Tanggal:22 July 2024

5 Alasan Pentingnya Self Reward untuk Diri Sendiri

Beberapa belakangan kali ini istilah self reward menjadi topik pembahasan banyak orang, terutama di sosial media. Lalu apakah kamu tahu apa itu self reward ? Sederhananya self reward ini adalah bentuk penghargaan diri atas segala pencapaian yang telah berhasil kamu lakukan. Setelah berhasil mencapai sesuatu, tentunya dirimu butuh yang namanya sebuah penghargaan. Self reward ini merupakan salah satu bentuk motivasi dirimu agar bisa semangat lagi kedepannya. Selain itu self reward ini bukan suatu hal yang biasa lho. Teruntuk kamu yang masih menganggap self reward ini adalah hal yang biasa-biasa saja, simak alasannya dibawah ini yuk!

5 Alasan Pentingnya Self Reward untuk Diri Sendiri

1. Sebagai Bukti Penghargaan atas Semua Kerja Kerasmu

Menghargai diri(pexels.com/pixabay)

Kamu tentunya sudah melakukan yang terbaik di setiap pekerjaanmu. Oleh karena itu kamu perlu sekali untuk mendapatkan self reward. Karena selfreward merupakan sebagai bukti penghargaan atas semua kerja kerasmu. Semua kerja kerasmu itu perlu diberikan hadiah lho, meskipun banyak yang beranggapan ini merupakan hal yang membuang-buang uang. Namun tidak apa-apa jika kamu melakukannya sesekali. Anggap saja ini  sebagai pil penyemangatmu, agar kamu bisa berusaha lebih keras lagi untuk kedepannya. 

Selain itu dengan adanya self reward ini kamu jadi bisa belajar, bahwa apa pun yang kamu lakukan, walaupun hanya hal-hal kecil. Tetap saja kamu harus menghargainya, kamu harus belajar menghargai dirimu dari sekarang. Dirimu juga butuh untuk kamu hargai. Jadi mulai dari sekarang perhatikan dirimu ya, maknai hidupmu dan kamu akan menjadi lebih bahagia.

2. Memotivasimu dalam Bekerja

Wanita pekerja(pexels.com/thirdman)

Salah satu cara agar kita bisa termotivasi dalam bekerja adalah dengan memberikan penghargaan terhadap diri kita. Karena sejatinya manusia akan melakukan segala hal untuk mendapatkan apa pun yang dia inginkan. Nah self reward ini yang akan memacu motivasimu dalam bekerja. Self reward akan membakar semangatmu, sehingga kamu ingin segera mulai beraksi dalam pekerjaanmu. 

Pastinya kamu sudah tidak sabar untuk mencapai target itu, karena setelahnya kamu bisa menikmati hadiah dari hasil perjuanganmu. Kemudian setelah kamu sudah mendapatkan reward dari hasil pencapaianmu. Mood mu akan meningkat drastis dan kamu akan tambah semangat lagi dalam bekerja. Jadi self reward ini memberikan dampak baik, untuk performa dalam bekerja.

3. Self Reward Merupakan Bukti Kecintaan terhadap Dirimu Sendiri

Mencintai diri sendiri(pexels.com/garon piceli)

Seseorang terkadang lebih mementingkan mencintai orang lain, namun malah mengabaikan dirinya sendiri. Padahal diri kita juga berhak lho untuk dicintai, kalau bukan kita siapa lagi. Salah satu bukti kecintaan dirimu terhadap diri sendiri adalah kamu bisa memberikan sebuah penghargaan atas semua kerja kerasmu. Dengan memberikan pengahargaan atau self reward ini, tentunya menjadi salah satu cara agar dirimu selalu mencintai diri sendiri. Kamu akan selalu memberikan apa pun yang terbaik dalam dirimu, karena kamu sayang akan dirimu sendiri. Kalau kamu sudah bisa self love atau mencintai dirimu sendiri, kebahagiaan akan menghampiri hidupmu.

4. Obat Stress dan Lelah Pikiran

Menenangkan diri(pexels.com/kristina pauxshtite)

Beban pekerjaan yang menumpuk bisa membuat pikiran menjadi lelah dan stress. Apabila kita sudah stress, kita pastinya tidak akan fokus untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Selain itu jika pikiran terus-menerus merasa stress, dapat mengganggu kesehatan mental kita lho. Tentunya kamu tidak mau bukan ? sudah capek, beban pekerjaan masih menumpuk, kesehatan mental juga jadinya bisa terganggu. Salah satu cara agar bisa menghilangkan segala pikiran stress dalam bekerja adalah dengan memberikan self reward atau penghargaan kepada diri kita sendiri. Self reward bisa menjadi obat untuk mengatasi pikiran yang lelah dan juga stress. Karena dengan adanya self reward kamu jadi termotivasi dan semangat dalam menjalankan pekerjaanmu. 

Setelah mendapatkan self reward pun pikiranmu akan kembali segar, dan kamu mendapatkan semacam energi yang bisa membantumu mencapai semua target pekerjaanmu. Jadinya kamu lebih happy nih saat bekerja nanti. Kalau kamu merasa happy, kamu juga bisa memberikan pengaruh positif kepada orang-orang yang berada disekitarmu. Rekan-rekan kerjamu juga akan terpacu untuk semangat bekerja sama dengan tim. Nah, kalau sudah begitu, kamu juga akan mendapatkan kebahagiaan tersendiri, karena kamu bisa menjadi penyemangat bagi orang-orang disekitarmu.

5. Kamu Memang Pantas Mendapatkannya

Kamu berhak mendapatkannya(pexels.com/pavel danilyuk)

Setelah menghadapi segala aktivitas kamu butuh yang namanya menghibur diri. Salah satu cara untuk bisa menghibur dirimu adalah dengan memberikan self reward. Lakukan lah hal-hal yang kamu sukai disaat waktu libur. Kamu bisa memberikan hadiah terbaik pada dirimu sendiri. Jangan lupakan kalau kamu itu sangat berharga, jadi kamu pantas untuk mendapatkan reward atau hadiah atas segala pencapaianmu.

Memang benar self reward ini bisa membuat kita merasa puas dan bahagia. Namun kamu perlu berhati-hati juga ya, jangan sampai kamu jadi boros lho. Jadikan self reward ini sebagai momentum yang menyenangkan dalam hidupmu, bukan sebagai pelampiasanmu semata. Maknai segala usaha dan pencapaianmu dengan self reward yang tepat. Berikanlah hadiah kepada dirimu sendiri dengan memberikan hadiah yang dapat membuat dirimu lebih termotivasi lagi.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai lima alasan mengapa self reward penting untik diri sendiri. Bagaimana pendapatmu, komen dibawah ya!

Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *