Tanggal:25 May 2024

Sejarah Getuk, Makanan Khas Mana Sih?

Setiap daerah di tanah air, pastinya memiliki budaya dari segala aspek yang dapat menggambarkan budaya tersebut, salah satunya adalah makanan kuliner daerah khas tersebut. Pastinya saat kamu mengunjungi sebuah daerah, selain tempat wisata, makanan juga menjadi salah satu tujuan wisatawan saat sedang berkunjung. Makanan khas tidak harus makanan berat atau utama, tetapi minuman atau makanan ringan juga dapat menjadi salah satu ikon dari daerah tersebut. Kali ini, kita akan membahas salah satu makanan ringan yang berasal dari Jawa. Kira-kira apa ya? 

Getuk Lindri. Photo: iStock

Makanan ringan yang satu ini berasal dari daerah Jawa Tengah dan Timur, namanya Getuk. Bahan utama getuk sendiri terbuat dari singkong dan ketela pohon. Getuk juga sering sekali dapat kamu temukan di pasar, karena makanan ringan ini termasuk jajanan pasar. Rasa dan varian dari getuk juga bermacam-macam, termasuk rasanya yang tidak hanya manis, tetapi gurih juga lho! 

Rasa-rasa dari getuk ada coklat, keju, stroberi, dan masih banyak lagi. Tetapi, getuk sendiri memiliki banyak varian di sekitar daerah Jawa. Berikut varian dan jenis getuk yang ada di tanah air! 

1. Getuk Goreng 

Getuk goreng? Jadi seperti gorengan gitu? Kalau jenis getuk yang satu ini berasal dari Sokaraja, Banyumas. Jenis getuk yang satu ini sangat unik karena getuknya digoreng lalu ditambahkan gula aren/jawa  agar memiliki rasa manis dan gurih. Getuk goreng sendiri pertama kali ditemukan oleh Haji Sanpirngad pada zaman kolonial Belanda tahun 1918. Kamu sudah mencicipinya belum? Yuk cobain!

Baca Juga | Makanan Khas Jawa Tengah

2. Getuk Lindri 

Kalau jenis getuk yang satu ini merupakan varian yang paling sering ditemukan dan juga paling populer. Biasanya, getuk biasa itu tekstur singkongnya lebih berasa dan ditambahkan dengan gula jawa. Kalau getuk lindri, memiliki warna yang warna warni dan juga singkongnya yang digiling secara halus. Wajib banget kamu cobain getuk lindri nih!

3. Getuk Kurung 

Getuknya dikurung jadi namanya kurung? Bukan! Tetapi getuk yang satu ini merupakan khas daerah Kurung, Klaten Jawa Tengah. Hal unik dari getuk kurung ini adalah isiannya yang berisikan nanas kuning emas yang lumer atau meleleh saat kamu mencobanya, sepertinya enak ya! Tetapi, warna luar dari jenis getuk ini macam-macam, ada warna hijau, merah, kuning, dan lain-lain.

Baca Juga | Inilah Sejarah Yogurt

4. Getuk Pisang 

Berasal dari kota Kediri, Jawa Timur, getuk yang satu ini tidak kalah enaknya dengan jenis dan varian getuk lainnya. Bahan tambahan yang digunakan pastinya adalah pisang yang sudah dikukus, lalu dicampur dengan gula dan sedikit garam. Setelah itu, kamu dapat menyajikannya dengan aroma pisang kukus yang sangat lezat!

5. Getuk Singkong (Gula Jawa)

Kalau jenis getuk yang satu ini sangat sederhana dan dapat kamu temukan di pasar-pasar. Kenapa sederhana? Karena bahan yang digunakan untuk membuat getuk singkong hanya dua bahan, yaitu singkong dan gula jawa. Selain dijual di pasar, getuk ini juga sering dijual menggunakan gerobak atau dipikul di jalanan. Minat coba?

Kamu sudah cobain getuk belum? Kira-kira jenis getuk favorit kamu yang mana nih?

Baca Juga :

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *