Tanggal:17 June 2024

7 Tools Cek Kecepatan Website

Dunia bisnis kini semakin luas dan merambah ke bidang lainnya. Kecanggihan teknologi digital menjadi penyokong utama berjalannya suatu misi cerdas tersebut. Pasalnya, tak jarang beberapa pebisnis melakukan promosi atau penjualan melalui platform daring yang didasari oleh media digital.

Website menjadi bentuk kemasan dengan tujuan promosi dan jual beli paling sering dijumpai di bidang tersebut. Entah dalam bentuk blog, website forum, company profile, maupun market place. Peran yang cukup signifikan membuat website butuh perawatan dan perhatian yang lebih ekstra dari yang lain.

Hal yang menjadi salah satu fokus pemilik bisnis adalah kecepatan website. Kecepatan website menjadi fokus utama karena ia memegang peran penting pada ranah pengembangan dan kemajuan bisnis. Pasalnya, kesan pertama para pengakses ditentukan oleh cepat atau lambatnya situs tersebut berjalan. Jika lambat, kemungkinan besar orang mengunjungi dua kali menjadi semakin minim.

Berdasarkan beberapa peran yang telah disebutkan di atas, melakukan pengecekan performa website menjadi kegiatan rutin yang harus dilaksanakan. Apalagi kecanggihan teknologi digital yang berkembang seiring berjalannya waktu membuat proses tersebut semakin mudah dan efektif.

Lalu, bagaimana cara cek kecepatan website? Tools apa saja yang dapat digunakan dengan mudah? Kamu akan mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut pada pemaparan di bawah ini. Vocasia akan mengajak kamu membahas seputar cek kecepatan website dan merekomendasikan beberapa tools canggih yang dapat digunakan. Jika tertarik, simak hingga akhir, ya!

Baca juga: 6 Tools Website Traffic Monitoring Terbaik di 2022

Pentingnya Kecepatan Website

Pentingnya Cek Kecepatan Website (Source: pixabay)

Beberapa orang mungkin memilih untuk mengabaikan hal ini karena menganggap terlalu sepele dan tidak berdampak terlalu besar pada bisnisnya. Padahal, anggapan yang demikian sangat jauh dari kata benar. Lebih dari itu, kecepatan website adalah hal yang paling mempengaruhi pengembangan sebuah bisnis yang berbasis web. Berikut adalah beberapa bukti nyata yang merupakan dampak dari kecepataan website:

1. Membangun kesan pertama

Kecepatan website sangat mempengaruhi kesan pertama seseorang yang mengaksesnya. Pasalnya, pengalaman tersebut yang menentukan lanjut atau tidaknya seseorang mengunjungi laman milikmu. Apabila akses memakan waktu yang lama, kemungkinan besar pengakses tidak akan berkunjung lagi. Sebaliknya, pengakses akan menjadikan website kamu sebagai langganan dan referensi utama apabila akses yang dibutuhkan sangat cepat.

2. Meningkatkan ranking Google

Hal kedua ini merupakan dampak atau sesuatu yang dihasilkan dari kesan pertama pengakses. Semakin banyak orang yang mengunjungi berkali-kali, secara tidak langsung akan membawa website menuju peringkat atas Google. Sehingga, orang akan semakin tau dan mengenal website milikmu.

3. Meningkatkan pendapatan

Apabila website yang kamu miliki berjenis market place atau toko online, dampak yang akan kamu rasakan adalah meningkatnya omzet. Akibat akses yang singkat dan cepat, orang-orang akan semakin mudah mendapatkan produk yang dicari. Sehingga, kesan baik yang didapatkan akan membuat para pembeli melakukan transaksi lanjutan berulang kali dan pendapatanmu menjadi semakin tinggi.

4. Membangun citra publik untuk jangka panjang

Tak hanya menaikkan ranking Google dan meningkatkan pendapatan, citra publik atas website untuk jangka waktu panjang juga akan terbentuk. Pasalnya, website yang cepat akan dinilai sebagai situs terpercaya dan recomended. Sementara itu, website lambat sering kali dicurigai memiliki banyak virus dan hal berbahaya lainnya.

Baca juga: 7 Instagram Tools untuk Bisnismu

Rekomendasi Tools Cek Kecepatan Website

Tools Cek Kecepatan Website (Source: pixabay)

Berikut adalah beberapa tools yang dapat kamu gunakan untuk melihat apakah performa website kamu sudah dalam kecepatan terbaiknya: 

1. Google PageSpeed Insight

Pertama, ada tools cek kecepatan website keluaran Google bernama Google PageSpeed Insight. Google mengeluarkan tools ini sejak tahun 2010 dan dijadikan salah satu indikator penilaian utama SEO. Mirip seperti Pingdom, skala penilaiannya menggunakan angka 0-100 dalam bentuk persen. Nilai tes yang memunculkan angka di bawah 50 persen menunjukkan bahwa website tersebut memiliki performa yang lambat.

2. Geek Flare

Kelebihan yang ditawarkan dari tools satu ini adalah dapat diakses melalui dua jenis peragkat, yaitu mobile dan desktop. Geek Flare hanya menyediakan informasi di detik ke berapa konten di website mulai mengakses dan di detik berapa halaman website sudah terbuka secara penuh.

3. GTMetrix

Dibandingkan dengan lainnya, GTMetrix adalah tools cek kecepatan website yang paling direkomendasikan untuk pemula. Pasalnya, GTMetrik akan menampilkan ringkasan analisis kecepatan website di bagian atas halaman sehingga mudah dibaca. Di dalamnya terdapat aspek-aspek seperti page size, jumlah request, dan total waktu loading

Tak hanya itu, GTMetrix juga menyediakan analisis untuk mengidentifikasi masalah dan memberikan rekomendasi berupa solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Bahkan, riwayat cek kecepatan juga terekam hingga 20 tes terakhir. 

Baca juga: 10 Website Jurnal Gratis 2022

4. Pingdom

Jika sudah berbicara mengenai perusahaan-perusahaan ternama seperti Twitter, Facebook, hingga Spotify, tools yang digunakan sudah pasti bernama Pingdom. Pingdom adalah tools cek kecepatan website ternama dan paling dipercaya oleh banyak perusahaan besar. Tools cek kecepatan yang satu ini menggunakan skala angka dari 0 hingga 100 dan disediakan secara gratis.

5. Load Impact

Tools cek kecepatan website yang ke lima adalah Load Impact. Ia tersedia atas dua pilihan yaitu gratis dan berbayar. Pengguna harus melakukan pendaftaran akun dan mendapatkan tes kecepatan website gratis maksimal lima kali dalam sebulan. Selebihnya, pengguna harus membayar dengan harga 89 US Dollar per bulan untuk akses premiumnya.

6. WebPageTest

Selanjutnya adalah software yang dikeluarkan oleh salah satu teknisi Chrome bernama Patrick Meenan. WebPageTest adalah tools cek kecepatan website yang menyediakan fitur tambahan seperti capture video, pemblokiran konten, perbandingan first view dengan repeat view, mengubah kecepatan koneksi, dan mendukung HTTP/2.

7. Web Page Analyzer

Terakhir adalah tools gratis yang dapat diakses dengan mudah melalui browser bernama Web Page Analyzer. Tools ini dapat melaporkan kecepatan website pada koneksi yang berbeda-beda dan menyediakan berbagai penilaian atas 11 aspek tertentu.

Penutup

Nah, itulah beberapa rekomendasi tools terbaik untuk cek kecepatan website menurut Vocasia. Tentunya kamu juga telah memahami beberapa alasan yang menyebabkan pentingnya melakukan pengecekan terhadap kecepatan website. Oleh karena itu, jangan menganggap hal tersebut sepele dan membuatmu lalai, ya. Cobalah salah satu dari beberapa rekomendasi tools di atas untuk memudahkanmu dalam proses tersebut. Semoga artikel ini cukup membantu!

Baca juga: Simak Perbedaan Web Page dan Website Berikut ini!

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *