Tanggal:27 April 2024

Sistem Hidroponik: Pengertian dan Cara Menanamnya

Menikmati hobi dapat dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya dengan bercocok tanam. Kamu bisa melakukan hobi tersebut cukup dari rumah saja. Apalagi hobi yang kamu geluti ini bisa menghasilkan rupiah, loh. Tentu sangat menarik, bukan? Nah, sekarang ada berbagai sistem penanaman yang memudahkan kamu dalam bercocok tanam. Sistem hidroponik ialah salah satu cara bercocok tanam yang patut kamu coba. Hidroponik adalah salah satu metode yang digunakan untuk menanam berbagai bentuk tanaman tanpa menggunakan tanah dan hanya mengandalkan media air yang telah dicampur dengan larutan mineral dan nutrisi lainnya. Dengan hanya mengandalkan media air, tentu membuat kamu lebih mudah dalam merawat tanaman.

Menanam tanaman dengan metode hidroponik sangatlah menguntungkan. Pasalnya, kamu tidak akan dibatasi oleh besarnya lahan untuk proses menanamnya. Kamu yang hanya memiliki lahan kecil di rumah juga bisa mencoba sistem jenis ini. Melalui sistem hidroponik, kamu bisa memiliki kebun hidroponik kecil yang sangat menguntungkan di masa depan. Terlebih lagi merawat tanaman bisa mengalihkan kamu dari segala kesibukan yang membuat pikiran menjadi penat. Dijamin stres bisa berkurang dan hobi tersalurkan dengan maksimal. Yuk, intip penjelasan lainnya tentang sistem hidroponik!

Tanaman yang Cocok untuk Sistem Hidroponik

Ilustrasi Menanam Tanaman Hidroponik (pexels)

Menanam tanaman menggunakan sistem hidroponik tidaklah sembarang tanam. Kamu wajib menemukan jenis tanaman yang tepat agar bisa berkembang dengan baik. Terutama tanaman yang lekat dengan asupan nutrisi dari media air. Hal ini pun didukung secara keseluruhan oleh media air sebagai media utama sistem hidroponik. Tanaman yang kamu pilih harus dalam keadaan baik dan sesuai dengan media tanam sistem ini, ya. Contoh tanaman yang cocok untuk sistem hidroponik antara lain :

  • Selada air
  • Bayam
  • Stroberi
  • Paprika
  • Ketumbar dan aneka tumbuhan yang berukuran kecil lainnya.

Cara Menanam Tanaman Sistem Hidroponik

1. Siapkan tanaman hidroponik

Pertama, kamu harus mengerti tentang sistem hidroponik apa yang ingin dicoba. Pelajarilah terlebih dulu apa saja kebutuhan yang harus kamu siapkan sebelum memulainya. Kamu juga perlu memastikan kesiapan tanaman yang akan ditanam. Misalnya kamu memilih tanaman selada air yang sesuai dengan kebutuhan tanam. Selanjutnya siapkan pot atau wadah untuk meletakkan benih tanaman tersebut. Kamu pun harus memastikan asupan nutrisi di dalam media air agar sesuai kebutuhan tanaman selada air. Pastikan seluruh nutrisi tanaman masuk ke dalam media air tersebut, ya.

2. Siapkan lahan tanam

Setelah mengerti dan memahami apa itu sistem hidroponik, selanjutnya kamu siap untuk bertempur dengan lahan tanam. Pastikan kamu sudah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada dalam sistem hidroponik. Jangan lupa menyiapkan bibit tanaman yang akan ditanam. Lalu sesuaikanlah dengan ukuran dari lahan hidroponik yang kamu punya. Kamu pun bisa menanam tanaman hidropinik di lahan depan rumah. Tak perlu menyiapkan lahan terlalu luas. Kamu hanya perlu menyiapkan sesuai kebutuhan tanam saja. Pastikan juga lahan tersebut memiliki sistem pencahayaan yang cukup.

3. Cukupi nutrisi tanaman

Segala macam tanaman yang akan ditanam haruslah cukup dengan nutrisi. Kamu juga harus memastikan agar sistem filterasi terus berjalan supaya tanaman tersebut tidak mengalami kekurangan oksigen. Selain itu, pastikan agar air yang ada tidak tercemar oleh larutan pupuk kimia. Nutrisi yang baik sangatlah dibutuhkan untuk merawat tanaman hidroponik dengan media utama air. Kamu juga harus memastikan nutrisi dalam air cukup dan harus secara rutin diganti. Rawatlah dengan sepenuh hati, ya. Konsisten dan sabar ialah kunci yang sangat penting untuk kamu pegang.

Baca Juga : Selada Hidroponik, Ketahui Cara Menanam Yang Mudah dan Keunggulannya

Nah, itulah penjelasan mengenai sistem hidroponik. Kamu bisa memilih dan memastikan tanaman yang cocok untuk digunakan. Pastikan kamu mempunyai lahan yang cukup meskipun tidak terlalu luas. Hidroponik sangat menguntungkan kamu dari segi kesiapan lahan. Tanamlah sesuai cara tanam hidroponik di atas, ya.

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *