Tanggal:27 April 2024

7 Instagram Tools untuk Bisnismu

Dewasa ini, berbisnis menjadi semakin mudah dengan adanya teknologi digital. Media sosial utamanya, menjadi platform paling banyak digunakan untuk berjualan atau sekadar melakukan promosi.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

Instagram adalah salah satu media sosial yang digunakan para pebisnis, selain Whatsapp dan juga TikTok. Jangkauan luas dan fitur yang memadai menjadi alasan kuat untuk menjadikannya tumpuan dalam suatu aktivitas bisnis.

Baca Juga : Optimasi Instagram Untuk Promosi Bisnis

Setelah dilakukan sebuah analisis, ternyata modal aplikasi Instagram saja tidak cukup untuk mendongkrak perkembangan bisnis. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, berbisnis melalui Instagram juga harus didukung oleh tools lainnya.

Lalu, apa saja tools Instagram yang cocok digunakan untuk menyokong akun bisnis? Seberapa besar dan seperti apa pengaruh tiap tools tersebut? Jawaban lengkapnya akan kamu dapatkan pada pemaparan di bawah ini. Simak hingga akhir, ya!

Daftar Instagram Tools untuk Bisnis

Sebenarnya, sangat banyak tools yang dapat digunakan untuk menyokong kinerja aplikasi ini. Namun, tidak semua tools memiliki dampak yang signifikan terhadap akun Instagram bisnis. Berikut adalah Instagram tools untuk kepentingan bisnismu:

1. Socialblade

Aplikasi Socialblade

Socialblade adalah tools paling utama yang harus digunakan oleh para pebisnis. Pasalnya, ia sangat berguna bagi penentuan teknik marketing yang seharusnya digunakan. 

Aplikasi berbasis web ini digunakan untuk membaca traffic akun Instagram pribadi dan juga para kompetitor. Sehingga, pebisnis dapat mengetahui hal apa saja yang membuat para kompetitornya lebih baik dari miliknya. 

Penggunaannya juga terbilang mudah. Hanya dengan mengakses web utama tanpa mengunduh sebuah aplikasi, kamu dapat langsung mengetahui statistik para kompetitor. Caranya dengan memasukkan username Instagram tanpa diperlukan adanya password.

Baca Juga : Tips Memanfaatkan Instagram

2. Schedugram

Schedugram

Tools selanjutnya adalah Schedugram. Schedugram sangat cocok digunakan untuk para pebisnis pemula yang tidak memiliki admin. Hal demikian dapat terjadi karena Schedugram adalah aplikasi pengunggah otomatis.

Dibantu tools canggih ini, pebisnis hanya perlu menjadwalkan konten-konten yang dibuat dan akan diunggah secara otomatis sesuai tanggal terjadwal. Sehingga, pemilik akun dapat fokus pada urusan pelayanan pelanggan dan manajemen logistik saja.

Baca Juga : Cara Berjualan di Instagram Untuk Pemula

3. Later

Aplikasi Later

Later menjadi Instagram tools yang masuk dalam rekomendasi Vocasia. Mirip seperti Schedugram, Later juga memiliki kecanggihan dalam pengunggahan konten. Kelebihannya, ia dapat digunakan untuk menjadwalkan postingan selama satu bulan penuh tanpa jeda. 

Dengan kecanggihan tersebut, ia dapat memudahkan para pebisnis dalam produksi konten. Tak perlu khawatir akan legalitasnya karena tools tersebut merupakan mitra resmi media sosial Instagram.

Baca juga : Ternyata Mudah Sekali Belanja di TikTok Shop, Ikuti Tutorial Berikut!

4. HypeType

Aplikasi HypeType

HypeType adalah tools yang sangat membantu pebisnis dari segi tampilan konten. Pasalnya, ia dilengkapi dengan fitur penambahan animasi dan jenis huruf yang sangat banyak. Bahkan, HypeType dapat diakses secara gratis dan tanpa adanya batasan waktu. Selain itu, pengguna juga tidak perlu keluar dari aplikasi untuk memposting. Hal demikian dapat terjadi karena HypeType terhubung secara langsung dengan Instagram. Sayangnya, tools canggih ini hanya tersedia untuk pengguna iOS saja.

Baca Juga : Alasan Berjualan di Instagram

5. AutoHash

AutoHash

Setiap melihat konten promosi, tentu kamu menemukan hastag yang sangat banyak dan relevan dengan produk yang dijual. Hal tersebut dilakukan untuk mengelompokkan produk dalam jenis yang sesuai dengan tujuan memudahkan para pembeli. 

Baca Juga : Kata-Kata Promosi di Instagram

Dengan AutoHash, pebisnis akan dimudahkan dalam urusan semacam itu. Autohash akan mendeteksi gambar menggunakan teknologi AI yang kemudian menghasilkan hastag relevan secara otomatis. Sehingga, kamu pebisnis tidak perlu repot memikirkannya satu per satu.

Baca Juga : Instagram Ads

6. Life Lapse

instagram tools

LifeLapse

Berbeda dengan beberapa tools di atas, Life Lapse difokuskan untuk mempercantik tampilan produk. Tampilan produk yang dapat diedit menggunakan Life Lapse harus berformat video. 

Keunggulannya, ia dapat membuat postingan video memiliki durasi yang lebih lama dari biasanya. Bahkan, pengguna diberi suguhan fitur stop-motion untuk memaksimalkan tampilan produk.

Baca Juga : Desain Makanan Untuk Bisnis Kuliner

7. Canva

Canva

Tools terakhir, jatuh kepada aplikasi multifungsi bernama Canva. Bagi para pekerja kreatif, tentu tidak asing dengan tools yang dapat diakses secara web dan aplikasi ini. Ia dapat digunakan untuk mempercantik tampilan suatu konten, baik foto maupun video.

Baca Juga : Situs Pembuat Logo Gratis

Elemen, template, jenis font, dan fitur di dalamnya sangat membantu para pebisnis untuk memaksimalkan konten-kontennya. Dengan kecanggihan tersebut, Canva dapat diakses secara gratis dengan beberapa fitur dan elemen yang dibatasi. Jika ingin menikmati elemen dan template secara leluasa, kamu dapat berlangganan dengan membeli Canva Premium.

Baca Juga : Kenali Business Model Canvas

Penutup

Nah, itulah daftar Instagram tools yang dapat membantumu untuk keperluan marketing pada bisnis. Canva dan Life Lapse digunakan untuk mempercantik sajian foto dan video produk. 

Jika ingin meningkatkan kualitas konten, kamu dapat memaksimalkan kinerja dari Schedugram, Later, HypeType, dan All-Hastag. Sementara itu, Socialblade akan memudahkanmu untuk menganalisis insight dan tren yang berlangsung.

Selain beberapa tools di atas, masih banyak tools lain yang dapat kamu gunakan, lho. Baiknya, unduhlah tools yang sesuai dengan kebutuhan marketing dari bisnismu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur
Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *