Tanggal:10 May 2024

7 Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Berminyak!

Menjaga kesehatan kulit wajah memang lah penting, akan tetapi merawat wajah bukan hal yang mudah. Karena tergantung dari kesehatan kulit wajah yang dialami setiap orang berbeda-beda. Menggunakan skincare yang teratur akan menjaga dan merawat kulit wajah kamu tentunya!

Salah satu perawatan kulit wajah yang dapat dilakukan dengan menggunakan sunscreen. Sunscreen merupakan salah satu rangkaian skincare yang tidak boleh dilewatkan, terutama saat kamu yang akan beraktivitas di luar ruangan, untuk menjaga proteksi maksimal sinar matahari. Sunscreen adalah produk yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Memakai sunscreen sangat dianjurkan karena dapat mencegah penuaan dini dan beberapa penyakit kulit lainnya akibat sinar ultraviolet tersebut.

Baca Juga : 11 Rekomendasi Skincare Lokal untuk Kulit Berminyak

Semua jenis kulit wajah memerlukan penggunaan sunscreen atau tabir surya, tak terkecuali untuk kulit berminyak. Hal ini bertujuan untuk memperlambat kemunculan tanda penuaan, mengurangi risiko munculnya hiperpigmentasi, hingga kanker kulit.Karenanya, penting memilih sunscreen yang cocok untuk kulit kamu.

Setiap orang memiliki kesehatan kulit wajah orang berbeda-beda. Jika kulit wajah kamu berminyak, menemukan sunscreen untuk kulit berminyak memang susah-susah gampang. Karena, tekstur yang berat mungkin jadi salah satu pertimbangan. Padahal, pemilik kulit oily skin sendiri sudah sering mengalami masalah minyak berlebih.

Baca JugaPerbedaan Sunscreen dan Sunblock

Jangan khawatir! Karena kini sudah banyak tersedia rekomendasi produk sunscreen untuk kulit berminyak dengan tekstur ciamik. Jadi, kamu tak perlu khawatir lagi dengan sunscreen yang malah membuat kulit terlihat greasy atau terasa lengket. Lalu, bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat untuk kulit berminyak? Simak berikut ini, ya!

Cara Memilih Sunscreen Untuk Kulit Berminyak

Dapat menjadi tantangan bagi pemilik kulit berminyak untuk memilih jenis produk sunscreen. Sebab, pada dasarnya oily skin punya karakteristik kulit yang sudah memiliki minyak berlebih dan rentan menimbulkan kilap. Menggunakan sunscreen tentu membuat kamu jadi berisiko lebih besar menghadapi minyak di wajah kalau tidak tepat memilihnya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih produk sunscreen bagi wajah berminyak. 

Baca Juga : 7 Merek Skincare Murah Tapi Kualitas Gak Murahan

1. Sunscreen Berbahan Dasar Air

Sunscreen berbahan dasar air atau water-based sangat direkomendasikan untuk jenis kulit wajah berminyak. Karena sunscreen ini memiliki tekstur yang lebih cair dan mudah menyerap di kulit. Biasanya water-based sunscreen juga mampu menciptakan efek matte pada kulit. Efek ini akan membuat kulit terlihat tidak berminyak.

Saat ini, sunscreen berbahan dasar air sangat mudah ditemukan di pasaran. Untuk mengetahui kandungan utama sunscreen tersebut, kamu bisa memeriksa daftar kandungan yang terdapat di belakang produk. Produk sunscreen berbahan dasar air, konsistensinya lebih cair dan mudah menyerap di kulit sehingga lebih ringan.

2. Gunakan Sunscreen Bertekstur Ringan (Bebas Minyak)

Penggunaan sunscreen dengan tekstur yang tidak tepat dapat membuat wajah berminyak dan berjerawat. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya hindari penggunaan sunscreen bertekstur krim atau lotion yang pekat. Sunscreen dengan tekstur tersebut akan terasa berat di wajah dan menimbulkan minyak berlebih.

Sunscreen bertekstur ringan tidak akan menutup pori-pori sehingga tidak menimbulkan komedo dan jerawat, sebaiknya memilih sunscreen berbentuk gel, cair, atau spray. Sunscreen berlabel noncomedogenic bisa membuat kulit kamu bebas dari masalah jerawat, karena kandungan di dalamnya tidak rentan menyumbat pori-pori wajah.

Baca Juga : Yuk, Ketahui Jenis Kulit Kita!

3. Sesuaikan Kadar SPF Sesuai Kebutuhan

SPF atau Sun Protection Factor dapat dikatakan sebagai penentu keefektifan produk dalam melindungi kulit dari sinar matahari. Makin tinggi SPF, maka semakin tinggi pula kemampuan produk tersebut menghalangi UVB. Untuk kamu yang beraktivitas di dalam ruangan, cukup menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 30, untuk kamu yang beraktivitas lama di luar ruangan sebaiknya menggunakan sunscreen dengan SPF 50. Produk dengan SPF tinggi mampu memberikan perlindungan lebih lama. Dengan begitu, kamu tidak perlu sering mengaplikasikan secara berulang.

Rekomendasi Sunscreen Terbaik Untuk Kulit Berminyak

Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Di antaranya:

Baca Juga : 9 Alasan Pentingnya Menggunakan Skincare

1. Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++

Produk Sunscreen Skin Aqua (@skinaqua)

Skin Aqua UV Moisture Gel, sunscreen yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB sekaligus menjadi make up base bagi kamu yang tidak suka ribet! Kandungan hyaluronic acid-nya dapat menjaga elastisitas dan menampilkan kesan kenyal pada kulit. Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin B5, C, dan E untuk menutrisi kulit kamu.

Sunscreen Skin Aqua ini diklaim cocok untuk jenis kulit normal hingga berminyak. Ada kandungan improved hyaluronic acid (AcHA) serta kolagen yang berfungsi untuk melembabkan, melembutkan, dan membuat kulit kenyal.

Ditambah kandungan SPF 30 PA++ untuk melindungi kulit dari sinar UVA/UVB, dengan konsistensi berupa gel yang ringan dan tidak lengket, teksturnya cenderung milky watery. Bukan hanya wajah, kamu juga bisa menggunakannya pada area tubuh lainnya. Selain itu, ada juga varian UV Moisture Milk yang cocok untuk jenis kulit berminyak. Kisaran harga Skin Aqua UV Moisture Gel adalah Rp50.000.

2. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Produk Skincare Wardah (@wardahbeauty)

Wardah juga mengeluarkan produk sunscreen yang diberi nama Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel dengan SPF 30 dan PA+++. Produk ini menjadi salah satu rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak karena teksturnya yang seperti gel. Sehingga tidak menimbulkan efek berat saat diaplikasikan ke kulit.

Wardah juga punya sunscreen yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak, yaitu Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++. Sunscreen Wardah ini mampu secara optimal menjaga kulit dari sinar UVA/UVB serta paparan blue light berlebih.

Dengan inovasi formula 0% alkohol, konsistensinya tetap ringan dan tidak lengket. Dilengkapi dengan Aquafused technology, agar sunscreen terasa segar seperti air dan dapat menghidrasi kulit. Kisaran harga Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++ adalah sekitar Rp50.000.

3. Nivea sun extra protect oil control SPF 50+ PA+++

Produk SunscreenNivea (@nivea)

Nivea Sun Extra Protect Oil Control SPF 50+ PA +++ adalah serum yang dapat melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari dengan double UV protection. Terdapat kandungan ekstrak licorice untuk melembabkan kulit wajah, serta L-carnitine untuk membantu mengurangi minyak berlebih.

Coba gunakan sebelum menggunakan make-up agar tahan lama dan tidak luntur. Konsistensinya ringan, tidak lengket, mudah meresap, dan tidak memberikan efek white castFormula non-acnegenic dan non-comedogenic, membuat sunscreen ini cocok untuk jenis kulit berminyak, kombinasi, dan berjerawat. Kisaran harga sunscreen Nivea ini adalah Rp40.000.

4. L’Oreal Paris UV Defender Matter & Fresh SPF 50 PA ++++

Produk Sunscreen L’Oreal
(@loreal)

L’Oreal Paris UV Defender Matte & Fresh Serum Protector adalah sunscreen yang mengandung SPF 50 PA++++, dilengkapi dengan airlicium sehingga kulit tidak terlihat berminyak sekaligus menyamarkan tampilan pori-pori.

Sunscreen dari L’Oreal untuk kulit berminyak ini memberikan hasil akhir matte, bahkan pada saat cuaca panas dan lembap. Kisaran harga L’Oreal Paris UV Defender Matte & Fresh SPF 50 PA++++ sekitar Rp35.000-85.000.

5. Azarine Hydrasoothe Sunscreen gel SPF 45 PA++++

Produk Sunscreen Azarine (@azarine)

Sunscreen gel dari produk lokal Azarine ini berfungsi untuk melembabkan, menenangkan, dan melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Kandungannya berupa ekstrak alami, seperti royal jelly, aloe vera, green tea, dan resveratrol. Konsistensi gel dingin serta ringan membuatnya lebih mudah diserap kulit dan tentunya tidak meninggalkan white cast yang mengganggu.

Sunscreen ini cocok untuk kulit normal, berminyak, kombinasi, dan berjerawat. Hasil akhir dari penggunaan sunscreen ini sedikit matte tapi tidak drying. Selain itu, formulanya juga tidak pedih di mata. Kisaran harga Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel adalah sekitar Rp65.000.

6. Somethinc Holyshield UV watery

Produk Sunscreen Somethinc (@somethinc)

Somethinc Holyshield UV Watery Sunscreen Gel SPF 50+ PA+++ menggunakan teknologi encapsulated UV filter, yang akan memberikan perlindungan maksimal pada kulit. Melindungi kulit dari polusi, blue light, dan infrared, yang membantu mencegah penuaan dini.

Baca JugaRekomendasi Serum Untuk Kulit Berjerawat

Ada juga teknologi snowflake molecules untuk memberikan sensasi dingin dan sunscreen mudah menyerap ke dalam kulit seperti air. Cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit berminyak, karena bebas alkohol, tidak lengket, dan tidak memberikan efek white cast. Kisaran harga produk Something adalah Rp20.000-125.000

7. Emina skin buddy SPF 3Holy Shield! UV Watery Sunscreen Gel PA++++

Produk Sunscreen Emina (@emina)

Emina Skin Buddy SPF 30 PA++++ cocok digunakan bagi kamu yang masih pemula dalam dunia skincare. Meskipun ditujukan bagi pemula, produk ini tidak kalah kandungannya karena telah memiliki SPF 30 serta PA++++ untuk proteksi maksimal dari pancaran sinar matahari.

Di dalamnya juga terdapat kandungan hyaluronic acid dan calendula extract, sehingga tetap menjaga kebutuhan hidrasi pada kulitmu. Sunscreen dari Emina memiliki tekstur yang ringan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kulitmu menjadi berminyak dan berjerawat setelah menggunakan produk ini. Kelebihan lainnya, Emina Skin Buddy dibanderol dengan harga terjangkau kisaran Rp 37.000.

Baca JugaRekomendasi Sunscreen

Itulah rekomendasi sunscreen yang cocok untuk kulit berjerawat! Apakah kamu sudah bisa menemukan produk sunscreen yang tepat? Memilih produk sunscreen untuk kulit berminyak memang tidak mudah. Kesalahan dalam memilih produk dapat membuat wajah berjerawat dan beruntusan. Pastikan kamu selalu menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Gunakan sunscreen dengan baik dan jangan lupa untuk membersihkannya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : 9+ Rekomendasi Serum Untuk Kulit Berminyak

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *