Tanggal:06 May 2024

11+ Teknik Dasar Bola Voli dan Penjelasannya!

Untuk kamu yang suka berolahraga, sangat baik untuk bisa melakukan secara rutin, ya. Tetapi, jangan lupakan satu hal pneting ini! Setiap olahraga memiliki teknik dasar yang perlu diketahui, salah satunya teknik dasar bola voli. Kamu sering memainkan bola voli, tetapi belum tahu seperti apa teknik dasarnya? Simak penjelasan berikut, ya. 

Siapa yang tidak mengenal permainan bola voli? Salah satu aktivitas olahraga tersebut erat kaitannya dengan pertandingan yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Di dalam lapangan, masing-masing tim akan berlaga dengan teknik andalannya. Bola akan terpantul-pantuldari satu pemain ke pemain lainnya hingga nantinya bola tersebut menyentuh landasan area lawan.

Permainan Bola Voli (Sumber: Pexels)

Permainan bola voli dapat menjadi aktivitas yang menyehatkan sekaligus seru. Tidak heran bahwa olahraga ini jadi salah satu favorit orang Indonesia. Permainan bola voli termasuk salah satu contoh dari cabang olahraga bola besar. Bisa dikatakan, permainan ini masuk ke dalam kategori pertandingan karena melibatkan dua tim yang saling berhadapan untuk mendapatkan hasil pertandingan.

Cara memainkan bola voli adalah dengan memukul bola agar melewati bagian atas net yang ada di tengah lapangan. Agar mendapatkan skor, para pemain dalam satu tim harus mengarahkan bola ke area lawan, sehingga bola terjatuh di daerah pertahanan lawan.

Setiap jenis olahraga mempunyai organisasi yang memayungi perkembangannya, tidak terkecuali permainan bola voli. Untuk skala internasional, permainan ini dinaungi oleh Federasi Internationale de Volleyball (FIVB). Dulunya, lembaga ini didirikan di Perancis. Namun, saat ini FIVB berpusat di Swiss. 

Baca JugaIstilah-istilah dalamgolf

Sementara untuk di kancah nasional, permainan bola voli dipayungi oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) yang kantor pusatnya berada di Jakarta. Kompetisi nasional bola voli dinamakan Kompetisi Proliga yang diselenggarakan setiap tahun. Lalu, bagaimana teknik dasar dari permainan bola voli, ya? Simak berikut ini.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Sala Satu Teknik Dasar Bola Voli (Sumber: Pexels)

Dalam memainkan bola voli, tentu kamu memerlukan teknik tertentu. Apalagi untuk yang baru pemula, tidak bisa sembarang teknik, lho! Nah, kira-kira apa saja sih teknik yang perlu kamu kuasai dalam permainan ini? Paling tidak, kamu harus memahami empat teknik dasar, yakni service, passing, blocking, dan smash, di antaranya:

1. Service

Teknik dasar bola voli yang paling wajib dipelajari adalah serving atau service. Service adalah pukulan awal yang dilakukan pemain untuk melambungkan bola ke arah tim lawan. Teknik ini pun menandai permainan telah dimulai.

Service bisa menentukan jalannya pertandingan, sehingga pukulan bola dari luar luar lapangan yang kamu lakukan harus tepat dan bertenaga. Jika kamu tidak bisa melakukan service dengan baik, tim kamu tidak akan mendapatkan kesempatan yang bagus untuk mendapatkan skor.

Biasanya, terdapat bermacam teknik service yang dapat dilakukan dan disesuaikan dengan strategi permainan bola voli yang digunakan. Beberapa di antaranya adalah float service, jump service, overhand service, underhand service, dan service ace. Berikut penjelasannya:

  • Float Service 

Float service atau servis mengambang adalah teknik service yang dilakukan dengan cara melambungkan bola ke udara, lalu memukulnya tanpa membuat bola berputar-putar, sehingga laju bola bergerak melambung horizontal.

  • Jump Service 

Jump service atau servis lompat adalah teknik service yang dilakukan dengan cara melambungkan bola secara vertikal, lalu diikuti dengan lompatan pemain dan pukulan.

  • Overhand Service

Overhand service atau servis tangan atas sebenarnya mirip dengan jump service, namun bedanya terletak pada tahapan melompat. Pada teknik ini, pemain tidak perlu melompat, melainkan cukup memukul bola dengan telapak tangan ketika bola berada di atas bahu.

  • Underhand Service

Underhand service atau servis tangan bawah adalah teknik servis yang dilakukan dengan cara melempar rendah bola sebelum memukulnya dengan tangan menggenggam yang diayunkan di bawah bahu.

  • Service Ace

Service ace adalah teknik servis yang dilakukan dengan cara memukul bola sekuat mungkin sehingga bola akan melaju cepat dan tidak terprediksi. Service ini disebut ‘servis maut’ atau ‘servis kemenangan’ karena teknik service ini hampir selalu mencetak skor. Biasanya, service ace dikombinasikan dengan teknik jump service.

2. Forearm Passing

Forearm passing merupakan teknik dasar bola voli yang sering dilakukan untuk mengoper atau memantulkan bola (passing) ke pemain lainnya. Caranya, pemain voli akan menggunakan lengan depan tangan untuk memantulkan bola voli. Tujuan teknik forearm passing adalah mengoper bola ke arah rekan satu tim.

Baca JugaPeraturan sepak bola amputasi

3. Bumping

Bumping adalah teknik passing yang dilakukan dengan cara mengunci kedua lengan untuk memantulkan bola voli. Sebenarnya, teknik ini hampir sama dengan forearm passing, namun tujuan teknik ini adalah memantulkan bola ke rekan sekitar atau rekan terdekat.

4. Overhand Passing

Overhand passing adalah teknik passing dasar yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke rekan tim menggunakan tangan terbuka di atas kepala.

5. Serangan

Selain melakukan service dan passing, tentu pemain harus memberikan serangan kepada tim lawan. Barangkali, banyak pemain voli mengandalkan teknik serangan spike. Padahal, ada sejumlah teknik serangan lainnya yang dapat dilakukan, seperti heat, off-speed hit, tip, roll shot, dan back row attack. Di antaranya jenis serangan:

  • Hitting atau Spiking 

Ketika seorang pemain melompat sambil memukul bola dengan ayunan satu tangan yang terbuka, pemain tersebut tengah melakukan teknik hitting. Persentase keberhasilan teknik serangan ini dipengaruhi oleh daya kekuatan pukulan.

  • Heat 

Jika seorang pemain bola voli menambah daya pukul yang amat kuat pada teknik hitting, teknik heat dapat dilakukan. Pada dasarnya, teknik heat merupakan teknik hitting yang diberi kekuatan ekstra ketika memukul bola voli.

  • Off-speed Heat

Teknik off-speed hit memiliki gerakan yang sama dengan teknik hit, namun teknik ini lebih mengutamakan daya putar bola saja, sehingga gerakan bola akan tampak mengecoh.

  • Tip

Sama halnya dengan teknik serangan spiking, teknik serangan hit pun menggunakan gerakan yang sama. Akan tetapi, alih-alih mengutamakan daya kekuatan pukulan, teknik serangan ini hanya menyentuh bagian ujung bola voli saja agar bola berbalik arah melalui atas net. Di samping itu, kamu dapat menggunakan jemari atau kepalan tangan untuk menyentuh bola.

  • Roll Shot

Teknik serangan roll shot mirip dengan teknik hitting. Jika teknik hitting memusatkan pukulan sekeras-kerasnya, teknik ini malah memusatkan pukulan yang lebih pelan, sehingga bola dapat menjangkau target secara strategis.

  • Back Row Attack

Apabila kamu ingin mengelabui lawan, gunakanlah teknik serangan ini. Teknik ini membutuhkan dua pemain agar dapat dilakukan. Pemain pertama berpura-pura untuk menyerang, sedangkan pemain kedua mengikuti gerakan sambil berancang-ancang melakukan teknik serangan tertentu. Biasanya, pemain kedua akan melakukan teknik serangan spike, roll shot, atau off-speed hit.

6. Bertahan

Teknik dasar pertahanan dalam permainan bola voli haruslah dikuasai. Teknik tersebut dapat kamu lakukan agar bola tidak melandas ke area lapangan timmu. Faktor yang paling penting pada teknik ini adalah daya tahan tubuh, posisi, dan ketepatan waktu. Gunakan badanmu untuk menahan bola serangan. Bila perlu, pasang kuda-kuda atau posisi kaki agar tubuhmu mendapatkan daya tahan ekstra.

Kamu pun dapat menggunakan lengan tangan untuk menahannya. Sementara itu, pemain dapat melakukan blocking dengan cara melompat atau berdiam di tempat. Baik itu blocking yang dilakukan secara melompat maupun berdiam diri, pemain yang melakukan teknik ini tidak boleh mengarahkan bola dengan tangan alias menggunakan teknik selain blocking.

7. Digging

Blocking bukanlah satu-satunya cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari bola serangan lawan jatuh ke area main timmu. Ada teknik digging yang masih dapat dilakukan. Umumnya, teknik digging disebut juga dengan beach dig, deep dish, atau diving.

Pemain akan menggunakan teknik ini apabila keadaan darurat terjadi, misal bola lawan hampir mengenai landasan timmu. Jika hal tersebut terjadi, pemain akan melompat ke dasar lantai letak bola mengarah dan merentangkan tangannya supaya bola tidak menyentuh landasan. Apabila dibandingkan dengan teknik lainnya, digging merupakan teknik dasar yang paling sulit dilakukan, lho. Kamu perlu latihan khusus serta usaha berkali-kali agar merasa nyaman dan aman.

Baca JugaTeknik memukul bola golf

8. Volleying

Volleying adalah teknik pengoperan bola ke pemain lain agar pemain yang menerima bola berikutnya dapat melakukan pengaturan bola (setting). Teknik ini menggunakan gerakan tangan dan daya lentur jari. Bola yang datang ke pemain akan ditangkap dengan tangan atau jari yang membentuk rupa permata (diamond-shaped). Setelah itu, bola akan di oper ke pemain berikutnya

9. Setting

Setting atau assist adalah teknik dasar permainan bola voli yang biasanya digunakan pada pantulan kedua atau sesudah pemantul bola pertama melakukan volleying.

Setelah pemain pertama melakukan volleying, bola akan mengarah ke pemain kedua yang akan melakukan setting atau assist. Pemain kedua ini akan mengatur gerakan dan putaran bola secara spesifik agar pemain ketiga dapat melakukan serangan andalan.

10. Screening

Teknik ini digunakan untuk menghalangi penglihatan lawan agar rekan setim dapat melakukan teknik tertentu secara leluasa. Meskipun teknik ini diakui keberadaannya, ternyata screening termasuk teknik curang permainan voli, loh. Teknik screening tidak diperbolehkan untuk digunakan para pemain voli karena dianggap tidak merepresentasikan nilai-nilai sportivitas permainan voli.

11. Rolling

Teknik Rolling merupakan teknik yang dilakukan saat bola dalam keadaan darurat dan jatuh ke posisi yang rendah. Jika hal tersebut terjadi, maka pemain akan menjatuhkan badannya ke arah bola dan memutar badannya di bawah untuk kembali ke posisi berdiri. Pemain menggunakan teknik rolling ini untuk meminimalisir cedera. Selain itu manfaat dari teknik rolling adalah mempercepat waktu pemain untuk kembali ke posisi semula.

12. Sliding

Sliding merupakan teknik menjatuhkan diri. Teknik ini juga biasa disebut dengan istilah dive and slide. Teknik ini dilakukan jika bola dalam keadaan darurat dan jatuh ke posisi yang sangat rendah. Berbeda dengan rolling, sliding dilakukan dengan cara meluncur dan pemain menjulurkan seluruh lengan, tangan, dan badan pemain ke arah bola. Teknik sliding menjadi salah satu teknik tersulit dikuasai dalam permainan voli. Untuk melakukan teknik ini, diperlukan keterampilan tinggi dan latihan yang konsisten karena rawan terjadinya cedera.

Bagaimana? Sudah paham berbagai teknik dasar bola voli dan cara bermain bola voli yang telah dijelaskan, belum? Semoga bermanfaat, dan semangat bermain bola voli, ya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *