Tanggal:26 April 2024
Profesi quality control

3 Skill yang Harus Dimiliki Quality Control

Setiap perusahaan yang menghasilkan produk, di dalamnya akan terdapat orang yang menjadi Quality Control. Tugas dari profesi ini bertugas untuk memastikan barang atau apapun yang menjadi hasil produksi perusahaan sudah berada dalam kondisi yang siap dikonsumsi.

Produk yang sudah disiapkan oleh perusahaan pasti memiliki standar mutunya masing-masing. Maka dari itu setiap produk perlu melewati proses penelitian terlebih dahulu, penelitian inilah yang menjadi salah satu tanggung jawab dari quality control. Tim quality control akan melakukan beberapa kegiatan seperti porses pengecekkan, pengujian produk, pelaksanaan, hingga selesai produksi.

Jika kamu salah satu orang yang belum tahu mengenai profesi ini, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini karena artikel ini akan membahas tentang profesi qualitiy control seperti skill yang dibutuhkan untuk menjadi quality control, tugas quality control dan tanggung jawab yang dipegang oleh seorang quality control.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel berikut ini sampai tuntas!

Apa itu quality control?

Profesi quality control

Profesi quality control – @pixabay.com

Dalam bahasa Indonesia quality control artinya pengendali mutu. Pengendali mutu itu sendiri merupakan orang yang memiliki tanggung jawab atas suatu produk yang dicek melalui beberapa proses pemeriksaan produk.

Tujuan dari profesi ini adalah untuk memastikan standar kelayakan suatu produk.

Qualiti control juga merupakan suatu kegiatan dimana seseorang akan melakukan penelitian untuk mengembangkan produk menjadi jauh lebih baik kedepannya sehingga bisa semakin memuaskan pelanggan.

Pekerjaan ini akan dibantu dengan beberapa alat untuk mempermudah pekerjaannya. ALat yang digunakan beraneka ragam tergantung jenis produk yang dihasilkan perusahaan.

Tanggung jawab quality control

Pada dasarnya seorang pengendali mutu bertanggung jawab untuk menguji dan mengecek mutu dari produk yang akan segera dijual oleh perusahaan agar memenuhi standar yang sudah ditentukan melalui beberapak proses yang sudah ditentukan oleh quality control itu sendiri.

Dalam pekerjaannya sehari-hari seorang quality control memang bertanggung jawab dalam mengecek produk, menolak produk, serta memperbaiki atau mengembangkan produk.

Tugas quality control

Membuat laporan

Membuat laporan khusus tentang produk – @pixabay.com

  • Memantau perkembangan produk
  • Memvalidasi hasil dan mutu produk
  • Memvalidasi produk sudah sesuai standar
  • Mengawasi seluruh proses produksi
  • Memberikan rekomendasi perbaikan produk
  • Mendokumentasi proses produksi
  • Menganalisis produk
  • Membuat laporan

Skill seorang quality control

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika pekerjaan ini memiliki tanggung jawab atas kualitas setiap produk yang sudah dihasilkan perusahaan. Quality control juga salah satu yang memegang tanggung jawab tertinggi untuk menjadi kepuasan pelanggan terhadapa perusahaan.

Untuk itu, seorang quality control perlu memiliki beberapa keahlian seperti :

1. Menggunakan komputer

Wajib bisa menggunakan PC

Wajib bisa menggunakan PC – @pexels.com

Di jaman serba digital seperti sekarang ini, banyak pekerjaan yang sudah terkomputerisasi khususnya bagi seorang quality control dimana pekerjaan ini akan membutuhkan banyak alat dalam mempermudah pekerjaannya.

2. Komunikasi secara lisan dan tulisan

Quality control merupakan pekerjaan dnegan tanggung jawab yang tinggi sehingga kamu akan sering berkomunikasi dengan banyak karyawan lainnya. Maka dari itu komunikasi merupakan skill penting bagi seorang quality control.

Laporan khusus juga merupakan salah satu hal yang akan sering kamu temui ketikan menjadi seorang quality control, sehingga skill komunikasi secara tertulis juga wajib kamu kuasai dan terapkan dalam kerja.

3. Dokumentasi

Pekerjaan ini menuntut kamu untuk melakukan banyak inspeksi saat proses prosuksi suatu produk dan testing produk. Di jaman sekarang untuk bisa memastikan suatu data dnegan akurat dibutuhkan dokumentasi. Maka dari itu skill dokumentasi akan sangat penting buat kamu saat melakukan pengendalian mutu

Demikian tugas, tanggung jawab dan skill seorang quality control. Semoga Bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *