Tanggal:17 May 2024

Skill-Skill Untuk Menjadi Motivator Yang Harus Dimiliki!

Menjadi seorang motivator harus memiliki public speaking yang baik. Tidak hanya itu, motivator juga harus bisa memotivasi para pendengarnya. Faktor-faktor juga dapat mempengaruhi kamu untuk menjadi seorang motivator. Kira-kira ada faktor apa aja si? 

Beberapa faktor tersebut yaitu: pengetahuan yang cukup luas, kualitas yang baik dari diri sendiri, pengalaman yang banyak dan relevan bagi seorang motivator, serta keterampilan yang memenuhi seorang motivator. 

Lalu, apa sih skill-skill yang dibutuhkan dan dimiliki oleh seorang motivator? Berikut skill-skillnya!

1. Mempengaruhi 

Hal yang pertama adalah kamu harus bisa mempengaruhi pembicaraan yang kamu bawakan. Kalau kamu hanya berbicara tetapi tidak bisa membawa pengaruh yang signifikan, sama saja kamu tidak membawa pengaruh apa-apa. 

2. Time Management 

Pengaturan waktu juga menjadi salah satu hal yang harus dikuasai. Dengan kamu menguasai waktu, kamu tidak perlu memikirkan berapa menit tersisa saat kamu menjadi pembicara di sebuah acara. Jangan sampai juga kamu melewati waktu yang dibatasi sebagai motivator ya, kasihan juga para pendengar yang memakan waktu banyak untuk mendengar.

3. Menyampaikan Fakta

Jangan sampai kamu mengatakan atau menyatakan fakta yang tidak kredibel. Sampaikan hal-hal yang sudah pasti terbukti faktanya dan bukan kebohongan. Kamu tidak mau kan para pendengar mendapat informasi yang salah dan tidak kredibel. Karena pasti kamu yang menyampaikan akan disalahkan jika terjadi suatu hal yang tidak ingin terjadi.

4. Counselling 

Sebagai motivator juga kamu pasti bisa membantu orang dalam konseling. Kamu dapat memberikan saran dan mendengarkan curhatan mereka atas permasalahan yang sedang mereka alami. Kalau kamu adalah seorang motivator, harusnya bisa dan dapat menerima orang yang sedang membutuhkan konseling.

5. Mampu Mendengarkan 

Melanjutkan dari poin sebelumnya, kamu pastinya mampu mendengarkan jika seseorang sedang ingin bercerita mengenai masalah mereka yang sedang hadapi. Kalau kamu tidak mampu mendengarkan, pasti susah untuk menjadi motivator.

Ingin jadi motivator gak nih? Jangan lupa untuk skill-skill diatas yang harus kamu pahami dan kuasai ya!

Baca juga :

5 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

7 Cara Kreatif Untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Seseorang Dalam Bertindak

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *