Tanggal:30 May 2024

5 Rekomendasi Buku Parenting Islami, Orang Tua Baru Wajib Baca!

Selain sangat dinantikan, kehadiran seorang anak juga menuntut orang tua untuk bisa menjadi sosok yang baik sekaligus tauladan bagi anak-anaknya. Setiap perilaku dan tutur kata yang diucapkan orang tua akan memberikan efek yang besar bagi tumbuh kembang dan karakter seorang anak di kemudian hari.

Sebagai orang tua, tentunya kita mengharapkan anak yang kita sayangi mampu tumbuh menjadi anak yang saleh, salihah, serta berbakti kepada kedua orang tua. Bukan hal yang bijak jika kita mengharapkan hal tersebut tanpa memberikan contoh yang baik atau didikan yang tepat bagi Si Kecil.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk kita sebagai orang tua ialah memperkaya diri dengan ilmu, salah satunya dengan membaca buku. Kali ini, tim Vocasia telah menghimpun lima rekomendasi buku parenting islami yang dapat dieksplorasi oleh ayah dan bunda di rumah serta diambil ilmu dan hikmahnya.

Apa Sih Parenting Islami Itu?

Parenting sendiri merupakan segala bentuk upaya atau cara yang dilakukan orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak. Pengetahuan terkait parenting sangatlah penting lantaran pola asuh orang tua berperan besar dalam pembentukan karakter anak selama masa pertumbuhan dan saat ia dewasa nanti. Lalu, apa bedanya parenting biasa dan parenting islami?

Parenting islami memiliki pengertian yang hampir sama dengan parenting pada umumnya. Namun, dalam parenting islami orang tua mengasuh dan mendidik anak dengan berdasarkan syariat islam serta berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadist. Hal ini bertujuan agar putra-putri kita tumbuh menjadi anak yang saleh dan salihah serta dekat dengan Tuhannya.

Dalam melakukan parenting islami, aspek utama yang perlu diperkenalkan kepada anak ialah hubungan antara manusia dengan Allah SWT (hablumminallah) serta hubungan antara manusia dengan sesama manusia atau makhluk hidup (hablumminannas). Berikut adalah lima rekomendasi buku parenting islami yang wajib kamu baca untuk bekalmu dalam mengasuh anak.

1. Fitrah Based Education – Ustaz Harry Hasan Santosa

Fitrah Based Education – Ustaz Harry Hasan Santosa (Sumber: channelmuslim.com)

Buku yang ditulis oleh Almarhum Ustaz Harry Hasan Santosa ini disusun berdasarkan banyak riset, praktek, perenungan, hingga kolaborasi dari Sang Penulis dengan berbagai pakar dan praktisi yang berhasil dituangkannya ke dalam sebuah buku.

Buku yang satu ini mampu menjadi panduan bagi orang tua untuk membimbing dan mendidik anak dalam menumbuhkan potensi-potensi yang sesuai dengan fitrah manusia. Hal ini akan mengurangi penyimpangan pada potensi dasar anak hingga menguatkan seluruh potensi yang dimilikinya untuk menjadi versi terbaik dari diri dan akhlak mulia. Dengan total 400-an halaman, kamu bisa memperoleh buku ini baik di toko offline atau online dengan harga yang cukup terjangkau.

2. Prophetic Parenting (Cara Nabi Mendidik Anak) – Dr. Muhammad Nur Abdul Hafidzh

Prophetic Parenting (Cara Nabi Mendidik Anak) – Dr. Muhammad Nur Abdul Hafidzh (Sumber: goodreads.com)

Buku terjemahan yang satu ini sangat cocok untukmu yang ingin mendidik anak dengan cara-cara yang pernah dicontohkan oleh para nabi atau cara-cara yang tertulis di Al-Qur’an. Dengan total 17 bab dan 600-an halaman, buku ini menyuguhkan cara mendidik anak sejak lahir hingga membentuk aktivitas ibadah yang baik bagi anak.

Bagusnya lagi, pada setiap pembahasannya terdapat ayat Al-Qur’an atau Hadist pendukung yang dapat menjadi dasar dan patokan dalam mendidik anak. Buku ini dapat kamu miliki dengan membeli secara langsung di toko buku atau membelinya secara online di marketplace.

3. Mendidik dengan Cinta – Irawati Istadi

Mendidik dengan Cinta – Irawati Istadi (Sumber: goodreads.com)

Buku yang satu ini menjelaskan bagaimana mendidik anak dengan berdasarkan pada Al-Qur’an dan Hadist. Selain itu, buku ini juga berisikan bagaimana orangtua memberikan kasih sayang dan cinta yang dimilikinya sebagai aspek utama dalam membesarkan dan merawat anak. Buku ini sangat menarik lantaran ia mencoba menyisipkan pengajaran mengenai dasar-dasar tauhid, akhlak mulia, serta kebijaksanaan berpikir melalui hal-hal sepele yang sering terjadi antara anak dan orang tua.

Selain itu, materi-materi yang ada disampaikan dengan bahasa sehari-hari  sehingga sangat relate dengan keseharian yang kita lakukan. Dengan memahami cinta dan kasih sayang dalam islam, orang tua diharapkan mampu memberikan pola asuh yang hangat dan mampu menghasilkan putra dan putri yang saleh dan salihah.

4. Pendidikan Seksual untuk Anak dan Remaja dalam Islam – Ummu Ihsan Choiriyah

Pendidikan Seksual untuk Anak dan Remaja dalam Islam – Ummu Ihsan Choiriyah (Sumber: shopee.co.id)

Saat ini, memberikan sex education kepada anak sedini mungkin menjadi hal yang sangat penting mengingat kasus kejahatan seksual pada anak yang semakin marak. Namun, terkadang kita kesulitan menemukan kata-kata yang tepat untuk menjelaskan mengenai hal tersebut kepada anak agar mudah dipahami dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Buku ini mampu menjadi solusi dan panduan bagi orang tua dalam memberikan pendidikan seksual kepada anak sesuai dengan ajaran islam. Pendidikan seksual kepada anak dapat dimulai dengan upaya menjaga aurat, menjaga pandangan, tidak bersentuhan dengan yang bukan muhrim, dan lain sebagainya.

5. Positive Parenting – Ustaz Fauzil Adhim

Positive Parenting – Ustaz Fauzil Adhim (Sumber: shopee.co.id)

Buku yang ditulis oleh pakar parenting dan pendakwah ternama, Fauzil Adhim ini juga merupakan salah satu buku yang paling recommended untukmu. Memiliki gaya bahasa yang menyenangkan untuk dibaca, buku ini mampu memberikan pemahaman mengenai pembangunan karakter dan akhlak bagi seorang anak.

Buku ini juga mudah dibawa kemana-mana lantaran tidak terlalu tebal dan nyaman dibaca di manapun kamu berada. Selain itu, buku yang satu ini juga mampu mengembangkan dan menggabungkan sumber-sumber mutkahir dari barat serta khazanah islam dalam membimbing dan mendidik anak.

Itulah dia beberapa rekomendasi buku yang dapat menemanimu dalam perjalanan mendidik anak sesuai dengan syariat islam. Jika kamu merasa membaca saja kurang cukup untuk menambah wawasanmu, maka tidak ada salahnya mencoba mengikuti kursus parenting berkualitas demi pola asuh anak yang lebih baik berikut ini. Dijamin mampu membuat kamu mampu membantu anak berkembang secara optimal deh!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *