Tanggal:19 May 2024

Strategi Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

Tahap interview merupakan tahap terakhir dalam rangkaian melamar pekerjaan. Tahapan ini termasuk tahapan krusial penentu nasib dari lamaran yang telah kamu masukkan. Karena itu, penting untuk memiliki persiapan yang kuat pada tahapan terakhir ini. 

Cara jitu yang dapat kamu coba adalah dengan mempersiapkan pertanyaan prediksi beserta jawabannya sebelum interview dimulai. Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat interview dan paling vital yaitu mengenai kelebihan dan kekurangan diri sendiri. 

Baca Juga : Walk in Interview

Hal tersebut vital dikarenakan pertanyaan tersebut tricky dan banyak pelamar yang belum mengetahui cara menjawabnya. Maka dari itu, pada artikel ini Vocasia akan membahas bagaimana strategi yang tepat dalam menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview. Berikut strategi menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview yang dapat kamu praktikan untuk wawancara kamu nanti. 

Baca Juga: 5 Cara Perkenalan Diri Saat Interview

1. Berbicara apa adanya

Kejujuran merupakan salah satu norma sosial yang harus digunakan dalam dalam menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview. Dengan berbicara apa adanya, rekruter akan lebih tertarik untuk mendengarkan jawaban kelebihan dan kekurangan kamu saat interview.

Sebisa mungkin hindari jawaban yang terlalu kaku, berhati-hati, dan terdengar sudah diperhitungkan. Sebab hal tersebut akan terdengar terlalu berlebihan dan tidak valid kebenarannya.

Baca Juga : Pertanyaan Interview User

2. Ceritakan pengalamanmu

Strategi kedua dalam menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview  adalah dengan menceritakan pengalaman diri sendiri. Kamu dapat menggunakan metode STAR  untuk menyampaikan pengalaman diri kamu, agar lebih mengesankan. Metode STAR merupakan singkatan bahasa inggris yang terdiri dari Situation, Task, Action, dan Result

Dengan menggunakan metode ini, kamu dapat menyampaikan pengalaman kamu dengan terstruktur rapi. Sehingga kamu tidak akan melewatkan poin penting yang rekruter ingin dengar dari jawaban kelebihan dan kekurangan diri kamu saat interview.

Baca Juga : Tips Saat Phone Interview

3. Berikan pemahaman dari sudut pandang kamu

Setiap jawaban yang kamu sampaikan saat interview pasti memiliki nilai-nilai tersendiri. Nilai-nilai tersebut sangat penting untuk pola pikir seseorang dan tentu akan berpengaruh bagi kerjasama tim. 

Karena itu, usahakan untuk menambahkan pemahaman dari sudut pandang dirimu sendiri saat menjawab pertanyaan interview. Dan pastinya harus  berhubungan dengan posisi pekerjaan yang sedang kamu lamar.

Baca Juga: 10 Kesalahan Interview Yang Harus Di Hindari

4. Bersikap Positif

Stategi selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah bersikaplah positif ketika menjawab pertanyaan yang HRD berikan terkait kelebihan dan kekurangan diri. Persiapkan berbagai kemungkinan pertanyaan beserta alternatif jawaban yang akan kamu katakan pada HRD untuk menghindari jawaban kosong.

Hindari terlalu banyak berpikir dan mengambil jeda saat interview. Sebab  dikhawatirkan akan mempengaruhi penilaian HRD menjadi kurang baik dan berakibat pada hasil interview. Lakukan saja yang terbaik dan usahakan untuk  tetap rileks.

Baca Juga : Telat Interview? Simak Cara Mengatasinya

5. Banyak Berlatih

Perbanyak latihan dapat membantumu dalam mengatasai rasa gugup, kurang persiapan, dan segala hal yang tidak diinginkan terjadi pada saat menjawab pertanyaan interview. Kamu dapat berlatih dengan keluarga, teman, ataupun diri sendiri dengan terus mengutarakan jawaban kelebihan dan kekurangan diri saat interview secara berulang.

Jangan malu meminta keluarga atau temanmu untuk memberikan feedback dari jawaban yang kamu sampaikan. Saran dan koreksi yang diberikan akan membantumu dalam menjawab pertanyaan yang sesungguhnya. Dengan begitu, kamu akan terdengar lebih natural dan lancar saat menjawab pertanyaan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Grogi Saat Interview

6. Tunjukkan keinginan kuat untuk bekerja

Pada setiap jawaban kelebihan dan kekurangan diri, sampaikanlah dengan antusias agar HRD tahu bahwa kamu benar-benar ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Ketika mengatakan kelebihan diri, berikan contoh nyata yang bisa diterapkan di tempat kerja. Sedangkan ketika mengungkapkan kekurangan diri, selalu diiringin dengan solusi agar kekurangan tersebut dapat diatasi dan tidak merugikan perusahaan.

Baca Juga : Interview Motivasi Kerja

7. Perbanyak referensi jawaban

Strategi lainnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan memperbanyak referensi jawaban yang kamu miliki. Hal tersebut akan mempermudah kamu dalam menjawab pertanyaan HRD. Karena itu, usahakan untuk mengumpulkan kelebihan dan kekurangan dirimu sendiri sebanyak mungkin.

Harapannya, ketika nanti terdapat pertanyaan berupa kasus, kamu sudah tidak kebingungan dalam menjawabnya. Perbanyak referensi jawaban juga menjadikan jawabanmu lebih bervariasi, sehingga dapat menghindarkan kamu dari rasa ‘stuck’.

Namun jangan lupa untuk mencari referensi jawaban lainnya. Sebab tidak menutup kemungkinan HRD akan bertanya tentang kasus yang terjadi di perusahaan. Apabila kamu tidak update dengan kondisi yang terjadi, hindari sikap sok tahu dan menjawab pertanyaan secara asal.

Baca Juga: 6 Cara Menilai Orang Saat Interview

Sebaliknya, kamu bisa mengatakan jawaban yang general atau sifatnya umum. Kamu juga bisa meminta HRD untuk menunjukkannya karena kamu benar-benar tidak tahu.

Baca Juga : Negosiasi Gaji Saat Interview

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *