Tanggal:16 May 2024

5 Skill yang harus di kuasai jika ingin menjadi seorang Penulis

Sebagai seorang penulis yang sesekali nyambi menjadi editor, saya tidak pernah lelah untuk membagikan cara menjadi penulis di media online ini agar dapat dibaca dan memberikan manfaat kepada orang lain.

Setiap membaca tulisan yang panjang atau pendek, saya bisa dengan cepat menemukan kesalahan ketik (typing error).

Sekecil apapun typing error tersebut, harus tetap kita hindari agar terhindar juga dari kerugian yang tidak diinginkan.

Jika tidak diperhatikan, kesalahan tersebut akan membawa kita menjadi bahan tertawaan, mendapat stigma buruk, dikenal tidak mampu membayar seorang penulis/proofreader/editor yang berkualitas, kredibilitas diragukan, dan mendapatkan kerugian finansial.

Apa yang harus dipelajari, Berikut tips nya :

1. Membaca karya penulis terkenal

Sering-seringlah membaca tulisan hasil karya penulis terkenal favorit masing-masing pribadi. Dengan ini, maka anda akan familiar dengan teknik penulisan yang baik yang bisa merebut hati pembaca.

Saat anda membaca, secara tidak sadar anda akan mendapatkan pelajaran:

  1. Alur penulisan
  2. Kalimat yang mampu mengubah emosi pembaca
  3. Menghindari typo saat menulis

Beberapa penulis terkenal dari Indonesia maupun luar negeri yang bisa dijadikan sebagai referensi antara lain Habbiburahman El Shirazy, Asma Nadia, Andrea Hinata, C.S. Lewis, Nora Roberts, dan Stephen King.

Baca Juga:

2. Perbanyak Jam Kerja / Jam Terbang

Sesibuk apapun kamu, luangkanlah waktu sekitar 1 sampai 2 jam dalam satu hari untuk berlatih cara menjadi penulis profesional. Lambat laun, apa yang menjadi kekurangan anda saat menulis akan terlihat dan bisa dijadikan sebagai pengalaman yang seharusnya diperbaiki selanjutnya.

3. Tentukan apa yang ditulis

Tips untuk menjadi penulis pemula yang pertama adalah tentukan apa yang ingin kamu tulis. Apakah berbentuk puisi, cerpen, novel, artikel atau tulisan bebas yang kreatif. Apakah tulisan itu bersifat fiksi atau kisah nyata, komedi, sedih atau romantis. Bersifat misteri atau rohani?

Pikirkan juga bacaan apa yang paling menarik kamu baca selama ini. Selama belum menentukan maka kamu akan kebingungan dengan apa yang seharusnya kamu tulis.

Baca Juga:

4. Carilah mentor dalam menulis

Terkadang kita memerlukan orang lain untuk membagi pengalman dalam menulis. Tak ada salahnya kamu berkenalan dengan penulis-penulis yang sudah lebih senior untuk menimba ilmu. Sekarang ada banyak penulis yang memiliki social media, bertemanlah dengan mereka.

Amati postingannya, tirulah sedikit cara mereka menulis. Ingat bukan plagiat lho! Berdialoglah dengan mereka, terkadang mereka senang kok berbagi ilmu dengan penulis pemula. Bahkan ada yang mengadakan kursus menulis gratis bagi para penulis pemula.

Baca Juga:

5. Minta teman untuk membaca tulisanmu

Untuk mengetahui apakah tulisanmu sudah baik dan benar, biasanya perlu penilaian dari orang lain entah teman atau keluarga, jika menurut mereka konten yang kamu buat sangat bermanfaat atau bisa dibilang penting untuk di share mungkin itu akan ada nilai plus.

Tetapi, jika ada kritikan dari orang lain cobalah untuk memperbaiki karya mu. setiap karya perlu ada kritikan karena tidak semua karya selalu sempurna.

Pada intinya tidak ada aturan yang pasti dalam menulis, hanya jika ingin tulisan kita dibaca oleh banyak orang maka sebaiknya kita mempelajari tata bahasa yang mudah dimengerti. Tips untuk menjadi penulis pemula ini hanya sebagai saran buat kamu yang mau memulai menulis.

Banyak membaca, mencari informasi dan memperluas wawasan dalam berbagai bidang adalah suatu keharusan.

Baca Juga:

Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *