Tanggal:29 February 2024

5 Tipe Love Language dalam Hubungan, Kamu yang Mana ?

Jika kita membahas tentang hubungan pasti tidak akan pernah ada habisnya. Dalam setiap hubungan biasanya seseorang sering sekali mengekspresikan rasa cintanya kepada pasangannya. Mulai dari memberikan perhatian, kata-kata romantis, maupun tindakan lainnya. Nah, cara seseorang dalam mengekspresikan rasa cinta dan kasih sayang kepada pasangan maupun orang yang terkasih ini disebut sebagai love language. Love language atau bahasa cinta setiap orang pastinya berbeda-beda, karena setiap orang mempunyai cara masing-masing dalam mengekspresikan rasa cintanya.

Konsep love language ini sendiri diperkenalkan oleh Gary Chapman seorang konselor pernikahan di Amerika Serikat. Ia menuliskan sebuah buku yang berjudul The Five Of Language. Didalam buku tersebut terdapat penjelasan mengenai 5 (lima) bahasa cinta yang biasa dilakukan seseorang untuk mengungkapkan perasaan. Selain itu, ia juga mengungkapkan kalau apa yang kamu sampaikan, belum tentu akan diterima dengan cara yang sama oleh orang lain. Maksud dari hal tersebut adalah bahwa perspektif masing-masing orang itu berbeda, begitu pula halnya dengan pasangan kita. Terkadang ada seseorang yang merasa tidak dicintai hanya karena jarang mendapatkan kata cinta dari pasangannya. Padahal belum tentu begitu, seseorang memiliki caranya tersendiri dalam mengungkapkan rasa cinta pada pasangannya. 

Oleh karena itu, agar tidak ada kesalahpahaman antara dirimu dan pasangan. Mari kita ketahui lima tipe love language atau bahasa cinta dalam hubungan. Simak dibawah ini yuk!

5 Tipe Love Language dalam Hubungan

1. Kata-kata dan Pujian (Word of Affirmation)

Pasangan romantis(pexels.com/andrea piacquadio)

Bahasa cinta atau love language yang pertama adalah berupa kata-kata dan pujian atau word of affirmation. Kata cinta maupun pujian ini bisa berupa “aku cinta kamu”, atau “kamu cantik banget deh hari ini”. Walaupun terkesan sederhana namun pasangan yang memiliki bahasa cinta ini, akan merasa senang saat diberikan kata-kata manis dan pujian seperti itu. Selain itu kata-kata dan pujian yang diberikan pasangan dapat memberikan dampak positif yang dapat memotivasi dirimu. Sehingga kamu akan terdorong untuk melakukan hal-hal yang positif. Bagi kamu yang mempunyai bahasa cinta yang satu ini, kamu pastinya gak sabar menunggu kata-kata cinta dari pasanganmu. Karena dengan hal ini, kamu akan merasa sangat dihargai dan dicintai oleh pasangan. 

2. Menghabiskan Waktu Bersama (Quality Time)

Berdua dengan pasangan(pexels.com/andre furtado)

Beraktivitas dengan pasangan merupakan moment yang sangat berharga. Disamping kamu bisa menikmati waktu berdua, kamu juga bisa menambah erat jalinan kasih diantara kamu dan pasangan. Bagi kamu yang memiliki bahasa cinta quality time ini, kamu akan senang sekali jika berduaan dengan pasangan. Kamu bisa bermanja-manja, bercerita, maupun bersenda gurau bersama. 

Meskipun beraktivitas bersama pasangan adalah hal biasa, Namun Quality time ini jangan dianggap sepele lho. Banyak sekali hubungan yang berakhir hanya karena kedua pasangan jarang bertemu. Faktor kesibukan menjadi hal yang sering dijumpai oleh kebanyakan pasangan. Nah, jadi sesibuk apapun kamu, usahakan untuk quality time bersama pasangan ya. Hindari juga asik bermain gadget saat quality time berdua yaa. Karena pasanganmu akan merasa tidak dihargai jika kamu lebih mementingkan hal yang lain dibandingkan dirinya.

3. Memberikan Hadiah (Receiving Gift)

Kejutan(pexels.com/vjaparatama)

Seseorang sering mengekspresikan rasa cintanya melalui pemberian hadiah. Hadiah merupakan hal yang sangat disukai oleh banyak orang, apalagi kalau hadiahnya itu diberikan langsung oleh sang kekasih hati. Namun, hadiah ini bukan berarti harus kado yang mahal. Pasangan yang benar-benar mencintaimu akan melihat hadiah bukan dari harganya yang mahal, tapi makna dari hadiah tersebut. Bagaimana usaha kamu mencari hadiah yang cocok untuk pasanganmu, itu yang akan membuat pasanganmu merasa senang. Karena dia merasa bahwa kamu menghargai dan selalu memikirkannya. 

Sebagai contoh saat si dia ulang tahun, kamu bisa memberikan kado yang menurutnya itu adalah sesuatu yang sederhana namun berharga. Sebagai pasangannya tentunya kamu tahu dong selera dari pasanganmu. Selain itu dengan kamu memberikan kejutan kecil-kecilan disaat perayaan anniversary, juga menjadi hal yang istimewa baginya. Karna itu sebagai bukti bahwa kamu selalu memprioritaskan hubungan kalian.

4. Tindakan (Act of Service)

Bertindak(pexels.com/anastasiya lobanovskaya)

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengekspresikan rasa sayang dan cinta kepada pasangan adalah dengan tindakan. Melalui tindakan secara nyata, seseorang akan merasa bahwa pasangannya sangat siap siaga untuk menjaga dan memperhatikannya. Bagi seseorang yang memiliki bahasa cinta ini mereka tidak memperdulikan kata-kata, yang mereka lakukan hanyalah bertindak secara langsung kepada pasangan. Tentunya walaupun si dia jarang mengucapkan kalimat-kalimat cinta, namun tindakannya bisa membuktikan rasa cintanya yang besar kepadamu.

5. Sentuhan Fisik (Physical Touch)

Bermesraan(pexels.com/andrea piacquadio)

Salah satu bentuk mengekspresikan cinta adalah sentuhan fisik. Sentuhan fisik ini bukan berarti selalu hal yang negatif ya. Namun, sentuhan fisik ini sebagai bentuk ungkapan rasa cinta dan kasih sayang kepada pasangan. Seperti misalnya, kamu berpegangan tangan, berdekatan, membelai halus kepalanya, dan memeluknya. Itu semua merupakan bentuk sentuhan fisik yang sangat bermakna bagi pasangan. Selain itu melalui sentuhan fisik, seolah ada sinyalir bahwa beban yang ada pada pasangan juga terbagi kepadamu. Jadinya kamu bisa saling membagikan perasaan yang dirasakan masing-masing, dan ini akan menambah erat hubungan cintamu dengan pasangan.

Nah itu tadi penjelasan mengenai lima tipe love languagei, kamu termasuk tipe yang mana nih ? komen dibawah ya!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *