Tanggal:21 May 2024

7 Tips Menjaga Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

Pada umumnya, kebanyakan profesi memiliki jam operasional bekerja mulai pagi hari hingga sore hari. Namun, terdapat beberapa profesi yang mengharuskan bekerja pada malam hari atau yang mengambil shift malam. Bekerja di malam hari tentu akan memberi sedikit pengaruh terhadap tubuh, Sebab tubuh manusia dirancang untuk produktif pada siang hari dan beristirahat di malam hari. 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang sering terjaga semalaman lebih berisiko mengidap kanker jenis tertentu, diabetes, penyakit jantung, obesitas dan gangguan kognitif. Pekerja malam juga berisiko untuk mengalami penyakit-penyakit yang serius akibat pola hidup yang tidak sehat.

Namun, tidak perlu khawatir. Kamu tetap bisa menjaga kesehatan tubuh kamu selama kerja shift malam dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup. Berikut tips-tips menjaga kesehatan bagi kamu yang bekerja pada shift malam. 

Tips menjaga kesehatan untuk pekerja shift malam

Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menjalani kerja shift malam. Dengan menerapkan beberapa tips berikut ini dapat membantu kamu untuk mencegah masalah kesehatan atau mental ketika kerja shift malam.

1. Mengatur pola tidur

Kerja shift malam mengharuskan kamu untuk tetap terjaga di malam hari. Padahal di malam hari, tubuh melepaskan hormon melatonin yang membuat kamu mengantuk dan kurang waspada. Sebab, memang tubuh kamu dirancang untuk tidur di malam hari.

Orang dewasa biasanya membutuhkan tidur antara 7-9 jam setiap malam. Bila kurang dari itu,berarti kamu memiliki “utang tidur.” Satu-satunya cara untuk membayar kembali utang tidur tersebut adalah dengan mengejar tidur yang kamu lewatkan, dan ini harus dilakukan sesegera mungkin. Oleh karena itu, usahakan untuk mengatur pola tidur yang baik selepas bekerja. 

2. Mengatur pola makan 

Seseorang yang bekerja di shift malam cenderung mengalami sindrom metabolik dan mengalami peningkatan risiko obesitas. Yang disebabkan oleh pola makan yang buruk dan gangguan jam biologis tubuh.

Dengan mengatur pola makan yang baik, dapat membantu kamu untuk tetap sehat selama kerja shift malam dan lebih rileks ketika kamu perlu tidur. Usahakan, kamu tetap memiliki pola makan yang sama dengan pola makan di siang hari.

3. Konsumsi Makanan yang Sehat

Tubuh memerlukan energi tambahan untuk tetap terjaga di malam hari. Karena itu, sebelum pergi bekerja, pastikan kamu sudah mengonsumsi makan malam agar kamu memiliki energi dan bisa fokus bekerja di malam hari. Namun, sebisa mungkin hindari makanan cepat saji.

Usahakan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin. Selain itu, konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks, makanan dengan lemak dan protein yang sehat. Hal tersebut berguna untuk menjaga nutrisi tubuhmu. 

4. Batasi Konsumsi Kopi

Kafein atau kopi merupakan salah satu kunci untuk sebagian besar orang agar tetap terjaga pada malam hari. Namun, sebaiknya kamu membatasi konsumsi kopi terutama setelah jam 2 pagi.

Kamu dapat menggantinya dengan minum air putih atau jus. Jus mengandung gula yang dapat membantu meratakan metabolisme tubuh dan air untuk menjaga agar tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik.

5. Bawa Camilan Sehat

Biasanya pekerja shift malam akan merasakan lapar di jam-jam tertentu.  Namun kelaparan pada malam hari sangat menyulitkan. Jika kamu makan banyak, kamu dapat kesulitan tidur. Begitu juga dengan makan sedikit, dapat menjadi siksaan tersendiri.

Untuk menyiasati rasa lapar saat bekerja di malam hari, kamu dapat menyiapkan camilan sehat untuk dibawa ke kantor, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau havermut. Sehingga ketika kamu lapar di malam hari, kamu tidak tergoda untuk mengonsumsi makanan tidak sehat seperti mie instan atau gorengan.

6. Tidur Siang

Tidur siang merupakan hal yang penting dilakukan untuk kerja shift malam. Dengan tidur siang sebelum kamu memulai jam kerja dapat membantu mengatasi kelelahan. Tidur siang juga telah terbukti meningkatkan dan memulihkan kekuatan otak.

Karena itu, untuk pekerja shift malam sempatkan untuk tidur setidaknya selama 20-45 menit saat siang hari. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan rasa lelah dan membuat tubuhmu kembali menjadi lebih segar. Idealnya, tidur siang tidak boleh melebihi 45 menit agar manfaatnya maksimal. Lebih dari itu, bisa-bisa kamu bangun pusing atau uring-uringan.

7. Olahraga Pagi

Setelah lelah bekerja sepanjang malam, olahraga mungkin menjadi hal terakhir yang ingin kamu lakukan di pagi hari. Namun berdasarkan pendapat Chelsea Caracciolo, seorang pendidik klinis di sebuah rumah sakit di Boston, menyatakan bahwa olahraga pagi bermanfaat untuk membuat kamu tidur lebih nyenyak dan lama. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, dengan berjalan kaki atau berlari kecil saja sudah bisa membuat tubuh terasa lebih segar.

Baca juga :

Mengenal Self Care: Pengertian, Jenis, Dan Cara Melakukannya

8 Cara Mengatasi Toxic Parents Demi Menjaga Kesehatan Mental

Apa Itu ‘Me Time’ Yang Berperan Penting Bagi Kesehatan Mental?

10 Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *