhkan laptop grafis dan tentu saja kemampuanmu, kamu sudah bisa menjalankan bisnis ini, loh! Kamu bisa membuka jasa dengan membuat logo, poster, banner, iklan, brosur, kemasan produk, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menawarkan jasamu ini ke relasi-relasimu, nih! Banyak para graphic designers yang telah menghasilkan uang puluhan juta hanya karena mendesain satu logo perusahaan besar saja, loh!

2. Sketsa Online atau Offline

Sketsa
Sketsa. Sumber: Pexels

Ide bisnis di bidang seni #2 yang bisa kamu kembangkan adalah dengan membuka bisnis sketsa. Ya, sketsa yang biasa kamu temukan di pinggir-pinggir jalan itu. Bukankah nantinya jika menjalankan ide bisnis ini, nasibnya akan sama saja dengan para pelukis sketsa pinggir jalan tersebut? Eit, tentu tidak dong! Dengan pintar-pintar mencari kesempatan, peluang, dan tentunya keahlian menyeketsamu harus bagus, tentu nasib bisnis sketsamu akan jauh lebih bagus dari meraka. Belum lagi ditambah banyak peminatan masyarakat terhadap sketsa untuk dijadikan kado, hiasan rumah, dan lain sebagainya. Nah, kamu bisa nih membuka bisnis ini secara online ataupun offline.

3. Lukisan Canvas

Lukisan
Lukisan. Sumber: Pexels

Berbeda dengan sketsa yang berupa coretan-coretan kasar dan belum sampai selesai, ide bisnis di bidang seni ini justru sudah sampai tahap finalnya yaitu berupa lukisan. Ya, ide bisnis di bidang seni #3 yang bisa kamu coba adalah dengan membuka bisnis lukisan di canvas. Jika sketsa hanya memerlukan canvas dan alat lukis tanpa membutuhkan cat warna, maka ide bisnis ini sebaliknya. Kamu tetap harus membutuhkan canvas, alat lukis, tetapi ditambah dengan cat warna.

4. Bisnis Case HP

Case HP
Case HP. Sumber: Pexels

Ide bisnis di bidang seni #4 yang bisa kamu coba untuk geluti adalah dengan membuka bisnis case HP. Loh, lalu apa hubungannya dengan bidang seni? Media lukis tak hanya dibatasi di atas canvas putih saja, kenyataannya semua benda bisa dijadikan sebagai media lukis, salah satunya softcase HP yang berwarna putih. Peminat terhadap ide bisnis ini pun bisa dibilang cukup tinggi. Kamu bisa memanfaatkan keahlianmu dalam melukis. Kamu juga bisa membuka custom, loh. Siap tertantang membuka bisnis melukis tapi di atas case HP?

5. Bisnis Sneakers

Sneakers.
Sneakers. Sumber: Pexels

Ide bisnis di bidang seni #5 yang bisa dijadikan bisnis selanjutnya adalah dengan membuka bisnis sneakers. Sama seperti ide bisnis case HP, kamu juga bisa membuka bisnis dengan menjual sneakers yang sudah kamu lukis, nih. Biasanya sneakers yang digunakan itu berwarna putih ya. Nah, pelangganmu juga bisa custom lukisannya, nih. Jadi, kamu hanya perlu melukis sesuai yang diinginkan pelanggan di atas sneakersnya!

6. Bisnis Totebag

Totebag
Totebag. Sumber: Pexels

Ide bisnis di bidang seni #6 yang juga bisa kamu geluti adalah dengan membuka bisnis totebag. Banyak orang sudah mulai mengganti tas punggungnya menjadi totebag. Selain lebih praktis, totebag juga dinilai lebih fashionable. Apalagi dengan beragam model yang ciamik. Nah, kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka bisnis totebag juga. Kamu bisa memodifikasinya dengan menambahkan lukisan-lukisan tanganmu di atas totebag atau menambahkan desainmu untuk disablon di totebag tersebut.

7. Webtoon

Webtoon.
Webtoon. Sumber: Pexels

Kamu suka membuat cerita? Kamu juga suka menggambar? Jika demikian, mungkin ide bisnis di bidang seni yang ini sangat cocok untuk kamu lakukan. Ide bisnis di bidang seni #7 adalah dengan membuat komik di webtoon. Ya, kamu bisa mulai memanfaatkan kreatifitasmu dalam membuat komik untuk diunggah ke webtoon, nih! Jika ceritamu sangat bagus, selain nantinya akan populer, kamu juga akan mendapatkan penghasilan darinya yang sangat menggiurkan, loh!

8. Perias Wajah

Rias wajah
Rias wajah. Sumber: Pexels

Ide bisnis di bidang seni #8 yang bisa kamu geluti adalah dengan menjadi seorang perias wajah. Selain melukis, salah satu seni yang sangat memiliki peluang untuk sukses ketika dijadikan bisnis adalah seni rias wajah atau yang lebih dikenal dengan tata rias. Banyak orang yang tidak memiliki keahlian dalam merias wajah, akhirnya menyewa jasa seorang perias untuk mendandani mereka. Pengantin, lamaran, foto keluarga, kondangan, dan acara-acara lainnya biasanya sangat membutuhkan keberadaan perias wajah ini. Nah, dengan kemampuan meriasmu yang bagus, tentu dengan membuka bisnis ini, kamu akan banyak disewa, nih!

9. Pelukis Tato

Pelukis tato.
Pelukis tato. Sumber: Pexels

Seperti yang telah dijelaskan, media lukis tak hanya sebatas kertas atau canvas. Lebih dari itu, banyak sekali yang bisa dijadikan sebagai medianya, salah satunya adalah tubuh. Loh, maksudnya melukis di atas tubuh itu bagaimana? Banyak orang ingin memiliki tato di tubuh mereka. Nah, jika kamu hobi melukis dan tertantang untuk mencoba hal yang baru, kamu bisa mencoba membuka bisnis tato ini, nih.

10. Bisnis Tembikar

Membuat tembikar.
Membuat tembikar. Sumber: Pexels

Kamu memiliki keahlian, minat dan bakat dalam dunia tembikar? Wah, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka bisnismu sendiri, nih. Ide bisnis di bidang seni #10 yang patut kamu coba adalah dengan membuka bisnis tembikar. Bisnis ini memang memerlukan waktu, keahlian yang terampil, dan kesabaran yang sangat banyak. Namun, jika kamu tekun, tentu hasil yang akan didapatkan sangat memuaskan. Kamu bisa membuat gelas, teko, piring, pajangan, asbak, vas, dan sebagainya, nih!

11. Cloothing Line

Cloothing line.
Cloothing line. Sumber: Pexels

Ide bisnis di bidang seni #11 yang bisa kamu coba adalah dengan membuka cloothing line dengan desainmu sendiri yang ciamik. Jika kamu memiliki keahlian seni mendesain, kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka bisnis cloothing line ini. Banyak orang suka membeli baju karena desain-desainnya yang unik dan keren. Oleh karena itulah, dalam membuka bisnis ini, kreatifitas sangat dibutuhkan!

12. Les Musik

Membuka les musik.
Membuka les musik. Sumber: Pexels

Kamu memiliki pengetahuan musik seperti memainkan alat musik tertentu? Nah, jika ya, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka bisnismu sendiri, nih. Ide bisnis di bidang seni #12 adalah dengan membuka les musik. Kamu bisa menawarkannya ke relasi-relasimu, anak sekolah, dan lain sebagainya, nih.

13. Sanggar Seni Tari

Membuka les tari.
Membuka les tari. Sumber: Pexels

Ide bisnis di bidang seni #13 yang bisa kamu coba adalah dengan membuka sanggar tari. Jika kamu memiliki kemampuan dalam menari, kamu bisa mulai membuka bisnis dengan membuka sanggar tari ini. Selain mengajar tari, kamu juga bisa melebarkan bisnismu dengan membuka jasa sewa untuk acara-acara tertentu, seperti pernikahan misalnya.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *